|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)..Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda
Home » » Kebijakan Kuno untuk Tidur yang Sehat Bag. 2

Kebijakan Kuno untuk Tidur yang Sehat Bag. 2

Written By Kebajikan ( De 德 ) on Kamis, 29 Desember 2016 | 14.30


KEBAJIKAN ( De 德 )Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) adalah sistem medis lengkap yang telah diwariskan kepada kita. PTT menawarkan informasi tentang kesehatan tidur yang agak berlainan dengan medis Barat. Menurut PTT, tidur adalah hasil dari irama alami sirkulasi energi. Pada jam 11:00 malam, energi Yin (Qi negatif) adalah yang terkuat. Ini adalah waktu yang ideal bagi tubuh untuk beristirahat, melakukan pemulihan dan pengisian ulang.

Anda seharusnya juga tidak boleh terjaga pada jam 23:00 ke atas, karena masa ini juga merupakan waktu bagi tubuh Anda untuk membangun energi Yang (Qi positif), yang menyediakan energi yang Anda butuhkan untuk kegiatan fisik dan mental pada siang hari. Qi tubuh dan darah mengaliri dan memelihara setiap organ tubuh di sepanjang siang dan malam.

Waktu yang berbeda di malam hari memiliki dampak yang lebih besar pada organ berbeda dalam tubuh. Misalnya, pukul 01:00-03:00 dini hari, darah dan Qi yang terkuat jatuh pada liver (hati) dan meridiannya (jaringan energik yang memenuhi fungsi hati). Oleh karena itu, tidur selama jam-jam ini sangat penting bagi kesehatan hati agar dapat berfungsi secara normal.

Dalam pengobatan Tiongkok, secara fisik, mental, dan emosional, liver mengemban porsi tanggung jawab yang luar biasa berat. Energi liver mengatur suasana hati (mood), pencernaan, menstruasi, mimpi, saklar tidur-bangun, visi, dan kelancaran arus energi ke seluruh tubuh. Ia bertanggungjawab atas perencanaan strategis dan pelaksanaan, serta memelihara semua jaringan ikat dalam tubuh, mulai dari ligamen hingga ke kuku.

Liver sangat sensitif terhadap emosi negatif, seperti kemarahan dan kebencian. Jika liver tidak dirawat dengan baik, maka Anda akan mudah marah dan gelisah. Sekarang, Anda bisa melihat seberapa serius konsekuensi bagi kesehatan jika Anda tidak tidur pada waktu-waktu yang diharuskan.

Sistem organ penting lainnya yang dinutrisi oleh Qi dan darah adalah paru-paru (jam terkuatnya antara pukul 03:00-05:00 pagi). Paru-paru bertanggung jawab dalam menyediakan oksigen ke seluruh tubuh, pertahanan terhadap infeksi, nutrisi pada kulit, dan membantu dalam regulasi metabolisme makanan dan air.

Mengalami tekanan emosional, mengonsumsi jenis makanan yang salah, atau terpapar pada lingkungan yang beracun, atau gangguan infeksi pada organ tubuh dan meridian, dapat menciptakan gangguan tidur.

Misalnya, ketika energi ginjal (sumber utama energi pendingin) sangat kurang dalam menyeimbangkan energi jantung (sumber utama dari energi panas), maka Anda tidak bisa tertidur.

Ketika energi Yang liver tidak seimbang dengan energi Yin liver, Anda mungkin mendapatkan mimpi buruk, berjalan dalam tidur (somnabulisme), dan menderita sindrom kaki gelisah. Ketika Qi limpa dan paru-paru kekurangan, tubuh Anda akan menumpuk lemak, serta dahak yang dapat memblokir saluran udara, menyebabkan apnea tidur obstruktif.

Oleh karena itu, dari perspektif pengobatan Tiongkok, gangguan tidur adalah manifestasi dangkal dari ketidakseimbangan yang mendasari energi tubuh Anda. Ketidakseimbangan ini menyebabkan masalah kesehatan yang sering ditingkatkan dengan mengubah gaya hidup, termasuk mencapai tidur yang sehat, makan dengan benar, bermeditasi, berolahraga, dan mengurangi stres.

Bagi mereka yang memiliki gejala yang lebih merepotkan, menjalani program pengobatan dengan akupunktur dan obat herbal Tiongkok adalah penting. Hal terakhir yang Anda ingin lakukan adalah menutupi gejala dengan hanya mengonsumsi obat. (Dr. Yang adalah seorang dokter, psikiater bersertifikat, dan ahli internasional tentang ragam klasik pengobatan tradisional Tiongkok). Salam kebajikan (Sumber)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011 - 2018. Kebajikan (De 德) - All Rights Reserved
Template Created by Kebajikan (De 德) Published by Kebajikan ( De 德 )
Proudly powered by Blogger