|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Jumat, 18 Maret 2011

Standar Moral Kebajikan Tradisional ( Chuan tǒng mei de 传统 美德 )

 

Tiongkok telah menciptakan sejarah dan kebudayaan yang cemerlang untuk membentuk standar moral mereka sendiri, yang telah memainkan peranan penting dalam pembangunan sosial dan kemajuan peradaban hidup manusia.

Inilah yang kita sebut Kebajikan Tradisional (Chuan tǒng mei de 传统 美德) yang masih memiliki makna yang besar sampai hari ini.
 
Nilai kebajikan tradisional bagi pengembangan peradaban manusia sekarang diakui secara luas. Kebaikan (ren 仁), keadilan (yi 义), kesopanan (Lǐ 礼), kebijaksanaan (Zhi 智) dan kepercayaan (xin 信) adalah yang paling penting dalam kebajikan kehidupan Tiongkok.

Kebaikan


Kebaikan adalah yang pertama dan paling penting. Hal ini memanifestasikan dirinya dalam pemikiran yang mendalam tentang cinta dan kasih sayang bagi orang-orang dan dalam menghindari bahaya atau iri hati terhadap siapa pun.

Tuntutan perilaku dalam hal kebajikan, yang satu harus ramah, tidak bertengkar dengan orang lain atau melakukan perbuatan jahat. Untuk mengkultivasi hati seseorang menuju kebajikan: Apa yang tidak diinginkan untuk diri sendiri, maka jangan lakukan itu kepada orang lain, apa yang diinginkan untuk diri sendiri, maka kita harus bersedia untuk memberikan kepada lain.

Kebaikan, adalah berdasarkan keharmonisan dengan orang lain, dihasilkan melalui praktek beretika yang tumbuh melalui identifikasi minat diri dan lainnya.

Singkatnya, sebagai orang tua bagaimana seharusnya memperlakukan anak-anak mereka, orang yang murah hati tanpa pandang bulu berupaya untuk membantu orang lain, seseorang bahkan secara mantap meletakkan hidupnya untuk mencapai tujuan ini, tanpa dipikirkan tak terasa segalanya telah terselesaikan.


Contoh : 
Lebih dari 2.000 tahun yang lalu, Han Xin (Han Xin 韩信), yang kemudian menjadi seorang jenderal Dinasti Han (Han Chao 汉朝), sebegitu miskinnya sehingga makanpun ia tidak mampu. Suatu hari, seorang wanita tua mencuci pakaian di tepi sungai menawarkan makanan.

Han Xin sangat berterima kasih dan mengatakan bahwa ia akan membalas kebaikannya di masa depan. Wanita tua itu berkata, "Saya memberikan anda makanan bukan untuk mengharapkan imbalan dari Anda." Wanita tua itu bahkan tidak memberitahu Han Xin namanya, selanjutnya kebajikannya itu telah menjadi sesuatu yang diwarisan dalam membantu orang lain dari generasi ke generasi.

Ketika Fan Zhongyan (Fan Zhong Yan 范仲淹) dari Dinasti Song (宋朝 Song Chao) (960-1279 M) adalah seorang pejabat setempat, salah seorang anak buahnya meninggal karena sakit dan meninggalkan seorang istri yang masih muda dan dua orang anak.

Fan Zhongyan memberi bantuan keuangan kepada mereka. Didorong oleh Fan, pejabat lainnya juga menunjukkan kemurahan hati mereka. tindakan mereka dalam membantu mereka yang dalam kesulitan memiliki pengaruh positif terhadap keturunan Fan Zhongyan. Anaknya, Fan Yaofu (fu yao fan 范耀福), mewarisi kebajikan ini dan selalu membantu orang lain. 


Keadilan

 

Keadilan berlawanan dengan cara berpikir dan bertindak hanya untuk kebaikan dari sudut pandang diri sendiri. Keadilan menuntut tindakan rasional, menahan diri dari segala godaan dan ulet dalam menjalankan suatu tugas. Selalu menjaga integritas seseorang segalanya berada diatas kebenaran yang lurus.


Contoh: 
Bao Zheng (Bao Zheng 包拯), (di Indonesia terkenal sebagai Judge Bao/Hakim Pao) adalah seorang pejabat yang banyak dipuji, menjabat pada masa pemerintahan Kaisar Renzong Song (Song Ren Zong 宋仁宗) di Tiongkok. Bao adalah sosok berbudaya yang sangat dihormati dalam sejarah Cina, dan saat ini dijadikan sebagai simbol keadilan di Cina.

Ia terkenal karena sikapnya yang tanpa kompromi terhadap korupsi di antara para pejabat pemerintah pada saat itu. Dia menjunjung keadilan dan menolak untuk menyerah pada kekuasaan yang lebih tinggi termasuk "raja sang ayah mertua -" (Guo 国 丈 zhang) dan Perdana Menteri. Karena rasa keadilan yang kuat, dia sangat populer di Tiongkok, terutama di kalangan petani dan kaum miskin.

Ada banyak legenda dan kisah-kisah tentang Bao dan kecerdasannya baik sebagai detektif maupun hakim. Beberapa contoh yang terkenal antara lain :

1. Cerita tentang Bao mengeksekusi Chen Simei (Chen shi mei 陈世美), yang meninggalkan istri sebelumnya (dan kemudian mencoba membunuhnya) agar supaya mendapatkan ijin menikah lagi. 


2. Kisah perkomplotan untuk memojokkan selir dengan menukar anaknya (putra mahkota yang baru lahir) dengan musang, di mana Bao menyamar sebagai Raja Neraka Yan Luo (Luo Yan wang 阎罗 王) untuk mengerjai Guo Huai (Guo Huai 郭槐). Guo akhirnya mengaku ketika ia berpikir bahwa dirinya berada di neraka. 


Kesopanan 

 

Kesopanan termasuk kesetiaan, berbakti kepada orangtua, rasa persaudaraan, kesucian, rasa hormat, dll. Berasal dari tatacara pengorbanan kuno, kesopanan, dalam pengertian umum berarti norma-norma perilaku yang memelihara hirarki. Dalam masyarakat kuno, selain hubungan raja dan warganegara, ada juga hubungan ayah dan anak, suami dan istri, yang tua dan muda, guru dan siswa, dan lain-lain.

Hubungan ini berbeda tetapi semua saling menghormati kepentingan dan rendah hati kepada orang lain. Namun semangat kesetaraan merupakan prasyarat penting dari kesopanan, terutama dalam hubungan dengan orang asing. 


Contoh : 
Cerita tentang "Mencicipi obat cair untuk Ibu" memberitahu kita kebajikan berbakti Han Wendi wen (han wen di 汉 文帝) dari Dinasti Han Barat (xi han 西汉). Ibunya telah sakit selama tiga tahun. Dia sering tidur di samping tempat tidur ibunya dan merawatnya siang dan malam.

Dia mencicipi obat cair terlebih dahulu sebelum memberikan padanya. orang Tiongkok minum obat herbal (yao 中药 Zhong) yang diresepkan oleh dokter Tiongkok (Zhong yi 中医). Tanaman herbal direbus dengan air untuk membuat obat cair. Sebelum memberikan obat tersebut kepada ibunya, Han Wendi pertama mencicipinya untuk memastikan obatnya tidak terlalu panas atau terlalu pahit.

Ada banyak kata-kata yang menunjukkan rasa hormat terhadap guru, misalnya, "seorang guru sehari adalah ayah untuk seumur hidup". Untuk waktu yang lama, posisi guru sangat dihormati oleh masyarakat dan kaisar. Dalam kuil Konfusius (kǒng miao孔庙) di Beijing, banyak kaisar pada dinasti Qing (Qing Chao 清朝) telah menulis prasasti untuk menunjukkan penghargaan mereka kepada Master Konfusius (kǒng zǐ 孔子).

Di Tiongkok penghargaan terhadap guru ditampilkan dalam setiap aspek kehidupan sosial. Guru selalu disebut Tuan atau penasehat (Xian Sheng 先生). Saat ini, Sepuluh September diperingati sebagai Hari Guru '(Jiao shi jie 教师 节).


Kebijaksanaan 


 

Kebijaksanaan adalah pengetahuan bawaan untuk menilai yang benar dan salah, baik dan jahat. Hal ini diperlukan dalam praktek norma-norma moral, sebaliknya seseorang tidak bisa menjadi orang baik yang mengutamakan orang lain, karena tanpa kebijaksanaan,seseorang tidak akan memiliki rasa etika, atau keterampilan sosial, atau bahkan akal sehat yang dibutuhkan untuk membimbing kebajikan yang lainnya.


Contoh: 
Kebijaksanaan dan pencapaian dari Zhuge Liang (Zhu Ge Liang 诸葛亮) yang terkenal dengan Kisah Tiga Negara (演义 san Guo yi yǎn 三国) berhubungan dengan Luo Guanzhong (Luo Guan Zhong 罗贯中) lebih dari satu milenium setelah berakhirnya Zaman Tiga Kerajaan. Kisah ini menggabungkan cerita rakyat populer, sejarah palsu, dan skrip opera ke dalam karakter Zhuge Liang, mengubahnya menjadi suatu perwujudan dari kecerdasannya sendiri.

Sebelum Pertempuran Jurang Merah( chi bi Zhi Zhan 赤壁 之 战), Zhuge Liang pergi mengunjungi kamp Wu (wu jun 吴军) untuk membantu strategi Zhou Yu Wu (Zhou Yu 周瑜). Zhou Yu melihat Zhuge Liang sebagai ancaman bagi Wu Timur (dōng 东吴 wu) dan juga merasa irihati pada bakat Zhuge Liang. Oleh karena itu, ia menugaskan Zhuge Liang untuk membuat 100.000 anak panah dalam sepuluh hari atau jika gagal dia akan menghadapi eksekusi.

Zhuge Liang, bagaimanapun ia berjanji akan menyelesaikan tugas yang tampaknya tidak mungkin itu dalam tiga hari. Dia meminta 20 kapal besar, masing-masing berawak dengan orang-orangan dari jerami dan beberapa prajurit.

Sebelum subuh, Zhuge Liang memerintahkan pasukannya untuk membunyikan genderang perang dan memerintahkan mereka untuk berteriak, untuk meniru suara gaduh serangan. Zhuge Liang duduk dengan Lu Su (su lǔ 鲁肃) dalam salah satu perahu sambil minum anggur. Para prajurit Wei, tidak bisa melihat dalam kabut, menembakkan banyak anak panah pada arah suara gendering perang. Orang-orangan dari jerami segera penuh dengan anak panah, dan Zhuge Liang kembali ke Wu setelah memenuhi janjinya. 


Kepercayaan

 

Kepercayaan adalah kejujuran. Ini berarti bahwa, secara eksternal, perbuatan seseorang sesuai dengan kata-katanya, dan bahwa kata-kata dari dalam dan pikiran seseorang adalah sesuai. Kepercayaan adalah kunci kesempurnaan sifat manusia. Ini adalah dasar dari kebajikan lainnya tanpa kehilangan keaslian mereka, maka mereka tidak dapat dipisahkan.

Contoh : 
Konfusius mengajar murid-muridnya untuk bersikap jujur dan dapat dipercaya. Dalam pelajaran, jika Anda tahu, anda katakan tahu, jika Anda tidak tahu, anda katakan tidak tahu. Dia berpikir bahwa itu adalah sikap yang benar dalam belajar. Pada akhir Dinasti Qin (Qín Chao秦朝) (221-207 SM), seorang pria bernama Ji Bu (Ji bu 季 布) selalu menepati janjinya.

Orang sering mengatakan bahwa “Sebuah janji bernilai seribu keping emas" (yi nuò qiān jin 一诺千金). Kemudian, ketika Ji Bu bertemu dengan bencana, ia bisa meloloskan diri karena bantuan dari teman-temannya. Oleh karena itu, seseorang yang bisa menepati janjinya, secara alami dia akan mendapatkan rasa hormat dan perhatian dari orang-orang.

Pada zaman dahulu, pintu toko-toko Tiongkok memiliki prasasti "Kualitas barang terjamin dan harga yang wajar untuk semua pelanggan". Hal ini menunjukkan bahwa sejak zaman kuno Cina menganjurkan etika perdagangan yang adil, jujur terhadap pelanggan, tidak ada penipuan dan tidak ada pemalsuan.

Singkatnya, bahkan dalam masyarakat modern, 5 kebajikan ini memiliki makna yang mendalam. Meskipun negara modern ini diatur oleh hukum, hukum hanya menahan orang, itu tidak dapat mengajar orang, terutama tidak dapat menyempurnakan pikiran seseorang. Oleh karena itu, Lima Kebajikan dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam hukum.

Tidak ada komentar:
Write komentar