|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Rabu, 30 Juli 2014

Perdana Menteri yang Suka Makan Ikan

 


KEBAJIKAN (De 德) -  Perdana menteri dari kerajaan Lu yang bernama Kung Sun Ie sangat suka makan ikan. Rakyat yang mengetahui dia suka makan ikan, beramai-ramai membeli ikan mempersembahkan kepadanya. Tetapi, Kung Sun Ie sama sekali tidak mau menerima dengan sopan menolak dan berterima kasih kepada mereka.

Adiknya sangat heran melihat perbuatannya, bertanya kepadanya, "Sebenarnya engkau suka makan ikan, kenapa tidak menerima ikan pemberian dari rakyat?"

Kung Sun Ie menjawab, "Oleh karena saya suka makan ikan, maka saya tidak bisa menerima pemberian mereka.

Adiknya tidak mengerti maksudnya, dengan menggeleng-geleng kepalanya bertanya, "Saya tidak mengerti maksudmu..."

Kung Sun Ie dengan tersenyum menjelaskan kepada adiknya, "Jika saya menerima ikan persembahan dari rakyat, maka saya berhutang budi kepada mereka. Berhutang budi maka suatu saat saya akan memutarbalikan hukum. Pada saat saya memutarbalikkan hukum, maka saya akan di pecat. 


Pada saat itu saya suka makan ikan, tidak akan ada orang yang akan memberikan. Jika saya sendiri ingin membeli juga tidak sanggup. Sebaliknya, jika saya tidak menerima pemberian mereka, tidak saja bisa mempertahankan jabatan saya sebagai perdana menteri juga bisa kapan saja membeli dan memakan ikan kesukaan saya!"  Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar