|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 20 Oktober 2013

Actor Chow Yun Fat, Kaya Tapi Hidup Sederhana

 


Menurut pemberitaan media massa Hong Kong, aktor kawakan Zhou Run Fa (bintang film Hong Kong yang beken dengan nama Chow Yun-fat, 58 tahun, kerap berkolaborasi dengan sutradara kondang John Woo. 

Terkenal di Barat dengan film silatnya berjudul Crouching Tiger, Hidden Dragon, pemenang 3 penghargaan film, di Hong Kong dan 1 di Taiwan) yang telah berkecimpung selama 40 tahun di bidang perfilman, dengan tarif mencapai AS$ 5 Juta (57 miliar rupiah) dalam setiap film yang dibintangi.

Di sisinya juga ada seorang istri bijak bernama Chen Huilian (Jasmine Tan) yang merupakan “menteri keuangan” handalnya, pasangan suami istri ini cukup sukses berinvestasi sehingga diperkirakan 8 aset kekayaan yang mereka miliki bernilai lebih dari HKD 1 miliar (11,4 triliun rupiah).

Akan tetapi kehidupan Chow Yun-fat justru sangat merakyat. Sehari-harinya ia lebih senang berjalan kaki, naik kereta bawah tanah, naik bus, bersama dengan istrinya. Keduanya lebih sering berjalan-jalan di jalanan atau di pasar daripada ke butik. 


Pasangan suami istri ini juga memandang hambar akan nama dan kepentingan, dan menyatakan pada saat meninggal kelak bermaksud menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka kepada masyarakat.

Masuk daftar orang kaya, tak berencana pensiun di film

Karir Chow Yun-fat selama ini sangat lancar, honornya memerankan film mencapai AS$ 5 juta untuk setiap film. Beberapa tahun terakhir ini rata-rata Chow Yun-fat hanya berperan di 2 film dalam setahun, selebihnya adalah kegiatan komersil atau duta iklan. Di tahun 2011, majalah keuangan Forbes versi bahasa Mandarin menerbitkan daftar orang Tionghoa terkaya 2011, dan Chow Yun-fat menempati posisi ke-29.

Meskipun bergelimang harta, tapi Chow Yun-fat tidak pernah berencana untuk pensiun, “Tidak ada niat untuk pensiun, saya sangat senang saat syuting film, di lokasi syuting banyak orang yang bisa menemani saya, di rumah hanya ada istri saya.” Di saat yang sama, Chow Yun-fat sangat mementingkan kesehatan, setiap hari tidur awal dan bangun pagi, pola makannya sangat sederhana, dan melakukan cek kesehatan rutin tiap setengah tahun sekali.

Media massa Hong Kong menulis, kekayaan Chow Yun-fat terutama karena kemampuan luar biasa istrinya, Jasmine Tan, dalam menata keuangan. Di bawah penataan keuangan istrinya, Chow Yun-fat memiliki 7 proyek properti dan tanah di Hong Kong, nilainya mencapai hampir HKD 800 juta; ditambah lagi propertinya di luar Shanghai, saham, dan tabungannya, kekayaannya diperkirakan sedikitnya mencapai HKD 1 miliar.

Tak kejar nama dan kepentingan, suka berjalan kaki, hidup sederhana

Meskipun memiliki aset mencapai HKD 1 miliar, tapi Chow Yun-fat tidak mengejar nama dan kepentingan, dan tidak pernah sesumbar. Saat bepergian, ia tidak pernah membawa ajudan atau pembantu, pakaiannya pun sangat santai dan sederhana, lebih sering mengenakan pakaian dan sepatu olahraga, tidak mengenakan kacamata hitam, dan memakai topi.

Jika ia dikenali masyarakat, Chow Yun-fat tidak pernah menolak siapa pun yang meminta tanda tangannya dan berfoto bersama dengannya. Tidak sedikit warga Hong Kong pernah menyaksikan kharisma Chow Yun-fat di stasiun kereta bawah tanah juga di jalanan di pasar. Saat penumpang lain di kereta memanggilnya, Zhou pun akan membalas sapaan mereka dengan tersenyum sopan.

Meskipun di rumahnya ada mobil mewah, tapi Chow Yun-fat tidak hanya suka berdesakan di bus umum, atau naik kereta bawah tanah, bahkan berjalan kaki. Ia pernah berkata sambil tertawa, “Banyak orang mengatakan Chow Yun-fat sudah tersingkir, sampai harus berdesakan di dalam bus! Sebenarnya naik bus sungguh sangat efisien, tidak perlu pusing soal tempat parkir.”

Beberapa tahun lalu saat syuting di Hengdian kebetulan terjadi badai salju dan jalanan ditutup, ia bersikeras membawa istrinya berjalan kaki berjam-jam hingga ke lokasi syuting, sedikit pun tidak ada keluhan terlontar, sebaliknya merasa sangat senang. 


Di waktu senggangnya, Chow Yun-fat sering menemani istrinya berbelanja di pasar di Kowloon, mereka jarang terlihat di butik-butik. Dulu pernah suatu kali Chow Yun-fat dan istrinya dipergoki sedang membeli sandal plastik di pasar, mereka membeli 5 pasang dengan model yang berbeda, dan menghabiskan kurang dari HKD 100.

Tiru Bill Gates, sumbang kekayaan bagi masyarakat

Chow Yun-fat pernah bergurau istrinya menguasai keuangan mereka, setiap bulan Chow hanya diberi HKD 200 (2,3 juta rupiah) oleh istrinya sebagai uang saku. Sebenarnya sehubungan dengan manajemen keuangan keluarga, pasangan ini sejak dulu sudah memiliki kesepahaman. Pernah saat diwawancara Chow Yun-fat menyatakan ingin meniru Bill Gates dan Warren Buffet yang menyumbangkan kekayaan mereka bagi masyarakat.

Menurut Chow, uang itu bukan miliknya, hanya saja dirinya yang mencarinya, “Jadi itu tidak berarti saya harus memilikinya selamanya!” Istrinya Jasmine Tan juga setuju dengan rencananya itu, “Hidup manusia di dunia, ada tempat tinggal, ada makanan, apalagi yang perlu dicari?”



Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, maka anda dipersilahkan untuk mencetak dan mengedarkan semua artikel yang dipublikasikan pada Blog Kebajikan ( De 德 ) ini. Mengutip atau mengcopy artikel di Blog ini harus mencantumkan Kebajikan ( De 德 ) sebagai sumber artikel.

Tidak ada komentar:
Write komentar