|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Senin, 28 Januari 2013

Jangan Bangga Dengan Kelebihan Tanpa Menyadari Kekurangan Kita

 

Setiap manusia pasti ada kelebihan dan kekurangannya karena tidak ada manusia yang sempurna, tetapi seringkali kita cenderung ingin menjadi orang di luar dari diri kita sehingga banyak orang yang merasa bangga dengan kelebihannya tanpa menyadari kekurangannya sendiri.
 
Walaupun yang kita inginkan sudah terpenuhi, tetapi sepertinya masih ada ketidakpuasan yang keluar dari mulut dan pikirannya. Jika kita hanya memperhatikan dan terikat kepada kelebihan kita tanpa menyadari kekurangan kita, maka hal tersebut akan menjadi beban berat bagi kita yang akan menyebabkan kita kelelahan oleh beban tersebut. Pada saat ini hal yang baik tersebut malahan menjadi hal yang buruk yang akan menimbulkan akibat yang fatal.

Marilah kita merenungi untuk melihat kekurangan kita sebagai kelebihan. Orang yang hidup sederhana, akan mendapati kehidupan yang tanpa beban dan membuatnya Ia lebih terbuka dan jauh lebih bersahaja. 

Dengan menyadari kelebihan dan kekurangan yang kita miliki, maka hal itu akan menjadi suatu kekuatan bagi diri kita yang tidak dimiliki orang lain. Kesederhanaan dan Kebersahajaan akan membawa kebahagiaan.

Seperti sebuah cerita tentang merak jantan ini. Ada seekor merak jantan yang bulu ekornya sangat cantik, kuning keemasan, hijau zamrud warna warni sangat menarik, disinari matahari terlihat sangat gemerlapan. Membuat orang merasa heran terhadap karya cemerlang alam ini, warna-warna indah ini tidak dapat dilukiskan oleh pelukis terkenal manapun.


Banyak manusia yang iri kepada kecantikan bulu ekor merak jantan, sedangkan merak jantan ini juga sangat memuja dan bangga kepada kecantikan bulu ekornya, bahkan sampai menciptakan kecemburuan dirinya sendiri. Walaupun dia telah lama dipelihara oleh manusia, tetapi ketika dia melihat ada muda mudi yang berpakaian indah sedang berjalan, dia akan sangat cemburu, malah dia akan mengejar orang dan mematuknya.


Dahulu, ketika merak jantan ini sedang beristirahat di gunung, terlebih dahulu dia akan memilih sebuah tempat yang aman untuk menyimpan bulu ekornya, kemudian baru dia mencari tempat untuk anggota tubuhnya yang lain untuk beristirahat. Tetapi suatu hari, tiba-tiba turun hujan deras. Oleh karena merak jantan ini tidak ada tempat berteduh, sehingga membuat seluruh badannya serta bulu ekornya basah kuyup, dia merasa sangat sedih. 

Pada saat itu ada seorang pemburu burung yang ditangannya memegang jaring sudah berjalan dihadapannya, tetapi karena merak jantan ini sedang sedih atas bulu ekornya yang basah,  dia tidak memperhatikan kedatangan pemburu burung dan tidak sempat melarikan diri,  oleh sebab itu ketika pemburu burung menebarkan jaringnya dia tertangkap dengan mudah.


Merak jantan mempunyai bulu ekor yang cantik, sebenarnya adalah hal yang membanggakan, tetapi oleh karena dia terlalu bangga kepada kecantikannya ini mengakibatkan perhatiannya hanya terfokus kepada hal tersebut, sehingga bahaya yang sudah didepan mata masih tidak tahu.


Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, maka anda dipersilahkan untuk mencetak dan mengedarkan semua artikel yang dipublikasikan pada Blog Kebajikan ( De 德 ) ini. Mengutip atau mengcopy artikel di Blog ini harus mencantumkan Kebajikan ( De 德 ) sebagai sumber artikel. 

Tidak ada komentar:
Write komentar