|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Selasa, 27 September 2011

Pengobatan Psikologis Cina Kuno

 

Pengobatan psikologis tampaknya menjadi sesuatu hal yang penting dalam masyarakat modern, padahal dalam buku-buku pengobatan kuno juga sudah pernah kasus pengobatan psikologis dicatat. Seperti di dalam kisah berikut ini :
 
Dalam Dinasti Tang adalah seorang dokter tidak dikenal di ibukota Cina memperlakukan seorang wanita yang telah secara tidak sengaja makan cacing. Dia pergi dengan suaminya ke Nanzhong karena mereka percaya bahwa cacing itu masih ada dalam tubuhnya dan menjadi sakit karena kecemasan selama jangka waktu yang panjang. Dia pergi ke banyak dokter, tapi tidak bisa membantunya.

Kemudian mereka datang ke dokter. Dokter bertanya tentang riwayat kesehatan dan segera tahu apa masalah mereka. Dia memilih salah satu perawat terdekatnya dan paling dapat diandalkan lalu mengatakan padanya: "Saya akan meresepkan beberapa herbal yang akan menyebabkan dia muntah dan diare. Anda akan menjadi seorang yang akan mengurus pembersihan muntahnya. Setelah ia muntah, katakan padanya bahwa dia memiliki cacing yang ditemukan di ejecta, tetapi jangan pernah katakan kepadanya bahwa Anda berbohong ". Perawat itu kemudian mengikuti instruksi dari dokter dan kemudian ternyata penyakit wanita tersebut benar-benar menghilang.
 
Kisah lainnya adalah dari dokter Zhao Qing. Seorang remaja yang selalu melihat cermin di depan matanya datang untuk menjumpai dokter Zhao Qing. Zhao Qing mengatur untuk bertemu dengan dia dan berjanji keesokan paginya untuk makan sashimi ( hidangan dengan ikan mentah diiris tipis, sebagian besar tuna ). Hanya dalam waktu singkat anak itu telah datang ke kediaman Zhao Qing, yang sebelumnya sudah mengadakan pertemuan dengan pengunjung lain.
 
Zhao Qing ingin bertemu dengannya segera setelah pengunjung lainnya telah pergi. Setelah beberapa saat, seorang perawatnya meletakkan sebuah botol dengan cuka dan mustard di atas meja selain itu tidak ada makanan lain. Ia menunggu dan menunggu, tapi Zhao Qing tidak datang juga. Dia menunggu dari fajar hingga matahari terbenam tapi masih tidak bertemu dengan Zhao Qing.
 
Anak itu akhirnya menjadi lapar, walau bau cuka dia memutuskan sekali lagi untuk menghirupnya. Lalu ia meminumnya. Dia tiba-tiba merasa sangat ringan dan tidak lagi mengantuk. walau terkejut, ia minum seluruh cuka dalam botol itu. Zhao Qing tahu kapan waktu anak itu telah meminum seluruh isi botol, kemudian pulang ke rumah. Anak itu merasa malu bahwa ia sudah minum botol keseluruhan dan meminta maaf kepada Zhao Qing.
 
Zhao Qing berkata: "Kau makan sashimi terlalu banyak. Karena tidak ada cuka cukup dalam makanan ini, Anda memiliki banyak skuamosa (kulit bersisik dan ikan) di dada Anda sehingga Anda merasa lelah. Oleh karena itu saya telah mempersiapkan cuka untuk Anda dan tidak memberi Anda apa-apa untuk dimakan, sehingga Anda tidak punya pilihan selain minum cuka.

Hal ini telah membuat Anda sehat kembali. Saya telah mengundang Anda untuk makan daging sushi itu hanyalah strategi. Sekarang Anda bisa pulang dan makan malam".  Zhao Qing memiliki strategi yang sama untuk digunakan pada banyak pasiennya..

Tidak ada komentar:
Write komentar