|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Rabu, 15 Oktober 2014

Susunan Acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2014-2019 di DPR/MPR

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Presiden dan Wapres Terpilih Jokowi-JK akan dilantik oleh MPR pada tanggal 20 Oktober nanti. Seperti yang tertera di UUD 1945, MPR memang bertugas untuk melantik presiden dan wapres terpilih.

Namun kata melantik itu tidak seperti pelantikan konvensional, karena tak ada kata-kata MPR melantik seorang presiden. Pada prosesnya, MPR hanya menfasilitasi Jokowi-JK membaca sumpah jabatannya. Selain oleh pimpinan MPR, pembacaan sumpah itu akan disaksikan oleh Mahkamah Agung.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan memastikan acara pengambilan sumpah Presiden terpilih dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla akan berlangsung aman, 20 Oktober 2014. Tanpa ragu, dia bahkan berani menjamin keamanannya hingga 100 persen. Ia meminta siapa pun untuk tidak mengganggu pelantikan tersebut.

Seusai menyerahkan susunan acara pelantikan kepada presiden dan wakil presiden terpilih, Senin (13/10/2014), Zulkifli mengatakan bahwa dia telah berkoordinasi dengan seluruh pimpinan penegak hukum.

"Kami sudah rapat dengan Kapolda dan Pangdam Jaya. Panglima TNI juga sudah menyatakan, keamanan 100 persen penuh. Jangan coba-coba," ujar Zulkifli di rumah dinas gubernur DKI Jakarta di Jalan Taman Suropati 7, Menteng, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari detik.com.

"Setelah pelantikan resmi dia akan menyampaikan pidato Presiden RI. Dalam tatib (tata tertib) MPR memang yang menyampaikan pidato presiden, waktu terserah Jokowi (mau berapa lama)," terang Ketua MPR Zulkifli Hasan, Senin (13/11/2014), seperti dikutip dari detik.com.

Setelah disumpah, seluruh kegiatan Jokowi diserahkan sepenuhnya kepada pria asal Solo itu dan pihak Istana. "Setelah itu, pimpinan MPR mengantar (presiden dan wapres) ke depan, selanjutnya terserah agenda Pak Jokowi," lanjutnya.

Susunan Acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2014-2019 di DPR/MPR

 
MPR juga telah membuat susunan acara sidang paripurna pembacaan sumpah presiden dan wapres terpilih. Acara akan dimulai pukul 10.00 WIB dan rencananya selesai pukul 11.50 WIB.

Sidang paripurna MPR itu akan digelar di Gedung Nusantara DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin (20/10) mendatang. Presiden SBY dan Wapres Boediono dijadwalkan hadir di acara ini.

Jokowi dijadwalkan menyampaikan pidato usai pembacaan sumpah. Waktu yang disediakan untuk pidato cukup lama, 45 menit.

Berikut susunan acara pelantikan presiden dan wakil presiden yang diterima detikcom dari MPR, Selasa (14/10/2014)

10.00 WIB Sidang Paripurna Dimulai -- Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
10.05 WIB Pembukaan Sidang Paripurna -- Pidato Pembukaan Sidang Paripurna MPR oleh Ketua MPR
10.15 WIB Pembacaan Keputusan KPU Tentang Penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih
10.20 WIB Pengucapan Sumpah/Janji Presiden
10.25 WIB Pengucapan Sumpah/Janji Wakil Presiden
10.30 WIB Persiapan Penandatanganan Berita Acara Pelantikan
10.37 WIB Sambutan Ucapan Selamat
10.45 WIB Pidato Presiden Terpilih
11.30 WIB Pidato penutupan, Doa dan Penutupan Sidang Paripurna MPR
11.50 WIB Acara Selesai

Acara pembacaan sumpah di Gedung DPR/MPR akan berakhir sekitar pukul 11.10 WIB. Kemudian, masih di gedung yang sama, Jokowi akan menjamu pemimpin negara dan perwakilan negara sahabat yang hadir di acara pembacaan sumpah.

Jamuan akan selesai sekitar pukul 12.00 WIB, lalu setelah keluar dari gedung wakil rakyat, Jokowi-JK akan menuju Semanggi untuk bertemu ratusan ribu relawan yang siap melakukan kirab budaya yang bertajuk Gerakan Rakyat 20 Oktober (Geruduk). Dari Semanggi, Jokowi-JK akan naik andong menuju Istana.

"Kira-kira begitu," kata mantan Senior Advisor Kantor Transisi Jokowi-JK, Luhut Pandjaitan, saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (15/10/2014). "Nanti akan diarak relawan," ujar Luhut yang telah mendapat briefing oleh paspampres ini.

Sepanjang perjalanan dari Jl Sudirman hingga Istana akan ada makanan yang dibagikan gratis untuk masyarakat. Acara arak-arakan Jokowi-JK ini memang bertujuan untuk memberikan kegembiraan kepada rakyat.

Begitu tiba di Istana, relawan ingin Jokowi-JK menerima ucapan selamat dari rakyat melalui video conference. Lalu Jokowi memberi sambutan untuk para relawan yang menggelar kirab. Baru sekitar pukul 15.00 WIB Jokowi-JK akan masuk ke Istana Negara.

Berikut Susunan Acara yang Dibuat Relawan

09.00 WIB Masyarakat berkumpul di Parkir Timur Senayan
11.45 WIB Rombongan Presiden berangkat dari Gedung MPR/DPR
12.00 WIB Rombongan Presiden tiba di Semanggi
12.05 WIB Rombongan Presiden menuju Istana Negara diikuti drumband, Kirab Budaya dan Relawan Pembersih Jalan
13.30 WIB Presiden dan Wakil Presiden video conference menerima ucapan selamat dari rakyat. Presiden menyambut kirab budaya di depan Istana Negara, pejalan kaki masuk ke halaman Istana Negara, mobil hias parkir di Lapangan Banteng.
15.00 WIB Presiden dan Wakil Presiden masuk ke dalam Istana Negara
16.30 WIB Konser Slank di Monas dimulai
17.00 WIB Pidato Presiden di depan masyarakat dan potong tumpeng besar
18.00 WIB Ucapan selamat dari relawan
19.00 WIB Presiden kembali ke Istana Negara. Doa dan 7.000 lampion warna-warni di Istana bersama dengan duta besar.
20.00 WIB Gala dinner kenegaraan
21.00 WIB Pak Presiden jamming dengan band metal
22.00 WIB Selesai


Susunan Acara yang Dibuat Istana

Sementara itu, pihak Istana akan menyiapkan prosesi serah terima jabatan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden terpilih Joko Widodo pada 20 Oktober nanti.

Usai proses pembacaan sumpah, Istana mengharapkan Jokowi-JK langsung bergerak menuju Istana Merdeka. Di sinilah akan ada acara serah terima SBY ke Jokowi.

Di Istana, Jokowi-JK akan disambut SBY diiringi upacara penyambutan ala militer. Jokowi dan SBY akan memeriksa defile pasukan, kemudian SBY akan mengantar Jokowi untuk berkeliling di Istana.

Setelah itu, baru Jokowi akan mengantar SBY ke luar gerbang Istana, untuk kembali menjadi warga negara biasa. Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar