|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 19 Juni 2016

Sembahyang Ce It (初一) dan Cap Go (十五)

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) Sembahyang Ce It dan Cap Go merupakan sembahyang yang dilakukan masyarakat keturunan Tionghoa setiap bulannya. Sembahyang Ce It Cap Go sendiri dilakukan setiap tanggal 1 dan tanggal 15 penanggalan lunar (Imlek). kepada Tuhan Yang Maha Esa, Dewa-dewi serta kepada leluhur yang telah meninggal.

Dalam kepercayaan masayarakat Tionghoa, prosesi sembahyang Ce It Cap Go tersebut berpengaruh besar kepada dibukanya pintu berkah, karena pelaksanaan sembahyang itu sendiri digelar berdasarkan perhitungan siklus alam yang ditandai dengan gelap bulan dimana bulan kembali ke bentuk asal dan terang bulan (purnama) serta menandakan ketaatan seseorang terhadap agama yang dianutnya.

"Baik gelap atau terang bulan, pintu keberkahan sedang bagus-bagusnya."

Umat Khonghucu menggunakan dupa (hio/xiang) dan lilin ketika melakukan sembahyang. Dupa (hio/xiang) mengandung makna ‘harum semerbak’, segala doa, permohonan,dan harapan yang keluar dari hati yang tulus itu bermohon agar diberkahi oleh Yang Maha Kuasa diiiringi harum dupa yang semerbak.

Sedangkan lilin sebagai penerangan jiwa dan batin kita, sebagai pelita dalam menjalani kehidupan ini.

Semoga dengan niat dan pikiran yang lurus, keselamatan, berkah, dan kebahagiaan selalu menyertai kita. Namo Amitopo...Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar