|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Sabtu, 13 Juli 2013

Cara Menangkap Jangkrik

 

Suatu waktu Konfusius bepergian bersama dengan murid-muridnya di Kerajaan Cina kuno Chu. Ketika sedang berjalan melalui perkebunan, Konfusius dan para pengikutnya menemukan seorang pria bungkuk yang sedang sibuk menangkap jangkrik dengan menggunakan tongkat bambu.  

Orang tersebut begitu mudahnya menangkap jangkrik.
Kelihatannya hanya seperti mengambil sesuatu yang sangat mudah dari tanah, dan hal itu sama sekali tidak pernah gagal.
 
Konfusius lalu mendatangi dan membungkuk sebagai tanda hormat kepada orang itu.  Konfusius bertanya, "Pak, keterampilan anda dalam menangkap jangkrik dengan tongkat bambu, benar-benar sangat menakjubkan, bagaimana cara Anda sehingga bisa melakukan hal ini?" 

Orang itu mendongak dan menjawabnya, " Saya akan memberitahu caranya pada Anda. Waktu terbaik untuk menangkap jengkerik adalah bulan Mei atau Juni. Jika menangkap pada waktu yang tidak tepat,  jangan terburu-buru dan terlalu banyak juga mesti bersabar, ketika waktu yang tepat datang, maka Anda harus mengambil keuntungan penuh saat itu dan mendapatkan jangkrik sebanyak mungkin, jika tidak maka Anda akan harus menunggu satu tahun lagi.  

Ketika saya pertama kali mulai menangkap jangkrik, aku seperti kebanyakan orang lain. Saya terus-menerus selalu gagal, kemudian saya memutuskan untuk melatih diri. Aku meletakkan dua bola kecil di atas tongkat bambu dan saya akan memegang tongkat tanpa menggerakkan tubuh saya, untuk mencoba menjaga bola agar tidak jatuh ke bawah. Saya menghabiskan waktu beberapa bulan untuk melakukan hal ini, dan akhirnya aku bisa meletakkan bola pada tongkat.  

Setelah itu, saya selalu sukses ketika sedang menangkap jangkrik. Kemudian, saya memutuskan untuk menempatkan tiga bola di atas tongkat bambu dan melatih diri untuk menjaga bola tidak jatuh. Ketika aku bisa menjaga tiga bola di atas tongkat bambu, maka tingkat kegagalan saya dalam menangkap jangkrik menjadi menurun. 

Saya kemudian memutuskan untuk menempatkan lima bola pada tongkat bambu dan terus melatih diri untuk menjaga bola supaya tidak jatuh ke bawah. Setelah saya bisa melakukan hal itu, maka hal ini menjadi semudah seperti mengambil sesuatu dari tanah bagi saya ketika menangkap jangkrik, dan saya tidak akan pernah melewatkan setiap kesempatan."
 
Konfusius berdecak kagum dan memujinya, "Hebat !"
 
Pria itu kemudian melanjutkan, "Ketika saya mencoba untuk menangkap jangkrik, saya menjaga tubuh saya tidak bergerak sebagai log. Posisi lengan saya, seolah-olah saya sedang tidak memegang tongkat. Tidak peduli seberapa besar alam semesta ini, tidak peduli berapa banyak hal yang saya alami, saya tidak akan melihat apa-apa kecuali sayap jangkrik dan saya akan mencoba untuk menangkapnya.  

Aku tidak akan menggerakkan kepala saya, atau tubuh saya, dan saya tidak akan terganggu oleh gangguan di sekelilingnya. Aku akan tetap benar-benar terfokus pada jangkrik, tidak ada yang dapat mengubah perhatian saya pada jangkrik. Bagaimana mungkin bagi saya untuk melewatkan jangkrik, ketika saya dalam keadaan seperti itu? "
 
Konfusius benar-benar kagum, kemudian Dia berpaling ke arah murid-muridnya dan berseru, "Ketika Anda bisa memfokuskan pikiran Anda pada satu hal dan tetap dalam keadaan siaga tinggi, maka Anda dapat mencapai prestasi yang ajaib. Orang tua bungkuk itu telah mencapai pada tingkatan ini! "
 
Konfusius melanjutkan, "Kalian semua butuh makan dan berpakaian, tetapi apakah Anda juga memahami prinsip ini? Seseorang harus terlebih dahulu menyingkirkan semua keterikatan terhadap ketenaran dan kekuasaan, sebelum dapat mencapai wilayah tersebut ".
Penangkapan jangkrik hanyalah sebuah usaha manusia sederhana. Namun, belajar dari Tao seperti kejadian biasa dan menerapkan prinsip di balik cerita untuk berlatih Tao. Jadi, dapat dilihat bahwa Tao dasarnya berada di mana-mana. 

Orang tua dalam cerita tetap tidak bergerak seperti log, ketika sedang menangkap jangkrik, matanya terus terfokus pada sayap jangkrik, dan ia tidak akan melihat apa pun yang lain di sekelilingnya. Justru karena manusia tidak fokus, maka sering terjadi gangguan mental di sekelilingnya yang memungkinkan dia untuk tidak dapat menangkap jangkrik. 

Ini adalah cara penangkapan jangkrik, dan juga merupakan cara belajar Tao dalam berlatih kultivasi. Prinsip ini juga berlaku dalam upaya manusia untuk membuat terobosan dalam belajar dan penelitian mereka. ( Praktisi Dafa )



Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, maka anda dipersilahkan untuk mencetak dan mengedarkan semua artikel yang dipublikasikan pada Blog Kebajikan ( De 德 ) ini. Mengutip atau mengcopy artikel di Blog ini harus mencantumkan Kebajikan ( De 德 ) sebagai sumber artikel.

1 komentar:
Write komentar