|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 19 Maret 2017

Melakukan Pekerjaan atau Pembiaran

 


KEBAJIKAN ( De 德 )Sebuah plastik kresek yang sudah lusuh tergeletak di atas lantai. Bagi sebagian orang, mereka tidak akan mempedulikan keberadaan sampah ini. Padahal, jika sampai plastik ini terinjak, hal ini dapat mengakibatkan orang terjatuh dan terluka karena terpeleset. Mereka sama sekali acuh atau pura-pura tidak mau tahu. Mereka sengaja melakukan pembiaran.

Bagi sebagian orang lagi, mereka akan segera memungut sampah plastik tadi dan membuangnya ke tempat sampah. Menurut mereka, bahaya akan muncul jika tidak segera menyingkirkannya dari jalan yang sering dilalui orang. Mereka khawatir, bisa saja musibah itu dapat menimpa sanak keluarga yang kebetulan sedang melintas.

Mungkin-mungkin saja, di saat seseorang sedang memungut sampah tadi, ada seorang pemimpin perusahaan yang tidak sengaja melintas dan sedang berniat mencari seorang manajer untuk mengurus perusahaannya. Siapa tahu dia akan langsung ditunjuk mengisi jabatan terhormat dengan gaji memukau, diterima tanpa melalui proses seleksi...?

Itulah dua contoh sederhana tipikal manusia yang berniat melakukan pekerjaan dan yang melakukan pembiaran.

Pekerjaan adalah suatu objek aktifitas yang dilakukan oleh manusia untuk meraih tujuan hidupnya. Di dalam benaknya hanya ada kata kerja, kerja dan kerjakanlah.

Sebaliknya pembiaran adalah sebagian sikap negatif manusia yang bertujuan tidak mau melakukan apa-apa, senang berdiam diri dan cenderung dikategorikan sebagai manusia pemalas. Di dalam pikirannya hanya melekat kata biar, biar dan biarkanlah.

Seorang atasan lebih tertarik kepada bawahannya yang aktif bekerja dibandingkan dengan mereka yang gemar melakukan pembiaran, menunda-nunda pekerjaan dengan alasan yang dibuat-buat.

Mereka yang senang melakukan pekerjaan, pasti akan memperoleh hasil dari kegiatan yang dikerjakannya. Walaupun tidak semua berhasil sempurna sesuai keinginan, namun minimal ada sedikit hasil yang didapatnya. Kalau gagal total, jangan khawatir, setidaknya mereka mendapatkan sebuah pengalaman. Sederhana bukan?

Mereka yang mengutamakan kalimat pembiaran dan paling getol menerapkan kalimat ini dalam kehidupan sehari-hari, pasti tidak akan mendapatkan hasil apa-apa. Jangankan hasil, untuk harga sebuah proses atau pengalaman, tidak akan pernah diraihnya. Mereka hanya akan hidup dalam bayang-bayang belaka. Kalaupun sebagian dari mereka berhasil, itu hanyalah sebuah keberuntungan atau adanya belas kasihan dari orang lain.

Yakinlah, Tuhan itu tidak tidur. Sang Khaliq akan lebih menyayangi umat-Nya yang melakukan pekerjaan dibandingkan melakukan pembiaran.

Sobatku yang budiman...

Kita berhak untuk memilih melakukan pekerjaan atau melakukan pembiaran. Namun setiap pilihan yang diambil pasti ada konsekuensinya. Tidak mungkin sama atau sebanding.

Semakin banyak melakukan pekerjaan, maka semakin besar peluang dan harapan untuk mendapatkan hasil.

Semakin banyak melakukan pembiaran, maka semakin besar potensi mengalami kegagalan dan kekerdilan jiwa. Salam kebajikan #firmanbossini

Tidak ada komentar:
Write komentar