|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 10 Agustus 2014

Pantangan/Mitos Zhong Yuan Jie (中元节 / Cit Gwee Pua)

 


KEBAJIKAN (De 德) -  Menurut kepercayaan dari Tiongkok kuno maka dipercaya bahwa bulan ketujuh ini pintu neraka telah terbuka, maka bulan ini juga kadang disebut sebagai bulan Hantu Berkeliaran.

Tanggal 15 bulan 7 atau pertengahan bulan Tujuh, merupakan suatu masa dalam penanggalan Tionghoa yang biasa dikenal dengan nama Zhong Yuan Jie (中元节) yang bermakna Pertengahan Bulan ke-7 yang dalam bahasa Hokkien, juga disebut Cit Gwee Pua.


Zhong Yuan Jie memang identik dengan malam yang penuh hantu. Ada beberapa pantangan atau pamali yang berhubungan dengan mitos atau takhyul, yang konon jika dilanggar akan mendatangkan nasib buruk atau kesialan.

Berikut beberapa mitos yang biasa didengar semasa Zhong Yuan Jie
1. Dilarang keluar malam hari, karena konon para hantu akan bergentayangan di masa-masa itu.
2. Jangan meludah di jalanan atau di pohon, karena bisa saja mengenai makhluk halus yang mendiami tempat tersebut.
3. Jangan menatap lilin atau api.
4. Jangan sembarang melangkah atau menendang barang-barang yang ada di pinggir jalan, bisa saja barang-barang itu adalah milik atau dipersembahkan kepada hantu-hantu yang bergentayangan malam itu.
5. Jangan melihat di bawah meja altar sembahyang selama ritual itu berlangsung. Konon katanya selama ritual, para makhluk halus yang bergentayangan suka dengan aroma dupa/hio yang berada di meja altar sembahyang. Bisa saja mereka bersembunyi di bawah mejanya.
6. Jangan melirik ke kiri dan ke kanan, atau sebaliknya secara berulang-ulang jika kamu merasakan ada yang tidak baik. Tetap menatap ke depan dan berjalan dengan tenang. Jika tidak, bisa saja kamu akan melihat penampakan yang mengerikan.

7. Jangan mengikuti atau mencium aroma-aroma harum yang kamu tidak ketahui sumbernya.
8. Jika kamu berada di Tiongkok, jangan duduk di bangku yang berada di baris pertama ketika menonton Opera Tiongkok. Di sana, tempat duduk yang berada di barisan pertama memang sengaja dibiarkan kosong begitu saja. Bangku-bangku itu memang diperuntukkan untuk para makhluk halus, yang sengaja mereka undang untuk hadir menyaksikan opera tersebut.
9. Jangan membuka payung di malam hari, terutama jika payung itu berwarna merah.
10. Jangan menggunakan pakaian serba merah, dengan selop tinggi dan berjalan sendirian. Merah dalam tradisi Tionghoa, merupakan warna untuk merayakan sementara Zhong Yuan Jie merupakan sebuah ritual untuk orang mati. Maka itu akan dianggap tidak menghormati ritual tersebut.
11. Jangan mengambil barang apapun yang kamu temui, atau tidak kamu kenali di jalan.
12. Jangan berdiri di bawah pohon di malam hari, kamu akan diculik oleh hantu lapar.
13. Jangan menunggu di halte bus setelah tengah malam lewat.
14. Jangan bersiul di malam hari, kamu mungkin akan mendengar seseorang menyanyi bersamamu tapi tak kasat mata.
15. Jangan menggantung pakaian di tengah malam.
16. Jangan berjalan di kegelapan dan bersandar di tembok, sesuatu yang tak kasat mata mungkin menemanimu berjalan atau menempel di sisi yang lainnya.
17. Jangan menjawab atau membalas ketika seseorang yang tak kamu kenal memanggilmu, terutama jika kamu mendengarnya dari belakangmu.
18. Jangan membalikkan badan atau kepalamu ketika seseorang menepuk pundakmu di tengah jalan.
19. Jangan menggunakan perhiasan berwarna gelap dan hitam.
20. Jangan menyisir rambut di depan cermin, pada tengah malam.
21. Jangan berseru atau berteriak di tengah malam. Tetaplah diam sesenyap mungkin terutama ketika kamu merasa hawa dingin tiba-tiba menyergapmu. Jangan mencoba menangis atau larut dalam emosimu, jika itu terjadi di tengah malam.

22. Jangan membiarkan lukamu terbuka begitu saja. Selalu tutup dengan selotip luka atau perban, jika kamu memiliki luka yang berdarah.
23. Jangan menjadi terlalu cepat penasaran jika tiba-tiba mendengar suara yang aneh atau berisik. Jangan juga terburu-buru, ketika mendengar tangisan bernada rendah yang tidak kamu ketahui sumbernya. Tetaplah tenang.

24. Jangan berenang di sungai atau di kolam di tengah malam hari, sesuatu bisa saja menunggu untuk menarik kakimu ke bawah air.
25. Jangan bermain di taman bermain di tengah malam hari, terutama dengan ayunan.
26. Jangan menerima tantangan untuk masuk ke area pemakaman atau rumah kosong yang terbengkalai. Itu berarti kamu menantang makhluk halus yang berada di dalamnya.

Pamali atau pantangan itu tidak seharusnya dilanggar, tetapi jika kamu memang sengaja melanggarnya maka resiko harus kamu tanggung sendiri. Kendati demikian, terkadang pantangan itu bisa dijadikan uji nyali atau permainan bagi sebagian orang yang memang sengaja ingin melihat makhluk halus.

Konon di Tiongkok, dulu ada sebuah permainan atau ritual yang menjelaskan bagaimana cara agar kita dapat melihat para hantu yang bergentayangan di malam Zhong Yuan Jie yang terkenal dengan hantu laparnya. Cara ini sudah diceritakan turun-temurun dan sudah menjadi semacam permainan di malam Zhong Yuan Jie bagi anak-anak.

Tidak banyak yang perlu disiapkan, selain menyiapkan penampi beras dan keberanian. Cukup sediakan sebuah penampi beras yang terbuat dari anyaman rotan. Letakkan penampi beras itu hingga menutupi kepalamu, kemudian jongkoklah di bawah jembatan atau di tempat-tempat yang kamu yakini merupakan tempat yang berhantu.

Konon jika kamu melakukan hal ini dengan benar, maka tidak lama kamu akan menyaksikan hantu-hantu kelaparan itu lewat di hadapanmu. Meski begitu, jangan sampai wajahmu terlihat, dan kamu harus memainkan permainan ini hingga hantu-hantu itu menghilang seluruhnya.

Karena kalau tidak, hantu-hantu itu akan mengejarmu. Boleh percaya boleh tidak, kalau Anda tertarik silahkan praktekkan malam ini.  

Kemudian yang menjadi kebiasaan warga Tionghoa juga adalah adanya “persembahan” untuk hantu-hantu itu. Dari jam 6 sore, di depan rumah warga Tionghoa KongHucu biasanya sudah tampak beberapa sesajian, termasuk lilin, hio dan uang kertas. Sebuah pemandangan yang semakin menambah kentalnya nuansa mistis di jalanan. Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar