|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Selasa, 20 Maret 2012

Kisah Titian Sungai

 

Pada suatu hari, seluruh penduduk desa sedang berkumpul mereka sedang bergotong royong hendak mendirikan sebuah titian di atas sungai, karena keadaan diantara kedua sisi sungai mempunyai tebing yang agak curam, arus dialiran sungai ini sangat deras.

Semua orang bergotong royong bermaksud mengangkat sebuah kayu besar, ada sebagian orang yang ditugaskan memanjat turun ke tebing turun ke sungai berenang menyeberangi sungai kemudian memanjat naik ke atas tebing diseberang sungai sambil memegang tali yang terikat ke kayu besar, kemudian dengan bersamaan orang-orang yang berada dikedua tebing menarik kayu tersebut naik ke atas, maka akan terciptalah sebuah titian yang dapat dilewati orang.

Tetapi arus sungai sangat deras, beberapa orang tidak dapat bertahan mereka dihanyutkan oleh arus deras, beberapa orang yang melihat keadaan teman-teman mereka terhanyut mundur, tidak berani menyeberang lagi, kayu tersebut hampir terhanyut, kelihatannya titian tersebut sudah tidak mungkin bisa berdiri. 

Pada saat itu diantara penduduk ada seseorang yang mempunyai nyali yang besar dan tenaga yang kuat. Dia tetap mempertahankan tali yang dipegangnya dan dengan sekuat tenaga melawan arus untuk berusaha menarik kayu tersebut naik keatas tebing diseberang sungai, akhirnya dia berhasil menarik kayu tersebut naik, maka terciptalah sebuah titian.

Oleh karena jasanya sangat besar, sehingga semua penduduk desa sangat mengagumi dan memujanya. Semua penduduk desa merayakan keberhasilannya, mereka membawa arak, seekor kambing yang dijadikan kambing guling unyuk merayakan keberhasilannya membuat titi. Mereka juga menyuruh seorang pemahat dan memahatkan namanya diatas tebing batu disisi titi tersebut. Semua penduduk melakukan hal ini dengan tulus hati. Mereka semua dengan setulus hati berterima kasih, menghormati dan menyayangi dia. 

Tetapi sejak peristiwa tersebut, orang itu berubah menjadi angkuh, menganggap dirinya sangat hebat sehingga selalu melakukan hal-hal yang merugikan penduduk desa. Pada permulaan, penduduk desa masih bisa bersabar terhadapnya. Tetapi pada suatu hari, dengan sombong dan lagak dia berkata kepada semua penduduk desa, “Jika tidak ada saya, kalian semua sama sekali tidak bisa mendirikan titian ini! Sekarang, kalian semua lihat ya saya akan membuang titian ini ke dalam sungai, saya mau lihat apa yang bisa kalian lakukan?”

Semua penduduk desa menganggapnya hanya bercanda, tetapi ternyata dia benar-benar membuang titian itu kedalam sungai. Melihat kelakuannya, penduduk desa tidak bisa bersabar lagi. Mereka menghapus ukiran namanya yang ada ditebing batu. Pada hari itu juga penduduk desa bergotong royong mendirikan sebuah titian yang baru lagi.

Pesan Moral : Berjasa membantu masyarakat, pasti masyarakat akan menghormatinya. Tetapi jangan karena berjasa lalu memandang remeh  terhadap orang lain, melakukan banyak hal yang merugikan masyarakat tentu saja masyarakat juga tidak akan menghormati dia lagi.

Tidak ada komentar:
Write komentar