|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 26 Maret 2017

Hidup yang Bermakna

 

 
KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Laut memiliki kedalaman masing-masing, ada yang dangkal dan ada yang dalam sekali. Gunung memiliki ketinggian yang berbeda-beda, ada yang tidak begitu tinggi, namun ada yang tinggi sekali menembus ketinggian awan.

Demikian juga dengan hidup manusia, tidak perlu saling membandingkan, hingga muncul sifat dengki dan iri hati yang dapat menjerumuskan manusia ke jurang penderitaan. Setiap manusia memiliki kelebihan masing-masing. Manfaatkan potensi yang tersedia dengan sebaik-baiknya.

Angin memiliki sifat yang tidak terduga. Kadang berhembus sepoi-sepoi, dapat meninabobokkan. Namun kadang menjadi beringas, dapat merusak apapun yang dijumpainya.

Awan memiliki kelembutan, namun di saat hujan sering menimbulkan petir yang dapat membahayakan keselamatan jiwa manusia.

Demikian juga dengan hidup ini. Kita tidak seharusnya gampang mengidolakan orang lain, menjadikan mereka menjadi panutan hidup, berusaha meniru-niru apapun yang diperbuat mereka. Kadang kala mereka hanyalah manusia munafik yang berupaya menutupi keburukannya dengan kebaikan semu.

Jalani hidup ini di atas rel kejujuran dan kebenaran. Raihlah apa yang akan membawa kita menuju kebahagiaan. Jagalah apa yang kita anggap pantas untuk dijaga. Hargailah apa yang sudah dimiliki dengan baik. Ikuti kata hati, agar tidak muncul kata penyesalan dalam hidup ini.

Setiap manusia memiliki hanya sebuah jalan dalam hidup ini :
- Takdir dan jalan hidup yang sudah digariskan oleh Sang Pencipta

Manusia memiliki dua mustika yang amat berharga :
- Ketajaman naluri
- Kekuatan batin

Manusia memiliki empat penghalang untuk mencapai kebahagiaan :
- Sukar untuk melepaskan apa yang sudah berada dalam genggaman
- Sulit untuk melihat kenyataan bahwa ada yang lebih hebat darinya
- Sukar untuk mengalah dalam memperebutkan sesuatu yang menjadi idamannya
- Sulit untuk mengendalikan pikiran, mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya, terutama sesuatu yang bersifat keduniawian

Manusia memiliki lima pedoman hidup yang harus dipegang agar terlepas dari penderitaan :
- Walau susah, tidak pernah menyerah dan tetap berjuang
- Walau kekurangan, harus mempunyai keyakinan dan kepercayaan diri
- Walau sudah baik, tetap harus bersikap rendah hati, bersahaja dan hidup sederhana
- Walau berkelebihan, tetap pintar berhemat namun jangan pelit dan harus mau berbagi.
- Walau hati sedang panas, pikiran harus tenang dan mampu mengendalikan diri untuk bersikap dewasa.

Manusia memiliki tujuh kekayaan hidup yang harus terus dijaga :
- Tubuh yang sehat
- Pikiran yang waras
- Kebijaksanaan dan kearifan
- Keyakinan dan kepercayaan diri
- Keluarga dan sahabat
- Nama baik
- Impian hidup

Sobatku yang budiman...

Saat menanam padi, seringkali rumput ilalang ikut tumbuh bersamanya. Namun saat menanam rumput, tidak pernah sekalipun akan tumbuh padi.

Dalam melakukan kebaikan, seringkali sesuatu yang buruk dan tidak benar turut menyertai. Namun saat melakukan keburukan, tidak mungkin terselip nilai-nilai kebaikan bersamanya.

Untuk itu, marilah belajar untuk bersekutu dengan nurani. Kembangkan terus perbuatan baik dan kebajikan dalam kehidupan ini. Niscaya hidup kita akan lebih bermakna, bermanfaat dan tentu saja dipenuhi oleh bunga-bunga kebahagiaan.  Salam kebajikan #firmanbossini

Tidak ada komentar:
Write komentar