|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Sabtu, 06 Juli 2013

Upacara Kelahiran Bayi

 

Tradisi merayakan bulan pertama kehidupan bayi masih dipraktekkan di banyak tempat untuk melambangkan hari kelahiran sang bayi.  Perayaan ini hanyalah salah satu klimaks dalam kekayaan upacara kelahiran tradisional Cina.
 
Awal ritual kehidupan
 
Sebagian besar negara di dunia memiliki berbagai ritual kehidupan, yang meliputi seluruh kehidupan seseorang.

Hal itu semua dimulai dari kelahiran seseorang sampai matinya, dipisahkan oleh serangkaian acara-acara penting seperti tumbuh, dewasa, dan pernikahan. Di antara perayaan tersebut, ritus kelahiran adalah peristiwa besar pertama dan membawa cinta rakyat dan berkah bagi bayi yang baru lahir.
 
Ritus kelahiran tradisional masyarakat Han biasanya terdiri dari beberapa bagian, termasuk ritual kelahiran, ritus tiga hari, ritus satu bulan, ritus seratus hari, dan ritus satu tahun. Puncak dari perayaan ini menandai akhir dari upacara kelahiran.

Kebiasaan utama upacara kelahiran tradisional
 
Ritus kelahiran tradisional Cina bervariasi dalam bentuk dan ekspresi berdasarkan perbedaan. Namun demikian, sebagian besar orang akan merayakannya termasuk lima ritus utama untuk perayaan anak yaitu, saat lahir, ketika berusia tiga hari, seratus hari, satu bulan dan satu tahun. Rinciannya sebagian besar identik kecuali untuk beberapa perbedaan kecil.
 
Lahir Ritus
 
Menurut Classic Puisi, jika seorang anak laki-laki lahir, maka ia harus mengenakan pakaian mewah dan meletakkannya di tempat tidur, dengan ware giok yang diberikan kepadanya sebagai mainan.  

Jika seorang anak gadis yang lahir, maka ia harus tidur di lantai dengan lampin dan diberi spindle tembikar untuk bermainnya. 

Gagasan menilai pria dan meremehkan wanita serta konsep bahwa pria lebih superior dari wanita sangat jelas dalam tradisi ini.
 
Dalam klasik kuno lain yang disebut Kitab Ritus, busur akan tergantung di sisi kiri pintu jika anak laki-laki lahir, dan sepotong kain yang digantung di sisi kanan pintu jika yang lahir seorang anak gadis. Terbukti, busur dan kain memiliki fitur khas jender.
 
Setelah kelahiran anak, nama juga diberikan dalam beberapa hari pertama. Biasanya, seorang ayah yang baru akan melaporkan kabar baik kepada kerabat dan teman-temannya, terutama orangtua istri dan mertua akan hadir dengan telur merah.
 
Perayaan tiga hari
 
Perayaan ini diadakan ketika anak itu berusia tiga hari. Kebiasaan utama termasuk :

1.Shooting panah untuk langit. Menurut Kitab Ritus, tiga hari setelah anak laki-laki lahir, maka orang tua akan membawanya keluar ruangan, dan menembak panah di empat arah. Hal ini untuk melambangkan keyakinan bahwa anak laki-laki harus memiliki ambisi yang tinggi. Praktek ini tidak berlaku bagi anak perempuan.
 
2.Upacara mandi akan diadakan tiga hari setelah kelahiran anak. Praktek ini pertama kali muncul pada Dinasti Tang (618-907), dan menjadi populer pada Dinasti Song (960-1279). Bayi akan dimasukkan ke dalam baskom untuk mandi pertama.
 
3.Setelah itu pengunjung akan datang membawa berbagai hadiah dan arti yang berbeda. Misalnya, tanggal dan chestnut menyatakan harapan bahwa bayi bisa berdiri lebih awal, dan biji teratai digunakan untuk mengekspresikan keinginan untuk melahirkan bayi lagi, karena hadiah ini homophonic ke maknanya dilambangkan dalam bahasa Cina.
 
4.Sometimes, bawang merah (cong) digunakan untuk menepuk bayi, kedengarannya seperti cerdas dalam bahasa Cina. Teman-teman dan kerabat akan memberikan angpao merah, dan tuan rumah akan menyajikan kue dan mie untuk para tamu.
 
5.After mandi, upacara penting diadakan, di mana sisa tali pusat akan dibuang. Pada hari yang sama, ibu juga akan mulai menyusui anak. Untuk membantu bayi lebih baik menanggung kesulitan di masa depan, air goldthread Cina, yang sangat pahit, akan ditaburkan di atas puting, sebelum bayi pertama bisa merasakan ASI.
 
Upacara Satu-bulan
 
Sama seperti namanya, seri ini perayaan diadakan ketika anak itu berusia satu bulan. Puncak pada hari ini adalah salah satu perayaan paling populer di seluruh negeri. Rambut janin juga dicukur pada hari ini. Biasanya tukang cukur diundang ke rumah dan akan diberikan beberapa tips setelah pekerjaannya selesai.
 
Kebiasaan lain disebut "memindahkan nestle." Folk kustom menetapkan bahwa bayi tidak bisa pergi ke luar ruangan sampai dia berumur sebulan. Setelah itu, ibunya bisa membawanya dalam pelukannya dan pergi ke kamar lain.
 
Upacara seratus hari
 
Pada usia 100 hari, anak seharusnya mengenakan "pakaian 100 rumah tangga,"  hal ini akan menandakan keinginan orangtua bagi anak untuk tumbuh sehat, dan kebutuhan bayi baru lahir mendapat dukungan dari tetangga. "Pakaian 100 rumah tangga" terbuat dari kain dari banyak keluarga lain yang akan melambangkan perawatan dan cinta mereka.
 
"Kunci Lama hidup," maskot untuk umur panjang, digantung di leher anak pada hari itu. Dengan dekoratif ini, orang percaya bisa mengusir roh jahat, dan "kunci" kehidupan lembut. Preseden dari "kunci-umur panjang" adalah "Longlife benang" di Han Dynsty (206BC-220AD).



Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, maka anda dipersilahkan untuk mencetak dan mengedarkan semua artikel yang dipublikasikan pada Blog Kebajikan ( De 德 ) ini. Mengutip atau mengcopy artikel di Blog ini harus mencantumkan Kebajikan ( De 德 ) sebagai sumber artikel.  

Tidak ada komentar:
Write komentar