|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Senin, 23 Januari 2017

Memasuki Pintu Ayam Api (丁酉 ) 2568 / 2017

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Tidak lama lagi Tahun Ayam 2568 akan segera tiba dan sebentar lagi seluruh orang Tionghoa di dunia akan meninggalkan Tahun Monyet Api 2567 untuk memasuki pintu Tahun Ayam Api  2568 dalam penanggalan Tionghoa yang akan dimulai dari tanggal 28 Januari 2017 dan berakhir pada tanggal 15 Februari 2018 

Menjelang memasuki pintu Tahun Ayam 2568 ini, tentunya banyak harapan yang digantungkan oleh masyarakat Tionghoa pada Tahun Ayam Api ini. Walaupun kita sebagai manusia belum tau peristiwa apa yang kita akan lalui. Kita ibaratnya berada dalam suatu ruangan yang gelap gulita. Kita tidak tau apa yang akan terjadi, apakah sesuatu hal menyenangkan atau menyedihkan dalam kehidupan tahun yang akan kita lalui nanti

Dalam kebudayaan Tionghoa, keseimbangan Yin Yang sangat penting, karena mempengaruhi segala aspek kehidupan, termasuk kesehatan, kesuksesan, rumah tangga dan keturunan. Maka tidak heran jika kata “Hao” ( 好 ) yang artinya “Baik” sebenarnya terdiri dari gabungan dua huruf yaitu ” 女 ” (anak perempuan) dan ” 子 ” (anak laki). 

Yin Yang dilambangkan dengan lingkaran yang terbagi dalam dua bagian hitam dan putih dimana pada bagian hitam ada titik putih dan bagian putih ada titik hitam. Kedua titik itu menggambarkan ketidaksempurnaan. Manusia bisa mencapai harmoni, tetapi tidak bisa sempurna, karena kesempurnaan adalah milik Tuhan.

Dalam budaya tradisional Tionghoa, ayam melambangkan tujuh hal di Tiongkok yaitu. 

1. Ketepatan Waktu dan Kejujuran 

Makna simbolis yang paling jelas dari ayam adalah ketepatan waktu dan kejujuran.

Pada zaman kuno, meskipun Anda bisa menghitung waktu dengan menggunakan beberapa timer sederhana, namun tidak ada alat seperti jam alarm untuk membuat Anda bangun di pagi hari.

Orang biasa mendengar ayam jantan berkokok setiap subuh. Jadi ayam ini diambil sebagai sinyal awal hari yang baru.

2. Keberanian dan Daya Saing

Ayam jantan melambangkan keberanian dan daya saing. Pertempuran ada di dalam darah ayam jantan itu. Secara umum hal itu bisa dilihat ketika kedua ayam jantan berkelahi satu sama lain. Dalam berjuang, banyak orang yang belajar keberanian dan daya saing dari ayam jantan.

3. Kekudusan

Ayam jantan juga melambangkan pemburu hantu. Dalam cerita-cerita rakyat Tiongkok, semua hantu takut dengan burung gagak ayam jantan itu. Hantu hanya bisa muncul di malam hari, tapi burung gagak ayam datang saat mau fajar. Jadi semua hantu takut pada burung gagak ayam, karena hantu kehilangan kekuatan mereka saat fajar.

Asal usul keyakinan ini sudah lama. Orang yang tinggal di hilir Sungai Yangtze selalu menempelkan gambar ayam ke pintu setiap Festival Musim Semi. Mereka percaya bahwa hal ini akan menghalangi dan menjauhkan semua hantu.

Orang tua mengajarkan anak-anak mereka untuk meniru suara burung gagak ayam jantan. Jika mereka pernah melihat hantu, maka mereka harus berkokok seperti ayam jantan untuk menakut-nakuti hantu itu agar pergi.

4. Dewa Matahari

Ayam melambangkan Dewa Matahari. Orang Tiongkok kuno berpikir bahwa ayam jantan mewakili matahari karena mereka berkokok setiap hari ketika matahari terbit.

Jadi mereka percaya bahwa ayam jantan memiliki semacam kekuatan ilahi. Pada zaman kuno banyak orang Tionghoa yang menggunakan ayam dan darahnya untuk menyembah para Dewa dan melindungi orang yang melawan kejahatan.

Pada awal periode pra-Qin (2100 SM - 221 SM), ada banyak kegiatan ritual yang melibatkan pengorbanan ayam jantan untuk menghormati para Dewa. Saat ini, kebiasaan ini masih lazim terjadi di banyak daerah di Tiongkok.

5. Keberuntungan

Ayam jantan melambangkan keberuntungan. Kata "ayam" (鸡, JI) dalam bahasa Mandarin memiliki pengucapan yang mirip dengan "keberuntungan" (吉, JI).

Diyakini bahwa sebelum dijinakkan oleh orang-orang, maka ayam milik keluarga yang sama seperti phoenix.

Ayam jantan yang indah, memiliki sisir merah, bulu berwarna-warni dan ekor emas. Jadi orang memanggil mereka ji (吉, berarti keberuntungan) dan percaya bahwa hewan ini akan membawa keberuntungan pada orang-orang seperti phoenix.

6. Hal biasa

Ayam mewakili biasa di Tiongkok. Ayam jantan adalah daging unggas yang paling umum di Tiongkok.

Pada saat yang sama, orang-orang Tionghoa berpikir bahwa meskipun ayam jantan benar-benar bekerja keras untuk menemukan makanan setiap hari, namun yang dicari mereka hanya secukupnya saja, tanpa cadangan.

7. Kemakmuran

Dalam budaya Tionghoa, ayam jantan juga melambangkan kemakmuran. Hal ini karena mereka berkembang biak sangat cepat. Orang Tionghoa memahami bahwa hal ini yang mewakili kemakmuran baik dari segi populasi dan kekayaan.

Di Tiongkok kuno, dulu ada tradisi bahwa ketika laki-laki tidak bisa hadir di pernikahannya, maka orang akan mengambil ayam untuk mewakilinya, dan menempatkannya di samping pengantin tersebut, saat melakukan upacara pernikahan.

sebagai Tahun yang dipengaruhi oleh elemen Api, maka disebut Tahun Ayam Api yang akan mewarisi sifat-sifat Ayam yang penuh dengan kecerdikan yang dipadukan dengan sifat Api.

Ayam adalah salah satu makhluk yang lebih termotivasi dalam mitologi Tionghoa. Menurut mitos Masyarakat Tionghoa, Orang yang lahir di tahun Ayam sangat jeli, pekerja keras, akal, berani, dan berbakat. Ayam Jantan sangat percaya diri dalam diri mereka. 

Ayam jantan yang setia dan mereka membuat teman setia. Mereka selalu menepati janji dan selalu benar kata mereka. individu yang sensitif mungkin merasa sulit untuk rukun dengan Ayam Jantan, karena mereka selalu membual tentang diri mereka sendiri dan prestasi mereka, yang mungkin membuat orang lain tidak nyaman. 

Ayam jantan selalu aktif, lucu, dan populer dalam kerumunan. Ayam jantan yang banyak bicara, blak-blakan, jujur, terbuka, jujur, dan individu yang setia. Mereka ingin menjadi pusat perhatian dan selalu tampil menarik dan cantik.

Ayam jantan yang paling bahagia ketika mereka dikelilingi oleh orang lain, apakah di sebuah pesta atau hanya sebuah pertemuan sosial. Mereka menikmati sorotan dan akan menunjukkan pesona mereka di setiap kesempatan.

Ayam jantan mengharapkan orang lain untuk mendengarkan mereka saat mereka berbicara, dan dapat menjadi gelisah jika mereka tidak. Sia-sia dan sombong, Ayam Jantan ingin membual tentang diri mereka sendiri dan prestasi mereka.

Perilaku mereka terus-menerus mencari perhatian tak tergoyahkan dari orang lain mengganggu orang di sekitar mereka di kali.

Menjelang memasuki Tahun Ayam ini, tentu saja kita berharap semoga di sepanjang tahun ini hidup kita jauh lebih baik, lebih sukses, lebih damai dan lebih menyenangkan. Kita tidak berharap ada duka, ada kegagalan, kesedihan dan air mata. 

Oleh sebab itu, selain berdoa dengan mendekatkan diri dengan Tuhan, maka dalam menjalani hidup ini kita harus berhati-hati, banyak beramal dan berbuat kebajikan. Hindari sifat-sifat yang merugikan sesama atau sifat-sifat yang bertentangan agar harapan dan cita-cita kita bisa tercapai.

Marilah kita songsong kehadiran Tahun Ayam Api 2568 / 2017 ini dengan harapan agar dapat menggapai sukses dan harmoni dalam keseimbangan antara kerja keras dan kesehatan jiwa raga.  

"Tahun baru 2568 Ayam Api tiba membawa harapan baru.
Menghempaskan kesal dan jengkel di Tahun Monyet
Nasib berubah menjadi baik.
Bila mengerti hakekat Tahun Baru,
Selamat dan keberuntungan mudah diperoleh.”  Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar