|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 22 Januari 2017

Tradisi Mudik Menjelang Imlek 2568 / 2017 (Chunyun / 春運)

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Setiap tahunnya, menjelang Tahun baru Imlek atau perayaan musim Semi telah menjadi liburan paling panjang dan penting bagi masyarakat Tionghoa untuk mudik  berkumpul merayakan Imlek bersama keluarga. 

Tradisi mudik atau pulang kampung (Chunyun / 春運) ini sudah menjadi tradisi tahunan yang turun temurun bagi orang tionghoa di berbagai belahan dunia untuk pulang saat menjelang perayaan musim semi atau Tahun Baru Imlek, yang tahun ini jatuh pada tanggal 28 Januari 2017.

Sebuah Peribahasa Tiongkok menyatakan bahwa, "Semua ciptaan dilahirkan kembali pada hari Tahun Baru. Tahun Baru Imlek adalah perayaan perubahan yang lama pergi dan yang baru datang !".

Hal ini menandakan bahwa manusia tahu dan ingat tempat di mana ia dilahirkan, sehingga ada kerinduan untuk pulang, mengenang kembali masa-masa kecil, di mana dilahirkan untuk bertemu keluarga dan berbagi kebahagiaan melalui rejeki yang telah didapat. 
Karena bagaimanapun kebahagiaan untuk bertemu keluarga tak bisa ditukar dengan apapun, sehingga moment baik ini sering dipakai oleh anggota keluarga untuk pulang kampung bertemu keluarga dan sahabatnya untuk bersyukur bersama atas tahun yang akan lewat dan memohon berkat di tahun yang baru.


Mudik Imlek di Tiongkok
Sesuai tradisi, para pemudik baik yang bekerja atau belajar di berbagai kota tentunya akan pulang ke tempat asalnya, sambil membawa hadiah yang akan dibagikan pada orang tua dan kerabatnya. Sebagai gambaran kesuksesan, para perantau tersebut akan pulang dengan membawa berbagai atribut, perhiasan, kendaraan, pakaian, dan berbagai aksesori lainnya untuk diberikan pada Orangtua, sanak saudara dan sahabat mereka.

Kebiasaan ini secara tidak langsung akan menggambarkan tingkat kemakmuran yang dicapai oleh para pemudik di perantauan. Bagi para kerabat di kampung halaman, inilah saatnya kecipratan rejeki yang dibawa oleh para pemudik dari perantauan.
 
Selamat menyambut Tahun Baru Imlek 2568. Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar