KEBAJIKAN ( De 德 ) - Cukup 6 detik saja dapat menentukan kesan pertama seseorang. Bagaimana dalam waktu demikian singkat menimbulkan kesan dengan orang yang belum pernah bertemu seumur hidup? Bagaimana memperkenalkan diri untuk membuat pihak lain terkesan, mungkin kita semua mengetahui tekniknya. Dan pantangan apa saja yang tidak boleh terjadi ketika kita memperkenalkan diri?
Artikel ini memberitahu Anda tentang tujuh kesalahan yang harus dihindari dalam memperkenalkan diri.
Bernard Marr, penulis buku Manajemen Perusahaan terlaris Amerika Serikat baru-baru ini dalam blognya berbagi kepada netter tentang kekeliruan apa saja yang harus dihindari oleh pekerja kantoran ketika memperkenalkan diri. Konten yang sangat praktis ini kami referensikan kepada para pembaca, seperti dilansir dari Epoch Times.
1. Rincian daftar orang terkenal
Berulang kali mengatakan kepada pihak lain bahwa Anda kenal dengan siapa, pernah bekerja sama dengan siapa dan pernah makan malam dengan siapa. Sesungguhnya, orang-orang yang Anda sebut, pihak lain atau lawan bicara mungkin tidak mengenal bahkan tidak mengingatnya.
Jika Anda berada dalam wawancara kerja membicarakan hal tersebut, selain tidak dapat menambah nilai, salah-salah bisa mengurangi nilai Anda.
2. Membagi kartu nama sebagai pengenalan diri
Kartu nama tidak dapat menggantikan pengenalan diri, jika hanya menyerahkan kartu nama kepada pihak lain atau di tempat konferensi atau kegiatan tertentu yang banyak dihadiri orang, membagikan kartu nama bagaikan selebaran, hal ini boleh jadi merupakan tindakan paling tidak masuk akal, mungkin saja setelah kegiatan selesai, kartu nama Anda akan dibuang.
3. Membagi kartu nama sekaligus 2 atau lebih
Pada perkenalan pertama jangan langsung memberikan 2 atau lebih kartu nama Anda, dengan maksud pihak lain membantu Anda mempromosikannya, karena hal seperti ini kurang etis. Kecuali jika pihak lain secara inisiatif meminta lebih dari satu kartu nama Anda.
4. Abstrak
Pada saat pertemuan pertama sudah mulai berbicara tentang masa lalu Anda yang jaya, riwayat pendidikan, penampilan anggota keluarga, atau bagaimana naik kenderaan ke lokasi pertemuan dan lain-lain, akhirnya pihak lain bahkan tidak tahu Anda ini siapa.
5. Bersalaman yang tidak tulus
Jabatan tangan ala kadarnya lebih baik sekalian tidak berjabat tangan. Jika Anda ingin berjabat tangan, harus percaya diri, tersenyum dan jabat tangan dengan tulus.
6. Menyela pembicaraan orang dengan tidak sopan
Sebelum orang lain menyelesaikan perkataan atau pihak lain belum member sinyal agar Anda berbicara, maka Anda dengan serampangan berbicara tanpa habis.
7. Sibuk dengan ponsel tanpa mempedulikan pihak lain
Ketika memperkenalkan diri tidak mendengarkan tanggapan pihak lain, bahkan kadang-kadang menunduk bermain ponsel, ini merupakan tindakan yang tidak menghormati pihak lain, juga kesalahan umum yang sering dilakukan orang modern sekarang.
Ketika saling memerkenalkan diri, jika menggunakan teknik yang tepat, ditambah dengan menghindari 7 pantangan di atas, maka meninggalkan kesan baik pada orang lain bukanlah hal yang sulit. Salam kebajikan
Tidak ada komentar:
Write komentar