|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Jumat, 08 Juli 2011

Zhong Kui ( 鍾馗 ) Dewa Mitologi Cina Pembasmi Setan dan Roh Jahat

 

Dalam cerita rakyat Cina, Zhong Kui adalah dewa yang mengusir hantu dan roh jahat.
Menurut legenda, dia tinggal di Mountain Zhongnan pada awal Dinasti Tang. Ia dilahirkan dengan kepala  seperti panther, mata seperti cincin, wajah besi dan kumis keriting. Meskipun sangat jelek, dia adalah seorang tokoh yang sangat terpelajar dan berbakat. Sebagai orang integritas, ia selalu menjunjung keadilan dan tidak takut yang jahat atau nakal. Dalam tahun 712 ketika Kaisar Xuanzong dari Dinasti Tang naik tahta, Zhong Kui pergi ke Chang'an untuk mengikuti ujian sipil kekaisaran.


Terkesan oleh lima puisi Zhong yang berjudul Memegang Perjamuan di Yingzhou, pemeriksa kepala memujinya sebagai anak ajaib dan mendaftarkannya atas semua ujian. Selama pemeriksaan istana, seorang menteri yang bernama Lu Qi menilai dari penampilan Zhong Kui sangat berbahaya dan berulang kali berbicara buruk tentang dia pada kaisar. Akibatnya, Zhong Kui gagal mengklaim kejuaraan dalam ujian. Dengan perasaan marah, ia pun bunuh diri dengan membenturkan kepalanya ke pilar istana. Seluruh Pengadilan terkejut.

Kemudian Kaisar Dezong mengeluarkan dekrit kekaisaran, menganugerahkan pada Zhong Kui judul Queller Setan yang bepergian di seluruh dunia untuk membunuh dan mengusir kejahatan orang fasik. Selain itu, judul resmi Nomor Satu Cendekiawan juga dikuburkan dengan dia.
 
Setelah Kematian
Zhong Kui mati diklasifikasikan sebagai 'Yin Gui' (gerombolan setan dan hantu) karena bunuh diri dan menurut mitologi Cina, Yin Gui tidak pernah bisa dilahirkan kembali dan telah tetap dalam siklus berulang penderitaan dan siksaan. Tapi Kaisar langit yang memiliki jiwa Zhong Kui memanggilnya ke surga dari neraka dan memberikan kepadanya jabatan "Capturer semua Entitas Negatif". Tugas utamanya adalah untuk menaklukkan roh-roh jahat. Zhong Kui kemudian dipromosikan dari 'Yin Gui' untuk dewa peringkat tinggi atau tuan hantu di neraka yang memerintah lebih dari 80000 setan dan hantu.


Semangat dari Zhong Kui menyelamatkan Kaisar Xuan Zong
Selama pemerintahan Kaisar Xuan Zong dari Tang Cina (712-756), Zhong Kui sangat dipopulerkan. Ketika Kaisar Xuan Zong sakit parah. Dia bermimpi di mana ia melihat dua hantu. Hantu kecil itu menciptakan kekacauan di istana kekaisaran. Hantu besar, mengenakan kostum resmi, menangkap hantu kecil dan menelannya. Hantu besar kemudian memperkenalkan dirinya sebagai Zhong Kui. Ketika Kaisar Zhong bangun, ia merasa direvitalisasi dan sakitnya dengan segera hilang. Ia pun memerintahkan untuk menggantung lukisan dari Zhong Kui berdasarkan gambar mimpinya di Istana Kekaisaran. Lukisan pertama dilukis oleh Wu Daozi seorang seniman yang melayani di bawah Kaisar Xuan Zong. Lukisan ini diyakini menjadi peninggalan yang bisa mengusir segala jenis kejahatan energi alami.
 
Sebelumnya, orang akan menggantung lukisan dari Zhong Kui di malam Tahun Baru saja. Tapi pada saat ini, orang-orang setiap Festival Perahu Naga (tanggal 5 bulan lunar 5) menggantung gambar Zhong Kui di rumah-rumah mereka sendiri atau memberikannya sebagai hadiah. Perubahan berasal dari 1757, tahun 22 Pemerintahan Kaisar Qianlong Dinasti Qing. Saat itu banyak orang yang mati karena wabah tahun itu. Tak berdaya, orang terpaksa meminta bantuan pada Zhong Kui. Mereka membeli dan memasang lukisan Zhong, mengharapkan dia datang untuk mengusir yang jahat dengan kekuatannya. Dalam tahun-tahun berikutnya, praktek dilanjutkan dan secara bertahap berkembang menjadi kebiasaan.

Lukisan dari Zhong Kui Menangkap Hantu, sangat populer di kalangan rakyat kebanyakan, berasal dari kisah yang tercatat dalam Kitab Sejarah Unofficial. Zhong Kui menggambarkan menangkap roh jahat, diyakini untuk menyampaikan pesan menghindari bencana dan membawa pada keberuntungan. Oleh karena itu, orang sering membeli lukisan pada festival dan memasangnya di rumah.

Dalam catatan sejarah Dinasti Tang, tidak ada orang seperti itu dikenal sebagai Zhong Kui. Namun ada jenis akar-tanaman dengan nama Zhong Kui. Tanaman ini diyakini memiliki kekuatan magis dan digunakan untuk menangkal entitas buruk atau jahat. Beberapa sarjana anonim selama Dinasti Tang menulis beberapa artikel tentang tanaman. Ini menyatakan bahwa tanaman Zhong Kui memanifestasikan dirinya dari vegetasi untuk roh dan kemudian ke manusia.

Tidak ada komentar:
Write komentar