|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)..Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda
Home » » 4 Tahapan Menuju Gagal Ginjal yang Harus Diwaspadai

4 Tahapan Menuju Gagal Ginjal yang Harus Diwaspadai

Written By Kebajikan ( De 德 ) on Sabtu, 11 Maret 2017 | 12.13


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Ginjal boleh dikatakan adalah jantung ke-2 bagi tubuh, tempat bersemayamnya energi vital bawaan. Begitu mengalami kerusakan (gagal ginjal) , fungsinya akan menurun, maka tidak dapat lagi membuang sampah dalam darah, misalnya ureum dan lain-lain, sehingga akan mengakibatkan terjadinya berbagai macam penyakit, bahkan dapat mengancam jiwa. Sampah-sampah itu hanya dapat dibuang melalui pencucian darah.

Cuci darah bukanlah sebuah pengalaman yang menyenangkan. Darah dalam tubuh harus dikeluarkan, lalu sampahnya disaring melalui membran dialysis (selaput penyaring), kemudian darah dikembalikan ke dalam tubuh lagi. Pada umumnya dialysis seminggu dilakukan 2-3 kali, setiap kali dibutuhkan 4~6 jam dan juga butuh biaya yang tidak sedikit. Dalam proses dialysis mungkin akan terjadi efek samping, dalam jangka panjang bahkan dapat mengakibatkan timbulnya kelainan pada tulang, saraf atau jantung dan lain-lain.

Ginjal adalah organ yang senyap. Gejala tahap awal yang timbul pada penyakit Ginjal tidak begitu mudah dideteksi. Hingga ketika telah muncul gejala mual muntah dan wajah kehitam-hitaman, biasanya hal seperti ini sudah masuk ke dalam tahap akhir. Maka jika ingin terhindar dari cuci darah jangka panjang, begitu diketahui telah terjadi kelainan pada fungsi Ginjal, maka harus secepatnya diobati dan dilakukan pemeliharaan dengan seksama.

Sinshe Guo Weijun menyatakan, dilihat dari sudut pandang ilmu Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT), penyakit gagal ginjal dapat dibagi dalam 4 tahap, dan dapat diatasi dengan terapi ramuan herbal PTT.

Tahap 1: Qi (dibaca ji, energi vital) dan Yin pada limpa dan ginjal lemah

Sinshe Guo memberi perumpamaan, jika garis dasar fungsi ginjal adalah angka 100, pada tahap ke-1 ini, fungsi Ginjal telah mengalami penurunan sebesar 10 – 20 angka.

Pada tahapan ini, timbul gejala: Wajah berubah menjadi gelap dan menguning, bibir kering, bahkan gejala bau mulut tidak sedap. Bau air seni agak menyengat, kotoran buang air besar (BAB) agak kering dan keras serta tidak senang minum. Seluruh tubuh serasa tidak bertenaga, mungkin juga diiringi gejala kedua telapak tangan agak panas.

Resep ramuan herbal: Shen Qi Di Huang Tang (参耆地黄汤), Sheng Mai San (生脉散).

Tahap 2: Qi dan Yang pada limpa dan ginjal lemah

Dalam tahap ini fungsi ginjal telah melorot di bawah angka 50~60. Gejala tubuh merasa letih lebih parah, wajah pucat, seluruh tubuh terutama 4 anggota badan loyo, daya pengecap hambar, nafsu makan berkurang, juga bisa terjadi volume air seni sedikit, kotoran BAB lembek tak berbentuk (mirip mencret).

Resep: Bu Zhong Yi Qi Tang (补 中益气汤), Bao Yuan Tang (保元汤)

Tahap 3: Yin liver dan ginjal lemah

Sampai tahap ini, ginjal telah mengalami kerusakan internal secara hakiki, penderita merasa ulu-hati dan telapak tangan serta kaki hangat yang menggelisahkan, merasa lebih letih, kotoran BAB kian keras, pinggang mulai muncul gejala linu.

Resep: Qi Ju Di Huang Tang (杞菊地黄汤), Zhi Bo Di Huang Tang (知柏地黄汤)

Tahap 4: Yin dan Yang pada ginjal lemah

Sampai tahap ke-4 ini, tubuh terasa amat sangat letih, warna kulit menjadi gelap tak bersinar.

Resep: Gui Fu Di Huang Tang (桂 附地黄汤), Ji Sheng Shen Qi Tang (济生肾气汤)

Dalam tahapan telah menjalani terapi dialysis apakah boleh tetap mengonsumsi ramuan herbal? Sinshe Guo mengatakan boleh, hal itu dapat memulihkan sebagian fungsi Ginjal.

Selain mengonsumsi ramuan herbal, juga bisa melalui memijat/ menepuk-nepuk titik Akupunktur tertentu untuk membantu memulihkan sebagian fungsi Ginjal. Titik-titik Akupunktur yang dapat dipijat: Tai xi, Fu liu, San yin jiao, He gu, Ling gu dan Hou xi. Titik yang dapat ditepuk-tepuk: Shen shu dan Bi shu. Salam kebajikan  (Sumber)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011 - 2018. Kebajikan (De 德) - All Rights Reserved
Template Created by Kebajikan (De 德) Published by Kebajikan ( De 德 )
Proudly powered by Blogger