|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Senin, 29 September 2014

Terusan Besar Pembawa Kehancuran

 


KEBAJIKAN (De 德) -  Sekitar 1.400 tahun silam, berkuasalah Kaisar Sui Yang (605-616) di Tiongkok yang suka hidup bersenang-senang. Sejak naik takhta, dari pagi hingga malam hanya minum arak dan bersenang-senang bersama selir-selirnya, tidak peduli urusan lain. Suatu saat kaisar merasa bosan, lalu terbayang akan pemandangan Jiangnan (selatan sungai Yang Zhi) nan indah mempesona dan hendak ke sana, untuk bersenang-senang.

Di saat itu, seorang pejabat tinggi istana yang paling pintar menjilat, mengajukan ide, mengatakan bahwa dengan naik perahu ke Jiangnan, tidak saja dapat menikmati pemandangan yang indah, lagi pula sangat nyaman dan aman. Namun, sebenarnya tidak ada sungai dari arah utara mengalir ke selatan.

"Tidak ada sungai yang demikian, "kata kaisar.

"Paduka dapat memerintahkan orang untuk membuka jalur di atas daratan!" ujar penjilat tersebut.

Kaisar serakah dan suka berfoya-foya itu akhirnya menginstruksikan untuk segera membuka sebuah terusan besar, dari ibukota Luo Yang menembus ke kota Jiangdu di selatan (kira-kira dari Provinsi Henan sampai Provinsi Jiangshu sekarang ini). Bahkan harus menggunakan emas untuk membuat perahu naga yang mewah seperti istana di atas sungai.

Waktu itu, sejumlah besar menteri dengan rasa cemas menasihati, "Paduka, membuka terusan bukanlah seperti menggali selokan, itu harus mengerahkan tenaga dan biaya yang tak terhitung banyaknya, juga bisa menyengsarakan rakyat jelata!"

Namun, kaisar tidak peduli, dan akhirnya dimulailah proyek penggalian sungai yang maha besar itu. Prajurit yang kejam menangkap orang di mana-mana untuk kerja berat, ratusan ribu manusia bagaikan sapi dan kuda dengan susah payah menggali tanah, memindahkan batu, memancang tiang.

Sejumlah orang, karena siang malam berlumur lumpur, kakinya membusuk, tetap dipaksa bekerja, dan setiap hari pasti ada sejumlah orang yang mati akibat kelelahan atau sakit. Terusan ini bagaikan seekor naga jahat, seinci demi seinci membentang ke selatan, dan sesuap demi sesuap menelan banyak orang.

Setelah tergali hingga sampai di Yong Qiu, Provinsi Henan, muncul kejadian aneh. Suatu pagi, seorang mandor dengan perasaan takut melapor pada pejabat pengawas, "Di depan terhalang sebuah kuil kecil, dan di belakang kuil itu ada makam kuno yang telah berusia ribuan tahun. Konon, di dalam makam itu terkubur seorang petapa yang telah menjadi dewa. Lebih baik proyek terusan menjauh dari jembatan kecil dan makam kuno itu, jangan menyentuhnya!"

Pengawas menjawab dengan kasar, "Perintah Kaisar, siapa yang berani melanggar, peduli amat makam siapa, singkirkan!"

Dengan rasa takut dan terpaksa, para pekerja selama beberapa hari telah merobohkan kuil kecil itu. Ketika akan menggali makam kuno itu, tiba-tiba terdengar suara ledakan dahsyat, makam kuno itu merekah dan tampak sebuah lubang besar, hitam pekat seperti menembus ke pusat bumi, dan berembus angin dari alam lain yang dinginnya bukan main.

Pengawas berpikir, "Jika memang yang terkubur di dalam makam itu adalah petapa yang telah menjadi dewa, siapa tahu masih ada benda pusaka lainnya. Jika bisa dipersembahkan kepada Kaisar, bukankah kesempatan emas untuk menjadi kaya dan naik pangkat?"

Namun, tidak ada yang mau turun ke dalam. Prajurit mulai mencambuki pekerja, menyuruh mereka turun. Semua berdiri gemetar di depan lubang, tidak berani masuk.

Tiba-tiba terdengar suara yang nyaring mengatakan, "Jangan cambuk lagi, biarlah saya masuk untuk melihat-lihat!"

Orang yang berkata itu bernama Di Qu Xie, ia berbadan tegap, nyalinya juga besar, biasanya ia sering melawan prajurit-prajurit yang congkak, jahat serta kejam itu, sekarang melihat semua orang disiksa ia merasa kasihan, maka dengan jantan berani maju ke depan. Para prajurit menggunakan beberapa tali, baru menurunkan Di Qu Xie ke dasar lubang. Ternyata di dasar lubang ada sebuah terowongan.

Setelah menarik napas, ia kemudian berjalan dengan meraba-raba di tengah kegelapan cukup lama, terdengar suara mencicit di depannya, tiba-tiba berkelebat bayangan putih yang sangat besar. Ternyata seekor tikus putih yang besarnya seperti sapi, ia bercicit nyaring, matanya memancarkan sinar kebengisan.

Dengan bergegas Di Qu Xie melompat ke belakang, tikus putih menyambar ke tempat kosong, namun tidak mengejarnya. Ternyata kedua kaki tikus yang besar itu terikat rantai besi yang besar dan berat, tidak berdaya melepaskannya. Di Qu Xie segera angkat kaki lari, dan tertatih-tatih dalam perjalanan, tiba-tiba memasuki sebuah ruangan yang semuanya tersusun dari batu besar. Di dalam terangnya bukan main, menyilaukan mata.

Dia melihat sebuah rumah, di mana duduk seorang pendeta Tao tua berjubah merah, janggutnya yang seputih salju terjulur hingga beberapa meter di atas lantai.

Ketika ia akan maju memberi hormat, pendeta tua tiba-tiba berseru, "Pengawal! Bawa Ahma kemari!"

Dan segera ada empat pendekar yang laksana pengawal Dewa, dengan sekuat tenaga membawa masuk tikus putih tadi. Di Qu Xie bergegas bersembunyi di balik tiang batu, menahan napas, memelototkan matanya dan dengan terkejut menyaksikan segalanya.

Pendeta tua berkata lantang, "Siluman tikus terkutuk! Saya melepaskan seluruh bulu kulit kamu untuk menjadi kaisar di dunia manusia, agar supaya kamu mengurus negara dengan baik, namun tak disangka kamu hanya tahu hidup bersenang-senang, dan mencelakai begitu banyak orang."

Dengan garang tikus putih melotot, lalu menaikkan ekor panjangnya yang bagaikan pentung besi menyapu sembarangan. Pendeta tua dengan sangat marah berkata, "Ahma, saya peringatkan. Jika lain kali sewenang-wenang lagi, menyiksa rakyat yang tidak berdosa, akan kugunakan tali putih menjeratmu hingga mati!"

Setelah selesai berkata, dan saat kebut ekor kuda yang berada di dalam genggaman tangan pendeta tua diayunkan, segumpal awan putih tiba-tiba menutupi segala yang berada di depan mata.

Tidak berapa lama kemudian, awan putih berpencaran, Di Qu Xie mendapati ia seorang diri berdiri di dalam terowongan yang gelap gulita, pendeta tua, tikus putih, atau pengawal yang dilihatnya semuanya telah lenyap. Ia mengusap-usap matanya, tiba-tiba melihat di depannya seperti ada setitik cahaya, lantas merangkak berjalan ke sana, sembari terus memikirkan kejadian aneh yang baru saja terjadi, ia terus memikirkan apa yang baru saja dilihatnya.

"Ahma? Seperti pernah dengar nama kecil Sang Kaisar juga Ahma, ini sebenarnya apa yang telah terjadi?" pikir Di Qu Xie dalam hati bertanya-tanya.

Tanpa disadarinya Di Qu Xie telah berjalan keluar ke sebuah mulut lubang.

Terangnya matahari membuat ia tidak bisa membuka matanya, dan tidak lama kemudian, ia baru mengetahui secara jelas dirinya berdiri di sebuah puncak gunung. Di sekitar hutan tampak seseorang pencari kayu bakar. Di Qu Xie segera berjalan ke sana dan bertanya padanya tempat manakah ini?

Pencari kayu berkata, "Ini adalah gunung Shao Shi".

Jarak gu eh itu, dan segera turun gunung, bergegas pulang kembali ke Yong Qiu.

Di perjalanan terlihat sawah ladang dipenuhi tumbuhan liar, sekelompok rakyat nung Shao Shi ke Yong Qiu sekitar ratusan li jauhnya, jika menunggang kuda juga perlu beberapa hari, baru bisa sampai. Ia tidak menghiraukan lagi atas peristiwa an

mengungsi, orang kurus kering. Sebenarnya apa yang terjadi?

Dalam perjalanan Di Qu Xie kesasar lagi, lalu bertanya pada kakek tua di jalan, "Ke Yong Qiu arah mana?"

Dengan terkejut kakek tua berkata, "Yong Qiu? Yong Qiu sudah lama diduduki perompak, apa kamu mau mati?"

"Tetapi, beberapa jam yang lalu saya masih berada di Yong Qiu menggali terusan, mana ada perompak!?" kata Di Qu Xie yang benar-benar tidak mengerti apa sebenarnya yang terjadi?

Namun, kakek tua itu berkata lagi, "Gali terusan apa, apa kamu bermimpi? Beberapa tahun yang lalu, terusannya sudah jadi."

Kakek tua menggeleng-gelengkan kepala, "Ah, jika membicarakan terusan membuat orang pedih. Tidak tahu Kaisar itu jelmaan dari siluman pengacau apa, jutaan orang telah mati dalam penggalian terusan itu. Terusan telah dapat dibangun, dan ia bisa bermain sepuasnya, namun beberapa tahun, sawah juga tidak ada yang menggarap, di setiap tempat gagal panen, yang kuat menjadi perampok, sedang yang lemah, mengungsi, sangat menyedihkan sekali!"

Ia kembali ke kampung halaman, namun telah berubah menjadi padang belantara, kemudian ke hutan terpencil dan menetap di sana. Selama beberapa tahun tinggal di hutan. Suatu malam, Di Qu Xie kedatangan seorang pejalan kaki yang lewat, keduanya lalu berbincang-bincang.

Tuan rumah manarik napas panjang dan bertanya, "Apakah Kaisar masih hidup bersenang-senang? Ia tidak mendapat simpati dan dukungan rakyat, dan saya lihat kekuasaan Dinasti Sui, cepat atau lambat akan hancur!"

Orang itu terkejut, "Dinasti Sui apa, sekarang sudah masanya Dinasti Tang Raya! Kaisar yang tamak dan serakah itu, seluruh rakyat begitu membencinya, bagaimana mungkin negara dapat bertahan lama? Tidak lama setelah terusan selesai setelah selama 6 tahun dibangun, pendekar dan kesatria dari segala penjuru angkat senjata melawannya. Tapi ia tak peduli, pergi lagi ke Jiangnan bertamasya dan bersenang-senang. Di tengah perjalanan, seorang bawahan yang berkhianat, dengan menggunakan seutas tali dengan bengis menjeratnya hingga mati, memang pantas dibunuh!"

"Oh! Ternyata waktu itu saya masuk ke dunia kayangan, dan kejadian yang terdengar itu, kini semuanya telah terbukti," kata Di Qu Xie dalam hati.

Sambil memandangi langit, ia berkata sendiri, "Ternyata Kaisar Sui Yang adalah jelmaan dari siluman tikus putih itu! Ia hanya memikirkan untuk hidup bersenang-senang, menggali terusan besar, dan mencelakai begitu banyak orang. Akibatnya, benar- benar dijerat tali putih hingga mati." Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar