|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Jumat, 13 Januari 2012

Tradisi Pantangan Yang Harus Dihindari Saat Imlek

 

Dalam merayakan Imlek, selain harapan ada juga sejumlah pantangan bagi umat yang merayakan Imlek. Semuanya ajaran untuk kebaikan bersama, semuanya positif  dan sudah diajarkan secara turun temurun sejak dulu kala dan sampai saat ini.

Pantangan-pantangan itu masih diyakini hingga kini dan harus dihindari saat Tahun Baru Imlek tiba, karena hal-hal yang dianggap pantangan artinya kita tidak boleh melakukan hal itu karena bisa mendapat sial atau dijauhi keberuntungan dan nasib baik.
Berikut ini adalah pantangan yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber. Mudah mudahan tips ini bisa bermanfaat, sehingga di Tahun Naga 2012 ini rejeki anda semakin bertambah melimpah ruah.
‎1. Menangis pada saat Tahun Baru bisa berdampak negatif karena dapat menimbulkan kesialan dan membuat orangnya sering menangis selama satu tahun ke depan. Anak-anak dibiarkan melakukan yang mereka mau, tidak boleh dicubit atau dimarahi, bahkan cenderung dimanjakan, sebab kalau mereka sampai menangis,
dipercaya akan terus menerus menangis atau mengalami kesusahan sepanjang tahun.

‎2. Lunasilah hutang-hutang sebelum Imlek sebab kalau tidak maka sepanjang tahun berikutnya orang itu akan terus dicekik utang. Cara berpikir yang sama juga terjadi untuk hal-hal lain dan hindari meminjamkan uang pada hari itu. Kalau dilanggar ada kemungkinan orang tersebut akan terus dipinjami uang oleh orang lain sepanjang tahun.

‎3. Orang yang merayakan Imlek sebaiknya tidak membicarakan tentang masa lalu dan mengeluarkan kata-kata kasar, kotor atau makian yang bermakna buruk dan sial. Jika dilanggar berdampak sebaliknya, karena dipercaya akan menyebabkan hal yang sama berulang kali terjadi sampai awal tahun berikutnya. Orang tersebut akan sering mendapat makian dan kata kata kotor selama setahun.

4. Hindari mencuci rambut saat Imlek tiba karena bermakna mengusir keberuntungan satu tahun ke depan. Mandi diizinkan atas alasan kesehatan. Pada dasarnya semua orang China akan potong rambut dan merapikan diri 2-3 hari sebelumnya karena sebenarnya dilarang melakukan potong rambut di bulan pertama sesudah perayaan Festival Musim Semi itu.

5. Pakaian merah yang serba baru dikenakan di perayaan ini karena akan menakut-nakuti roh jahat yang mencoba masuk ke dalam rumah, selain mendatangkan perasaan senang, gembira, dan optimistik yang terbawa sepanjang tahun. Sementara pakaian hitam dan putih dihindari karena hitam adalah pembawa nasib buruk, sedangkan warna putih adalah warna kematian.

6. Mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek di kamar tidur bisa menghilangkan keberuntungan selama setahun ke depan. Sebab itu, orang-orang yang berada dalam kondisi sakit sebaiknya tetap berpakaian rapi dan duduk di ruang keluarga saat Imlek berlangsung.

‎7. Pisau atau gunting disebut-sebut dapat menjauhkan keberuntungan. Akan tetapi, hal tersebut bisa dihindari dengan menghindari penggunaan dua alat tajam itu pada saat Imlek. Sebaiknya disimpan di lemari. Siapa tahu ada tamu yang kalap dan menggunakannya untuk menodong anda.

‎8. Memberi Angpao yang jumlahnya mengandung kata “empat” ada baiknya dihindari, karena mengandung makna negatif, yaitu kematian. Sebaliknya sangat dianjurkan kata ”delapan” yang bermakna keberuntungan.

‎9. Tidak boleh menceritakan kisah kematian dan cerita hantu, jika dilanggar pelanggarnya bisa dihantui setan beneran atau debt kolektor.

10. Hindari menyapu dan membersihkan debu. Pada hari pertama Imlek usahakan tidak menyapu di rumah  karena diyakini akan turut  tersapu dan terbuang  keberuntungan  baik yang datang. Di hari berikutnya, lantai dan rumah baru boleh dibersihkan, bermula dari pintu utama menuju ke tengah rumah dan dan tidak boleh menyapu dari dalam pintu rumah ke luar karena diyakini  akan  menyapu keluar keberuntungan yang ada. Sampah-sampah yang disapu tidak boleh dibuang dulu, karena masih harus ditaruh didalam rumah minimal sampai hari ke lima Imlek, barulah sampah-sampah tersebut boleh dibuang. 

Dua kegiatan itu bisa mengakibatkan tersapunya keberuntungan. Selewatnya perayaan dan hari Tahun Baru, lantai dan rumah baru boleh dibersihkan, bermula dari pintu utama menuju ke tengah rumah dan sampah-sampah yang disapu tidak boleh dibuang dulu karena masih harus ditaruh didalam rumah minimal sampai hari ke lima setelah Imlek, barulah sampah-sampah tersebut boleh dibuang .

11. Sembunyikan semua perangkat rumah tangga yang kotor, seperti sapu, sikat, kain pel, dan penyedot debu, agar rejeki anda selama setahun kedepan tidak disapu bersih oleh orang lain, disikat ludes oleh saingan, dipel sampai licin, atau disedot hingga tak berbekas oleh inflasi.

12. Dilarang membeli buku dan sepatu di hari-hari pertama festival karena lafal kedua kata itu secara bunyi mirip dengan kata "kalah" dan "jahat" dalam bahasa Mandarin dan Kanton.

Tidak ada komentar:
Write komentar