|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)..Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda
Home » » Jumlah, Simbol dan Cara Memberi Angpao (红包)

Jumlah, Simbol dan Cara Memberi Angpao (红包)

Written By Kebajikan ( De 德 ) on Kamis, 08 Februari 2018 | 16.21


KEBAJIKAN ( De 德 ) Angpao (红包) atau Hongbao adalah amplop merah berisikan sejumlah uang yang diberikan sebagai hadiah menyambut tahun baru imlek. Angpao sendiri adalah dialek Hokkian, arti harfiahnya adalah bungkusan / amplop merah. Sementara, Hongbao dalam bahasa Mandarin dan Lai dalam bahasa Kanton. Istilah "paket merah" juga mulai digunakan secara umum, meskipun hongbao terlihat dan berfungsi lebih mirip amplop daripada paket, seperti dikutip dari chinahighlights.com.
 
Mengapa Tionghoa Memberikan Angpao atau Amplop Merah
 
Dalam kebudayaan Tionghoa, warna merah melambangkan kebaikan dan kesejahteraan, karena warna merah menunjukkan simbol energi, kegembiraan, harapan dan keberuntungan yang pada akhirnya akan membawa nasib baik. 
 
Sebenarnya, yang penting adalah Angpao atau amplop merahnya, bukan uang di dalamnya, karena kertas merah dari Angpao itu bermakna untuk memberikan harapan dan keberuntungan. Selain itu, memasukkan uang dalam amplop merah juga diharapkan bisa memberikan lebih banyak kebahagiaan dan berkah bagi para penerima. Oleh karena itu, tidak sopan membuka amplop merah di depan orang yang memberikannya kepada Anda.
 
Di Tiongkok, amplop merah disebut yasui qian (压岁钱/ yaa-sway chyen /), yang berarti 'menangkal nasib buruk' . Mereka yang menerima amplop merah tentunya menginginkan tahun yang aman dan damai. 

Namun seiring dengan perubahan masyarakat dan mulai hilangnya budaya tradisional, “uang keberuntungan” telah kehilangan makna aslinya, sehingga anak-anak di masa kini justru berlomba-lomba untuk mendapatkan uang paling banyak pada Hari Tahun Baru Imlek. Bahkan jika si pemberi hanya memberikan sedikit, maka mereka seakan-akan menjadi kurang senang dan tidak respek lagi terhadap orang tersebut.
 
Siapa yang Bisa Mendapatkan Angpao dan Berapa Banyak Uang yang Harus di masukkan ke dalamnya

Secara tradisional, jika Anda sudah mulai menghasilkan uang, maka sekarang saatnya untuk memulai pengalaman Anda memberi amplop merah. Memberi Angpao adalah cara untuk berbagi berkah. Umumnya jumlah uang yang dibungkus dengan Angpao tergantung pada penghasilan Anda. Namun, ada kebiasaan bahwa jika Anda belum menikah, Anda tidak perlu memberikan Angpao kepada orang lain.
 
Umumnya, pada Hari Tahun Baru Imlek, orang tua akan menyiapkan sebuah Angpao dan memasukkannya ke dalam saku anak-anak mereka. Angpao biasanya diberikan dan diterima hanya di kalangan keluarga, namun ada kebiasaan di beberapa daerah pedesaan,  bahwa Anda harus memberi Angpao kepada setiap anak yang Anda temui selama masa Tahun Baru Imlek.

Kerabat dekat Anda (seperti orang tua dan kakek-nenek Anda) akan terus memberi Anda Angpao bahkan saat Anda sudah menikah, yang merupakan simbol cinta dan berkah untuk Anda.
  • Kepada sesepuh Anda (terutama orang tua dan kakek-nenek Anda): Berikan uang 500 - 2.000 yuan.
  • Bagi generasi muda tanpa penghasilan (terutama mereka yang masih sekolah), seperti anak dari teman dekat Anda, keluarga dan kolega Anda: Berikan uang 50 - 200 yuan.
  • Untuk anak-anak Anda sendiri : Berikan uang 100 yuan sampai jumlah yang akan Anda berikan dengan senang hati.
  • Kepada karyawan Anda : Berikan uang 100 - 1000 yuan (Diberikan pada hari kerja terakhir sebelum liburan Tahun Baru Imlek)
  • Kepada anak-anak lain : Siapkan beberapa Angpao kecil dengan uang 10 yuan atau 20 yuan untuk anak-anak yang dikenal, jika Anda bertemu mereka selama masa Tahun Baru Imlek.
Acara untuk Memberi Angpao
 
Tahun Baru Imlek adalah musim memberikan Angpao. Tapi Angpao tidak terbatas pada Tahun Baru Imlek saja, biasanya Angpao juga diberikan pada Acara yang menggembirakan seperti pernikahan, kelulusan, kelahiran bayi dan ulang tahun orang tua. Ini adalah cara tradisional untuk mengharapkan keberuntungan dan berbagi berkat.
 
Tip untuk Memberi dan Menerima Angpao
 
Memberikan Angpao
 
1. Tradisi untuk memasukkan uang baru di dalamnya. Memberikan uang kotor atau keriput sepertinya terasa tidak enak, sehingga seminggu menjelang Tahun Baru Imlek, biasanya banyak orang yang berdiri mengantri di bank untuk menukar uang yang lama dengan uang yang baru.
 
2. Anda seharusnya jangan memasukkan koin ke dalam Angpao.
 
3. Hindari memberi dalam jumlah seperti 40 yuan atau 400 yuan. Angka '4' dalam bahasa Mandarin terdengar seperti 'kematian', jadi ini dianggap sial. Kecuali angka empat, lebih baik genap dari pada ganjil. Cara terbaik adalah jika jumlahnya dimulai atau berakhir pada angka delapan, seperti 800 yuan, karena dianggap akan meningkatkan keberuntungan.
 
4. Menyiapkan dan membawa beberapa Angpao selama 16 hari Tahun Baru Imlek (dari Malam Tahun Baru ke Festival Lentera). Hal ini akan memudahkan Anda jika bertemu dengan seseorang yang ingin Anda berikan Angpao.

5. Sebaiknya uang yang ingin dimasukkan dalam Angpao dirancang berbeda, sehingga Anda dapat dengan cepat dan bijaksana membedakan apakah Anda ingin memberikan 100 yuan atau 1.000 yuan.
 
Etika Memberi dan Menerima Angpao

1. Selalu biasakan memberi dan menerima Angpao dengan kedua tangan. Tidak sopan jika memberi atau menerima Angpao hanya dengan satu tangan.

2. Bila Anda menerima Angpao, maka Anda harus mengucapkan terima kasih dan menyapa si pemberi dengan ungkapan kata yang menyenangkan. 
 
3. Jangan pernah membuka Angpao di depan orang yang baru memberikannya kepada Anda. Anda harus melakukannya secara pribadi atau saat Anda tiba di rumah.
 
WeChat Angpao
 
Wechat angpao adalah aplikasi mobile yang didasarkan pada Tradisi Tionghoa, dimana uang diberikan kepada keluarga dan teman sebagai hadiah. Dalam beberapa tahun terakhir, hal ini telah menjadi populer di kalangan kaum muda untuk mengirim "Angpao" (Transfer uang online) melalui WeChat (aplikasi perpesanan).

Ini telah menjadi cara baru untuk menyambut teman atau saudara selama periode Tahun Baru Imlek. Selamat menyambut Tahun Baru Imlek 2569/2018. Salam kebajikan
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011 - 2018. Kebajikan (De 德) - All Rights Reserved
Template Created by Kebajikan (De 德) Published by Kebajikan ( De 德 )
Proudly powered by Blogger