|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Jumat, 20 September 2013

Delapan Moral Kebajikan ( Ba De / 八德 ) Ke : 6 Kebenaran ( Yi 義 )

 

義之認知
PEMAHAMAN / PENGENALAN TERHADAP KEBENARAN


孟子云:「夫義,路也。唯君子能由是路。」故君子於困窮中不失節 義,不蔽於物,於發達時,亦不敢浪費奢華,或行違道敗德之事。孟 子認為義是人心之當然,道是天理之自然,集義也可說就是積善。無道義,即不能生浩然之正氣。若平時所為,事事循理而行,皆合於義,則集合此義,自能生浩然之正氣。

Kata Mencius : “Kebenaran merupakan sebuah jalan, yakni sebuah jalan yang mesti dilalui / dijalankan oleh seorang budiman / Kun Cu.” 

Makanya seorang budiman / Kun Cu, walaupun berada dalam kemiskinan tetap tak  kehilangan kebenarannya, tidak terikat pada benda tertentu, sewaktu dalam keadaan makmur, tidak berani menghambur–hamburkannya demi untuk kemewahan, atau melakukan perbuatan yang melanggar Tao dan merusak moral. 

Mencius beranggapan, “Kebenaran” merupakan sebuah sifat yang mesti dimiliki oleh hati manusia. Tao adalah demikian alamiah dari Hakekat Kebenaran dari Langit, kebenaran juga berarti lagi menimbun kebajikan. Tanpa adanya kebenaran maka seseorang tidak dapat berjiwa ksatria, atau berjiwa lurus tegak. 

Kalaulah dalam perbuatan sehari – hari , setiap hal selalu dilaksanakan melalui aturan main yang berlaku, sesuai dengan kebenaran, maka berkumpulnya kebenaran tersebut secara alamiah akan mempunyai hawa lurus yang sangat alamiah yakni bersifat ksatria.

義之實踐 :
PENGAMALAN / PENERAPAN DARI KEBENARAN

齊王的兒子墊曾經問孟子說:「士要做些什麼事呢?」孟子回答:「
要使自己的志向高尚。」所謂的立志,並不只是決定自己要從事哪一
職業,而是不論將來作什麼,或得志、順利與否,都應懷抱一份對自己生命原則的理想與期許…他必須堅持仁義,這就是所謂的「尚志」

Anak dari Chi Wang yang bernama Tze Tien pernah bertanya pada Mencius, “Orang yang terpelajar hendaklah melakukan hal apa ?”

Mencius menjawabnya, “Hendaklah membuat tekad pada diri sendiri dan bercita – cita untuk menjadi yang agung.” 

Yang dimaksud dengan tekad / cita–cita, bukanlah hanya memastikan diri sendiri hendak terjun ke bidang yang mana, melainkan tak peduli kelak melakukan atau mendapatkan pekerjaan apapun baik yang lancar atau tidak, semuanya mesti mengandung sebuah harapan dan prinsip yang ideal terhadap kehidupan dari diri sendiri, dia mesti bersikeras dan berpatokan pada kebenaran, inilah yang disebut sebagai cita–cita yang agung.
 
Bersambung Ke Delapan Moral Kebajikan ( Ba De / 八德 ) Ke 7 Integritas ( Lian / 廉 )

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, maka anda dipersilahkan untuk mencetak dan mengedarkan semua artikel yang dipublikasikan pada Blog Kebajikan ( De 德 ) ini. Mengutip atau mengcopy artikel di Blog ini harus mencantumkan Kebajikan ( De 德 ) sebagai sumber artikel.

Tidak ada komentar:
Write komentar