|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 28 Agustus 2011

Memilih Hari Yang Baik

 

Hal yang perlu kita lakukan setiap Tanggal 1 dan 15 Menurut Penanggalan Bulan Lunar.

Kebanyakan orang Tionghua mempercayai hal yang takhyul. Ketika mereka ingin memilih hari untuk perkimpoian, pesta, mengunjungi negara asing, atau meresmikan toko baru, hari ulang tahun, pindah rumah atau lainnya, mereka akan memilih hari yang beruntung atau hari yang baik yang biasanya jatuh pada tanggal 1 atau 15 dari bulan tersebut.




Sebenarnya, hati kita dapat merubah keadaan ini. Dengan sepenuh hati, hanya berdoa "NAMO AMITABHA BUDDHA" maka setiap hari adalah tanggal 1 atau 15, setiap hari adalah hari yang beruntung atau hari yang baik. Kita tidak perlu terikat lagi bahwa hanya tanggal 1 atau 15 adalah hari yang baik.


Kebanyakan manusia menghamburkan / membuang waktu mereka mengurusi semua hal-hal duniawi sampai tua. Berapa banyakkah manusia yang benar-benar perduli untuk berlatih berbuat kebajikan dan menyucikan diri sebelum hari kematian mereka tiba ?

Hari ini adalah hari ke 1 dari bulan. 

Anda kembali telah melewati bulan yang lalu secara sia-sia. Berdoalah kepada "Amitabha Buddha". Seperti halnya anda sedang berusaha untuk menyelamatkan diri sendiri dari suatu kebakaran!

Hari ini adalah hari ke 2 dari bulan. 

Jangan membuang waktu untuk berencana seolah-olah anda dapat hidup selama seribu tahun. Walaupun anda memiliki ratusan dan ribuan hektar tanah. Ketika anda meninggal, ukuran tanah yang menjadi kuburan anda tetap hanya sepanjang 6 kaki (+1,8 meter)!

Hari ini adalah hari ke 3 dari bulan. 

Cobalah merenungkan kekuatan kesucian yang alami dari "Amitabha Buddha". Jika Anda benar-benar mempercayai keberadaannya, maka sangatlah mudah untuk menyeberangi lautan kelahiran dan kematian.!

Hari ini adalah hari ke 4 dari bulan. 

Untuk dapat lahir di alam manusia adalah sulit. Bahkan lebih sulit lagi untuk berjumpa dengan Buddha. Jika anda tidak menyadari tentang keberadaan dari Amitabha Buddha sewaktu Anda dilahirkan sebagai seorang manusia. Maka itu sama halnya seperti meninggalkan gunung permata dengan tangan kosong!

Hari ini adalah hari ke 5 dari bulan. 

Kata "Amitabha" tidak hanya berlaku di masa sekarang atau di masa lalu. Jika kamu tidak lebih cepat berlindung kepadanya selagi anda masih hidup, maka tidak ada gunanya. Anda akan menyesal ketika masa kehidupan anda telah berakhir dan dipanggil oleh Raja Neraka!

Hari ini adalah hari ke 6 dari bulan. 

Hindarilah makan daging dari makhluk hidup. Karena pada masa yang akan datang anda pasti harus mengembalikan semua daging yang telah anda makan dalam jumlah yang lebih banyak. Raja Neraka tidak akan mengampuni perbuatan Anda atau menerima suap dalam bentuk apapun!

Hari ini adalah hari ke 7 dari bulan. 

Selalu berlaku jujur dalam kehidupan anda sehari-hari. Jika anda mencoba untuk menipu. Petugas dari kerajaan kegelapan (neraka) dengan pena besinya tidak akan melepaskan setiap inci dari tindakan/perbuatan anda !

Hari ini adalah hari ke 8 dari bulan. 

Hindarilah tindakan pembunuhan jika anda menyadari keberadaan Amitabha Buddha. Akibat dari membunuh makhluk hidup, Anda juga akan di bunuh pada masa yang akan datang, tanpa terelakkan!

Hari ini adalah hari ke 9 dari bulan. 

Hindarilah minuman keras jika anda ingin terlahir di tanah suci Amitabha Buddha. Jika anda mengajari Bhiksu-Bhiksuni untuk ikut meminum minuman keras. Maka selama 500 kalpa anda akan dilahirkan tanpa kaki dan tangan.

Hari ini adalah hari ke 10 dari bulan. 

Seratus tahun berlalu secepat anak panah yang terlepas dari busur. Jika kamu tidak berdoa kepada Amitabha Buddha di saat anda sehat, maka akan sangat terlambat untuk menyesalinya bila anda sudah sakit !

Hari ini adalah hari ke 11 dari bulan. 

Takdir anda tidak dapat diramalkan dan sama gelapnya seperti cat yang berwarna hitam. Jika anda tidak dapat menentukan pandangan dan tujuan dari kehidupan Anda, kemanakah Anda akan pergi, setelah anda meninggal/kehilangan bentuk badan manusia di masa sekarang ini ?

Hari ini adalah hari ke 12 dari bulan. 

Cobalah untuk tidak menindas makhluk lain ketika anda mempunyai kekuasaan. Pangkat dan kekuasaan itu seperti anak panah yang walaupun dapat melesat sangat cepat dan tinggi di atas langit. Tetapi yakinlah pada akhirnya panah itu akan jatuh ke tanah juga!

Hari ini adalah hari ke 13 dari bulan. 

Cobalah untuk tidak terlibat dalam bentuk kehidupan yang membingungkan / kacau balau. Karena popularitas dan keberuntungan duniawi hanya membuat anda menderita. Cobalah untuk melepas beban ikatan ini, karena tidak ada gunanya anda terikat kepadanya!

Hari ini adalah hari ke 14 dari bulan. 

Cobalah untuk menolong dan memberikan jalan kepada yang lain di dalam kehidupan anda sehari-hari. Seperti cahaya yang tak terbatas dari Amitabha Buddha bersinar menyinari ke segala penjuru dunia, tanpa membedakan apakah itu rumah biasa atau sebuah vihara !

Hari ini adalah hari ke 15 dari bulan. 

Renungkanlah terbenamnya matahari yang bagaikan sebuah drum di angkasa. Dengan mengendalikan tubuh dan pikiran, anda akan bebas untuk datang dan pergi. Ingatlah bahwa surga Sukhavati adalah tanah suci teratai Amitabha Buddha yang bebas dari penderitaan apapun!

Hari ini adalah hari ke 16 dari bulan. 

Hindarilah nafsu berzinah, jika anda menyadari keberadaan Buddha. Ketika cinta dan nafsu di tinggalkan, kelahiran dan kematian akan musnah. Maka anda dapat mengikuti rombongan ke tanah suci Amitabha Buddha !

Hari ini adalah hari ke 17 dari bulan. 

Tidak ada seorangpun di dunia ini yang bebas dari bencana dan penyakit. Tetapi jika anda membunuh babi atau kambing untuk meminta perlindungan dari roh (setan), maka anda sebenarnya sedang meminta lebih banyak lagi penderitaan dan penyakit untuk datang kepadamu !

Hari ini adalah hari ke 18 dari bulan. 

Sadarilah keberadaan Amitabha Buddha dan berdoalah terus kepadanya sampai menjadi kebiasaan sehari-hari dari kehidupan anda. Sampai keadaan pikiran anda hanya mempunyai satu titik/tujuan. Maka akar kelahiran dan kematian yang mengikat anda akan tercabut untuk selama-lamanya!

Hari ini adalah hari ke 19 dari bulan. 

Berkunjunglah kepada orang suci yang pandai memberi nasehat dan carilah orang yang bijaksana. Tetapi jangan pernah sekalipun bergaul dengan orang yang sesat. Karena semua akibat perbuatan anda yang salah akan berputar terus dan terikat di dalam roda kelahiran dan kematian anda!

Hari ini adalah hari ke 20 dari bulan. 

Bahkan orang kaya pun tidak dapat memastikan dapat menjaga hartana untuk selamanya. Jadi ketika anda kaya dan senang, cobalah untuk menolong orang lain. Jangan menunggu sampai anda terlalu miskin dan menyesal mengapa dulunya tidak menolong orang yang lain.!

Hari ini adalah hari ke 21 dari bulan. 

Jangan keras kepala dan tidak mematuhi orang tua anda yang masih hidup. Berusahalah untuk menghormati mereka sama seperti anda menghormati Amitabha Buddha. Tidak ada gunanya anda menangis setelah mereka telah tiada untuk selama-lamanya.!

Hari ini adalah hari ke 22 dari bulan.  

Jangan terlalu membuang waktu rencana bagi anak dan cucu. KArena suatu hari sewaktu Raja Neraka memanggil anda. Walaupun anda memiliki sepuluh anak dan cucu, mereka tidak dapat menolong Anda untuk hal ini. Selalu berdoalah kepada Amitabha Buddha!

Hari ini adalah hari ke 23 dari bulan. 

Jangalah membicarakan kesalahan dan kebenaran dari orang lain. Sebaiknya cobalah untuk mencari pencapaian kesucian dengan berdoa kepada Sang Buddha. Jangan pernah anda menjadi seorang yang penuh dengan harapan hampa dan hanya menjadi penonton tanpa melakukan kebajikan apapun semasa masih hidup!

Hari ini adalah hari ke 24 dari bulan. 

Jangan menjadi orang yang tanpa perduli. Kita harus menguasai pikiran kita. Ketika keterikatan terhadap hal-hal duniawi timbul atau munculnya banyak sekali perwujudan / penjelmaan dari keinginan-keinginan, anda harus segera melepaskannya. Maka hal apapun tidak dapat membelenggu/mengikat anda ataupun menyusahkan pikiran anda !

Hari ini adalah hari ke 25 dari bulan. 

Berdoa terus kepada Buddha dan menyelami ajaran Dharma adalah bagaikan seekor harimau yang bertanduk. Karena pada kehidupan sekarang anda akan menjadi guru dari semua orang. Dan pada kehidupan yang berikutnya anda akan menjadi seorang Buddha!

Hari ini adalah hari ke 26 dari bulan. 

Cobalah untuk memutuskan kebiasaan bersikap terlalu duniawi dan berkonsentrasilah untuk membersihkan pikiran-pikiran anda. Ketika anda benar-benar telah menjalankan Dharma yang telah anda pelajari, saat itulah Anda dapat memberi nasehat kepada yang lain untuk menjalankannya. Dengan demikian petunjuk yang anda berikan itu adalah sama seperti yang di berikan oleh PARA BUDDHA !

Hari ini adalah hari ke 27 dari bulan. 

Jika anda telah membiarkan hari-hari berlalu tanpa memperdulikannya, dan anda selalu menunggu pada hari berikutnya. Bagaimana anda dapat lolos dari hari kematian yang semakin mendekat ?

Hari ini adalah hari ke 28 dari bulan. 

Janganlah pernah menyerah untuk menaklukan pikiranmu. Karena jika kamu benar-benar dapat menguasai pikiranmu dan ingat nama Buddha. Makan anda benar-benar seorang Boddhisatva di alam manusia!

Hari ini adalah hari ke 29 dari bulan. 

Tubuh anda dengan perlahan-lahan terus memburuk hari demi hari. Jika anda tidak perduli dan tidak mencoba sekuat tenaga untuk segera sadar. Bagaimana anda dapat berharap untuk terbebas dari genggaman/hukuman raja neraka ?

Hari ini adalah hari ke 30 dari bulan.

Ini adalah hari terakhir dari satu bulan dan besok menjadi hari baru yang pertama. Jika anda benar-benar berdoa kepada Amitabha Buddha, menyadari ketidakkekalan hidup ini dan tidak terikat pada hal duniawi lagi. Ini berarti anda akan tiba di pantai Buddha melalui kesadaran agung yang di warisi kebijaksanaan anda. 
(By. The Dharma Master Zhong Feng)

1 komentar:
Write komentar
  1. Namo Amithofo
    saya boleh ijin kopas nggak ? sy kasih sumbernya kok nanti

    BalasHapus