|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Rabu, 29 Oktober 2014

4 Fakta Menarik Saat Jokowi Terbang Perdana Naik Pesawat Kepresidenan

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Di hari ke-10 masa kerjanya, Presiden Joko Widodo akan terbang perdana dengan pesawat kepresidenan Boeing seri 737-800 BBJ II menuju Sumatera Utara menemui warga Sinabung, pengungsi letusan Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Inilah kali pertama Jokowi terbang dengan menggunakan pesawat kepresidenan.

Jokowi dan ibu negara Iriana beserta putri keduanya, Kahiyang Ayu dijadwalkan akan terbang pukul 07.00 WIB, Rabu (29/10/2014), dari base off pangkalan TNI AU Halim Perdanakusumah dengan pesawat kepresidenan, seperti dikutip dari detikcom.

Jokowi dan Iriana yang juga memakai kemeja putih kemudian duduk di bangku pesawat di ruang VVIP. Menyusul Khofifah dan Kahiyang yang masuk lewat pintu belakang pesawat. Ikut mendampingi Jokowi, Danpaspampres Mayjen Andika Perkasa. Ini kunjungan Jokowi kedua ke Sinabung. Ia sebelumnya pernah berkunjung ke Sinabung saat kampanye Pilpres lalu.

Tepat pukul 09.27 WIB, Jokowi tiba di Lanud Soewondo. Berkemeja putih ,Jokowi yang disambut Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho serta perangkat daerah di Sumut. Di belakangnya Iriana dengan kemeja putih dan sepatu kets, kemudian, Khofifah menyusul.

Suasana tampak cair. Jokowi juga terlihat saling melempar senyum dengan Gatot. Sebelum kemudian bersama rombongan berjalan menuju ruang VIP menunggu kendaraan menuju Sinabung. Cuaca di Medan tampak mendung.

Jokowi akan menemui pengungsi Sinabung dan memberikan kartu yang bisa digunakan warga untuk berbelanja di minimarket. Di kartu SIM card itu terdapat sejumlah uang subsidi pemerintah untuk rakyat miskin.

1. Bawa 1 Menteri


Presiden Joko Widodo tak membawa banyak menteri saat melakukan kunjungan kerja menyambangi pengungsi Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Hanya Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saja yang ikut dalam rombongan.

Pantauan detikcom, Rabu (29/10/2014), hanya ada lima pejabat VVIP yang ikut dalam pesawat kepresidenan. Mereka adalah Jokowi, Ibu Negara Iriana, satu anggota DPR, satu anggota DPD, dan Khofifah.

Semua kompak berkemeja putih. Tak lupa, lengan baju para pejabat itu juga tergulung, sebuah simbol yang selama ini disebut Jokowi ciri khas para pekerja.

Selain lima pejabat utama, tak banyak staf yang ikut dalam rombongan. Terlihat di pesawat, ada beberapa bangku kosong. Ajudan yang dibawa Jokowi kali ini adalah dari Polri Kombes Listyo Sigit dan satu orang ajudan Polri wanita untuk Iriana.

Ini adalah pemandangan yang cukup berbeda bila dibandingkan dengan beberapa presiden sebelumnya. Biasanya, ada menteri yang rajin menempel presiden seperti mensesneg, seskab atau menko, selain menteri-menteri terkait yang berhubungan dengan tugas kenegaraan di lokasi tersebut.

Ini adalah kunjungan kedua Jokowi ke Sinabung. Dia menjenguk pengungsi Sinabung pertama kali saat mengikuti kampenye Pilpres sekitar 5 bulan lalu. Dalam kunjungan kali ini, Jokowi membawa sumbangan bagi pengungsi dalam bentuk kartu elektronik yang bisa diuangkan ke perbankan.

2. Satu Pesawat dengan Wartawan

Pengalaman berbeda nan menarik dirasakan awak media. Ini pertama kalinya, Jokowi terbang dengan menggunakan pesawat kepresidenan dan rombongan wartawan diajak terbang satu pesawat dengan rombongan Sang Presiden pilihan rakyat itu.
Zaman presiden sebelumnya, wartawan terbang dengan pesawat komersil saat meliput acara Presiden. Ada sembilan rombongan wartawan yang akan meliput kegiatan Jokowi. Rencananya Jokowi akan memberikan bantuan berupa tabungan dalam bentuk sim card kepada warga Sinabung.

"Ingin berikan bantuan, berupa tabungan menggunakan kartu elektronik. Sim Card. Nilainya belum tahu, tergantung presiden," kata Sekretaris Eksekutif Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Bambang Widianto di Istana Negara Jakarta, Selasa (28/10) kemarin.

Menurut Bambang, Jokowi ingin menggunakan teknologi dalam memberikan bantuan untuk warga. Sim Card layaknya untuk HandPhone itu bisa diambil melalui toko waralaba.

"Pengambilan bantuan bisa lewat agen Indomaret," katanya sambil menjelaskan bantuan ini menggunakan dana operasional presiden.

3. Pesawat Super Nyaman
Pesawat Boeing seri 737-800 Business Jet II tersebut sudah bersiap sejak pagi di landasan udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (29/10/2014). Seperti biasa, pemeriksaan keamanan wajib dilakukan. Setiap penumpang harus melewati metal detector dan pemeriksaan lainnya sebelum naik ke burung besi tersebut.

Begitu sampai pesawat, kursi sudah ditata rapi. Nama para penumpang sudah dipasang sesuai kursi masing-masing. Khusus untuk staf dan wartawan, posisinya di bagian paling belakang. Sementara Jokowi dan Iriana ada di deretan VVIP, tepatnya di bagian paling depan. Pesawat berkapasitas 60 kursi itu pun terbang tinggi mengantar Presiden Jokowi.

Setelah menemukan tempat duduk, pramugari cantik nan ramah dari TNI AU akan datang menghampiri. Mereka akan mendapatkan sarapan dan minuman. Menu yang disediakan adalah nasi goreng istimewa yang disajikan dengan telor dadar, ayam dan abon. Rasanya maknyus! Dengan senyum merekah, mereka akan membantu setiap kebutuhan penumpang.

Di setiap kursi ada layar TV dengan logo Setneg RI. Dari layar itu, berbagai hiburan mulai dari musik hingga video bisa dilihat. Lumayan, sebagai pengisi waktu sepanjang perjalanan.

Proses pendaratan pesawat berlangsung mulus. Jokowi dan rombongan rampingnya -- sehingga bisa diangkut cukup dengan satu pesawat cukup kecil itu -- tiba di Lanud Soewondo sekitar pukul 09.27 WIB. Para staf keluar terlebih dulu. Baru Jokowi menyusul belakangan yang langsung disambut oleh Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho.

4. Bangku Kosong
Saat pesawat mengudara, ada 5 bangku kosong di kursi bagian staf di pesawat itu. Tak biasanya, masih ada bangku kosong di kursi staf yang ada pesawat kepresidenan. Lazimnya, bangku pesawat itu terisi penuh, bahkan beberapa staf terpaksa terbang terpisah dengan pesawat lain.

Sekilas seputar pesawat kepresidenan, pesawat dengan warna biru, logo Garuda, dan gambar bendera merah putih itu tampak gagah. Di dalam pesawat, karpet tebal yang lembut dengan motif warna coklat muda terpasang di lantai. Ornamen di pesawat dilapisi kayu warna coklat.

Pesawat dibagi 3 bagian, bagian staf yang berada paling belakang, bagian tengah ruang VIP yang terisi 12 kursi, di mana kursinya lebih besar dibanding untuk staf dan jaraknya lebih lebar. Bagian selanjutnya adalah ruang istirahat. Kemudian di setiap kursi ada layar TV dengan logo Setneg RI. Sedang sabuk pengaman juga dilapisi warna emas dengan logo burung Garuda.

Dari data spesifikasi pesawat yang dirilis pihak Setneg, kapasitas pesawat itu adalah 60 orang. Di dalam pesawat ada meeting room untuk 4 orang kelas VVIP, state room untuk dua orang kelas VVIP, 12 orang di executive area dan 44 seat di staff area.

Pesawat ini baru tiba awal tahun ini. Mantan Presiden SBY juga sempat menggunakannya. Pesawat RI 1 ini dibeli Indonesia seharga Rp 820 miliar. Pemerintah memutuskan untuk membeli pesawat kepresidenan demi efisiensi anggaran, sebab menyewa pesawat dari maskapai ongkosnya lebih mahal.
Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar