|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 16 September 2012

Etika Copy Paste Artikel Di Blog

 

Sebenarnya yang namanya copy paste memang tidak boleh, karena ini manyangkut masalah etika hak cipta. Beberapa hari ini saya telah menemukan blog yang telah mengcopy paste dari blog Kebajikan ( De 德 )
ini sama persis, titik, koma, judul dan poto bahkan jam terbitnya juga sama tanpa mencantumkan sumbernya bahkan mengklaim sebagai miliknya....Walaupun ada juga blog yang memberikan sumber link blog ini.

Dalam membuat sebuah artikel yang akan di publikasikan dalam blog seharusnya kita belajar untuk lebih kreatif.  Tetapi kadang banyak para admin atau pun pemilik blog yang melakukan tindakan yang instan, dan praktis dengan hasil copasan.

Artinya mereka cari bahan dalam sekejap dan mengambilnya lalu  memuatnya dalam blog kita menjadi artikel yang cepat saji, atau biasa disebut copy paste atau copas. Tapi dalam hal copy paste bukan hanya terbatas pada kaum blogger pemula, tapi setelah saya membaca beberapa artikel dari berbagai blog yang sudah terkenal di dumay ( dunia maya ) dan hasilnya banyak artikel yang sama.

Sehingga ngak tahu siapa yang mencuri konten ataupun konten siapa yang telah dicuri, apalagi jika terbitannya bersamaan. Maka dalam hal ini yang jelas-jelas dirugikan adalah pemilik artikel sendiri..

Sebenarnya jika kita mau sedikit kreatif, Cara Membuat Hasil Copas menjadi Hak Milik sebenarnya mudah dan kita tidak akan lagi menyandang predikat pencuri konten atau bergelar copaser, caranya adalah sebagai berikut :

1. Pertama jangan jadi blogger yang sama sekali ngak bisa nulis ulang sedikit saja, gunakan pikiran kita untuk menulis satu paragraf awal saja atau tambah dengan penutup hasil dari kreatif kita sendiri. Ambil intinya saja, jangan semua persis sama. Jadilah blogger yang kreatif. Jangan jadi pemalas yang tahunya copas habis semuanya.


2. Ketika kita ingin membuat blog seharusnya Anda bersedia untuk menulis, bukan bersedia copy paste dan mengharapkan kiriman artikel dari orang lain saja.
3. Hargailah blogger lain, bermainlah dengan jujur. Kurang baik sesama blogger saling bersaing yang tidak sehat.

4. Cari beberapa artikel yang serupa bisa 4, 5, atau 6 artikel dari sumber yang berbeda, untuk dijadikan inspirasi. Cari dan pelajari keterkaitan antara artikel yang satu dengan artikel yang lainnya Potong beberapa bagian artikel yang berhubungan tersebut dan gabungkan menjadi satu artikel yang baru.

5. Maka akan lahir artikel baru yang sudah menjadi hak milik kita. Pada intinya jangan sampai kita melakukan copy paste secara full 100 %, agar tidak disebut pencuri konten. Untuk langkah lebih sempurna, copy semua ilmu, trik, atau isi dari artikel narasumber, lalu pastekan menjadi artikel baru dengan versi kita sendiri. Jadi kita hanya mencopy ilmunya saja, bukan naskahnya yang kita copy.

9. Kalau kita sudah terlanjur tergila-gila dengan copas full version  ( copas 100 % ) dari naskah orang lain, cantumkanlah sebuah link hidup dari sumber artikel asli. Maksud link hidup disini adalah sebuah link yang aktif, yang bila di klik akan mengarah ke alamat sumber artikel asli.

10. Jadi kalau kita hanya mencantumkan alamat web dari sumber artikel asli, belum bisa dikategorikan copaser yang bijak, kecuali alamat web yang kita muat berbentuk sebuah link yang aktif.

Jika sobat menemukan blog saya ada hasil Copas silahkan informasikan, saya akan berikan sumber ataupun memperbaikinya. Karena saya tau tidak ada manusia yang tidak pernah berbuat kesalahan. Yang penting kita harus bersedia untuk memperbaiki kesalhan yang telah kita perbuat. Kita semua juga tahu bersama bhawa hampir semua blogger pernah melakukan copy paste artikel hanya caranya saja yang berbeda-beda.

Sekali lagi hargailah hasil karya atau kreatif orang lain jika anda ingin dihargai oleh orang lain.

Kebajikan ( De 德 )

1 komentar:
Write komentar
  1. mari kita dukung gerakan anti copy paste
    bersihkanbloggercopas.blogspot.com

    BalasHapus