|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 08 Februari 2015

5 Langkah Penting Membangun Rasa Percaya Diri

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Jika Anda merasa malu dan tidak yakin untuk  bertemu dengan orang baru maupun  malu berbicara di depan  orang banyak, maka Anda mungkin harus membangun rasa percaya diri. Dengan membangun kembali rasa percaya diri , maka Anda dapat berubah menjadi seseorang yang berkepribadian menarik  dan  menyenangkan.

Berikut ada beberapa cara cerdas yang dapat Anda jadikan pedoman untuk membangun rasa percaya diri, seperti dilansir dari efcohtimes.

1. Evaluasi kelebihan diri Anda

Fokus pada kelebihan yang Anda miliki dan beri lebih banyak perhatian dalam usaha untuk membangun rasa percaya diri. Belajar untuk yakin dan hargai  prestasi yang dicapai serta kemampuan dari diri Anda sendiri.

Ingat kembali semua pencapaian Anda pada masa lalu dan belajar untuk menerimanya dengan sepenuh hati.

Terus pelajari hal yang baru, sehingga Anda tidak akan kehabisan ide / topik untuk dibicarakan.

Berbagai informasi dapat Anda peroleh dari membaca koran , majalah, internet dan lainnya tentang seni, budaya dan tren terbaru.

2. Evaluasi penampilan Anda

Sadari suasana hati yang dapat memengaruhi lingkungan  sekitar Anda. Jika perlu, Anda dapat merubah penampilan dan mengenakan pakaian yang sedang tren / mode terbaru yang dapat membantu Anda merasa nyaman dan percaya diri.

Jaga pola pikir yang positif dan abaikan pikiran yang negatif. Sangat penting jika kita dapat menahan diri agar tidak membuat komentar negatif terhadap diri sendiri.

Bicara dengan nada yang jelas dan santai. Jangan lupa untuk memberi tekanan pada kata-kata yang penting. Perubahan baik dalam volume, ritme, dan nada ucapan dapat membantu Anda membuat pembicaraan  yang lebih menarik.

3. Bahasa tubuh

Perhatikan gerakan dan postur tubuh Anda.

Berdiri atau duduk dalam posisi yang  tegak namun tidak tegang.

Tatap wajah lawan bicara Anda atau orang yang berbicara dengan Anda. Selain itu, hindari sikap seperti orang yang gelisah serta menyilangkan tangan pada kaki Anda.

Cobalah untuk bersikap yang normal, wajar serta tidak berlebihan dan pastikan bahwa gerakan tubuh Anda alami serta sesuai dengan topik pembicaraan.

Lakukan kontak mata dan sesekali sedikit mengangguk kepala sebagai tanda bahwa Anda benar-benar memperhatikan topik yang sedang disampaikan  oleh lawan bicara Anda.

4. Ekspresi wajah
Ekspresi wajah yang santai juga positif adalah perlu untuk membangun rasa percaya diri Anda.

Kuncinya adalah memberikan senyuman yang tulus dan alami.

Berikan isyarat halus pada seseorang yang berdiri dari kejauhan dengan anggukan lembut dan senyuman yang cepat.

Jaga dan tahan ekspresi wajah yang marah, dingin dan tidak menyenangkan bagi orang lain.

5. Pujian

Jangan takut akan diri Anda. Jika seseorang memberi pujian, Anda tidak perlu merasa malu dan belajar lah untuk menerimanya dengan wajar.

Katakanlah 'terima kasih' dan berikan pujian yang tulus sebagai imbalan. Temukan hal positif dari orang lain dan belajar memberikan pujian balasan.

Anda jangan takut untuk bertanya atau membuat komentar tentang sesuatu yang menarik tentang orang lain, misalnya: "Itu gaun yang indah. Saya baru saja membeli rok yang dibuat dengan bahan yang sama juga warna yang sama. Saya menyukai desain tersebut.”

Rasa percaya diri dapat membuat seseorang terlihat menarik juga menyenangkan. Umumnya hal ini diyakini sebagai bakat bawaan lahir, namun sebenarnya hanya  berupa ketrampilan saja sehingga dapat dikembangkan  dengan sedikit berlatih. Berpikiran  yang positif  juga selalu tersenyum tulus dan alami  karena senyuman Anda  selalu dapat memberikan kebahagiaan dan keceriaan bagi orang di sekitar Anda. Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar