|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 16 September 2012

Dunia Memiliki Batas, Keinginan Manusia Tidak Terbatas

 

Kitab Rites mengatakan, "Jangan memanjakan diri sendiri, jangan mencoba untuk memuaskan semua keinginan Anda." Dunia ini memiliki batas, namun keinginan manusia tidak mengenal batas.

Kita hanya perlu memenuhi kebutuhan kita dengan makanan untuk dimakan, pakaian untuk membuat diri kita hangat dan rumah untuk tempat tinggal.

Jika apa yang telah kita miliki lebih dari yang kita butuhkan, maka berikanlah pada orang lain sebagai amal kita. Jika apa yang kita miliki kurang dari yang kita butuhkan, janganlah mencoba untuk memenuhi kebutuhan kita dengan melalui cara-cara yang tidak benar.

Tetapkanlah suatu batas keinginan kita, jangan mudah diperbudak oleh keinginan dan jangan mengejar kemewahan. Pikiran seseorang yang selalu merasa puas dan cukup maka akan tetap selalu abadi.

Yang paling ideal adalah kita harus bisa mengambil jalan peringkat tengah dengan lima puluh orang di atas kita dan lima puluh di bawah. Karena suatu posisi yang tinggi akan selalu menghadapkan kita pada sesuatu hal yang bahaya. Kita harus bisa menolaknya. Dengan berpegang pada prinsip jalan tengah, tentunya kita akan dapat meminimalkan resiko, sehingga kita akan terlindung dari suatu malapetaka.

Dengan hidup sederhana, rendah hati dan rela menderita kerugian, akan membuat kita terhindari dari suatu bencana ataupun kehancuran. Jangan mencari pusat perhatian orang.

Kebenaran alam semesta adalah : " Kelebihan berbahaya, kekurangan menimbulkan penderitaan."

1 komentar:
Write komentar
  1. apakah sama bila dikatakan manusia itu mempunyai sifat keinginan tidak terbatas dan manusia yang tidak pernah puas akan keinginannya.?

    BalasHapus