|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Rabu, 04 Februari 2015

Kiat Sukses: Dalami Detail, Temukan Cinta Kasih dan Kehormatan

 


KEBAJIKAN (De 德) -  Ungkapan yang mengatakan, “Perhatian akan detail menentukan kesuksesan”. Mengapa orang yang memperhatikan detail selalu disukai dan dihargai, dan pada akhirnya bisa meraih sukses? Karena setiap detail itu dibangun di atas landasan demi orang lain, selalu memerhatikan detail keinginan orang lain, sehingga dapat menunjukkan kepedulian dan kehangatan, membuat setiap orang merasa sangat diperhatikan dan dihargai, seperti dilansir dari efcohtimes.

Ada seorang sekretaris yang sangat terkenal di kalangan politik, latar belakang pendidikannya tidak tinggi, kemampuan bahasa asingnya juga lemah, tapi dia menjadi rebutan banyak orang. Karena siapapun politikus yang mengangkatnya sebagai sekretaris, politikus itu selalu berhasil di kancah politik. Mengapa demikian?

Dia pernah menjelaskan, “Orang yang berkecimpung di dunia politik sibuk dengan ribuan urusan setiap harinya, tidak mungkin bisa memerhatikan hal-hal kecil pada orang lain. Sementara saya selalu mengingatkan atasan sebelum beliau pergi menghadiri jamuan, siapa saja yang akan ditemui di jamuan, dan peristiwa apa saja yang baru saja terjadi pada orang-orang itu. Saya bahkan menuliskan catatan baginya untuk dibaca kembali saat di mobil dalam perjalanan. Sehingga, dengan orang-orang yang sudah lama tidak bertemu, atasan saya bisa langsung menyapa dengan hangat dan bertanya akan keadaannya baru-baru ini.

Sebagai contoh, “Bagaimana keadaan cucu Anda yang baru lahir?”, “Putra Anda sebentar lagi akan menikah ya!”, “Dengar-dengar istri Anda baru bertamasya dari Eropa!”, “Opini yang Anda sampaikan di surat kabar X sangat hebat!”… Maka orang yang ditemuinya selalu merasa diperhatikan, terlebih lagi akan kagum akan cepatnya informasi yang didapatkannya dan ingatannya yang tajam, orang seperti ini tentu sangat dihargai oleh banyak orang, pekerjaannya dengan sendirinya pun menjadi lancar!

Layanan penuh perhatian raih hati pelanggan
Hotel Oriental di Thailand selalu ramai pengunjung, padahal hotel itu tidak semewah hotel lain, juga tidak memiliki perlengkapan yang canggih. Mengapa Hotel Oriental begitu sukses?

Seorang pengusaha berbagi pengalamannya di situs blognya. Pengusaha ini harus sering ke Thailand karena kebutuhan bisnisnya, pertama kali menginap di Hotel Oriental dan merasa cukup puas, ia kembali menginap di hotel itu pada kunjungan keduanya. Pagi itu, saat ia keluar dari kamar menuju restoran, pelayan di lantai itu bertanya dengan hormat padanya, “Tuan Wang hendak sarapan ya?”

Pengusaha itu balik bertanya dengan heran, “Bagaimana kau tahu saya bermarga Wang?” Pelayan menjawab, “Hotel kami ada ketentuan, kami harus bisa menghafalkan semua nama-nama tamu setiap malam.” Ia sangat terkejut.

Saat pengusaha bermarga Wang ini memasuki restoran, pelayan wanita di restoran tersenyum padanya dan bertanya, “Tuan Wang, mau duduk di tempat biasa?” 


Wang kembali terkejut, kunjungan pertamanya adalah setahun yang lalu, apakah pelayan itu memiliki ingatan yang sedemikian tajam? Atau dia hanya salah mengenali orang? 

Melihatnya terkejut, pelayan wanita itu berinisiatif menjelaskan, “Saya baru saja memeriksa komputer, 8 Juni tahun lalu Anda sarapan di sini dan duduk di kursi di jendela nomor dua itu.” 

Pengusaha Wang pun menjawab dengan gembira, “Ya, tempat biasa! Tempat biasa!” 

Pelayan wanita bertanya lagi, “Apakah menu biasa, satu sandwich, secangkir kopi, dan sebutir telur ayam?” Dan kali ini Tuan Wang tidak lagi terkejut.

Saat bersantap, restoran memberikan sepiring sayuran pada Tuan Wang. Karena baru pertama kali melihat sayur itu, Tuan Wang bertanya, “Apa ini?” 


Pelayan sengaja mundur 2 langkah kemudian menjawab, “Ini adalah menu khusus restoran kami.” 

Pelayan diharuskan mundur 2 langkah sebelum menjawab dengan tujuan mencegah (semprotan) air liur masuk ke dalam makanan di meja. Layanan yang sangat detail seperti ini sangat jarang ditemui.

Saat ulang tahun, pengusaha Wang juga menerima kartu ucapan selamat ulang tahun dari Hotel Oriental. Karena sangat menyukai hotel ini, ia sering memperkenalkan klien dan teman-temannya untuk menginap di hotel ini.

Seorang filsuf pernah mengatakan, “Hal kecil selamanya adalah akar dari peristiwa besar, hidup matinya setiap pohon kehidupan selalu bisa dicari jawabannya dari akarnya.” Detail menentukan nasib seseorang, menentukan sukses atau gagalnya suatu usaha. Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar