|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Kamis, 18 Desember 2014

Kuai Le Sha Gua (快乐傻瓜蛋) Si Dungu yang Berbahagia

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Alkisah, di sebuah desa hiduplah seorang anak yang selalu berbahagia. Orang-orang memanggilnya dengan sebutan si dungu. Walaupun sang ibu sedang sakit berat, ia tetap dapat pergi ke sekolah dengan perasaan bahagia. Si dungu senantiasa tersenyum kepada teman-temannya.

Suatu hari, ketika sedang berlangsung jam pelajaran olahraga, ia terjatuh, terluka cukup parah. Meskipun luka di kakinya terasa sangat sakit, ketika di rumah, si dungu masih dapat tersenyum kepada kedua orangtuanya.

Belakangan teman-teman si dungu tahu jika ibunya sakit, kedua orangtuanya juga tahu bila ia baru terjatuh. Baik orang tua maupun teman-temannya bertanya kepada si dungu, ”Mengapa engkau tidak pernah risau dan selalu merasa berbahagia?”

Si dungu menjawab, ”Saya berpikir sederhana. Ketika bersekolah, membuang kerisauan ke rumah. Saat di rumah, membuang rasa risau ke sekolah.”

“Bagaimana engkau membuang kerisauan itu?” tanya orang-orang dengan penuh rasa ingin tahu.

”Mengapa tidak dibuang? Kerisauan adalah sebuah batu besar yang berat jika tidak segera dibuang akan menimpa kita dan menyebabkan sulit untuk melangkah.”

“智慧与烦恼好像手心与手背。其实两者都在同一只手上,但手背(烦恼)无法拿东西。若反过来用手心(智慧)则双手万能.”

Zhi hui yu fan nao hao xiang shou xin yu shou bei. Qi shi liang zhe dou zai tong yi zhi shou shang, dan shou be i(fan nao) wu fa na dong xi. Ruo fan guo lai yong shou xin (zhi hui) ze shuang shou wan neng

Kearifan dan kerisauan bagaikan telapak tangan dan punggung tangan. Telapak tangan dan punggung tangan berada pada sebuah tangan yang sama. Dalam diri seseorang juga terdapat kearifan dan kerisauan. Punggung tangan tidak dapat digunakan untuk mengambil barang, sebaliknya telapak tangan memiliki banyak kemampuan. Kerisauan tidak akan menyelesaikan permasalahan, kearifan dapat menemukan jalan keluar masalah. Salam kebajikan (Xie Zheng Ming)

Tidak ada komentar:
Write komentar