|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Selasa, 05 April 2011

Orang Bijak Yang Berhati Hambar Bagaikan Air

 

Kekayaan materi di dunia ini sangatlah terbatas. Namun keinginan manusia untuk memiliki kekayaan materi tidak terbatas. 

Walaupun semua orang awam mengetahui kebenaran dari kata- kata orang bijak.
 
Bahwa setiap manusia yang selalu merasa puas maka akan selalu bahagia, akan tetapi orang bijak yang berhati hambar bagai air masih sangat sedikit. Seseorang jika ingin hidup bahagia dengan wajar dan bebas, menghambarkan keinginan dirinya sendiri adalah merupakan suatu kebijaksanaan yang mutlak dimiliki.

Alkisah, pada jaman dahulu kala ada seorang dewa yang turun untuk berjalan jalan ke dunia fana ini.Kebetulan ia bertemu dengan seorang manusia yang juga sedang berjalan kaki, lalu ia berjalan bersama dengan manusia ini.

Setelah berjalan beberapa saat lamanya, di tengah perjalanan manusia ini mendadak merasa haus. Dia tidak tahu bahwa teman seperjalanannya ini adalah seorang dewa, hanya terlihat di pinggangnya tergantung sebuah labu ( jaman dulu labu dikosongkan isinya lalu dikeringkan dan dijadikan sebagai tempat mengisi air ).

Lalu dia pun bertanya, " di dalam labu Anda ini apakah berisi air "? Dewa itu kemudian melepaskan labu itu dari pinggangnya sambil menjawab, " Tentu saja labu ini terisi penuh dengan air, minumlah jika Anda merasa haus ".

Manusia biasa tersebut setelah minum air dari dalam labu, tidak hanya sudah merasa tidak haus lagi, tapi juga merasakan dirinya penuh dengan vitalitas. Keletihan dalam perjalanan serasa hilang semuanya. Sesaat kemudian, manusia biasa tersebut mendadak mendapatkan ide yang fantastis, dia melihat labu itu dan berkata, Jika dalam labu Anda ini berisi arak, alangkah baiknya.

Dewa itu pun tertawa dan berkata kepadanya sambil menggoyang-goyangkan labu itu, Di dalam labu ini adalah arak ! Jika Anda ingin minum, minumlah ! Manusia biasa itu dengan setengah percaya menerima labu itu dan setelah diminumnya, dia mendapati bahwa air yang tadi ada di dalam labu itu telah berubah menjadi arak yang wangi dan murni.

Manusia biasa itu sangat takjub, di dalam hati dia berpikir, saya pasti telah bertemu dengan dewa. Jika tidak, mana mungkin bisa mendapatkan apa saja yang diinginkan ? Manusia biasa itu merasakan bahwa kesempatan ini tidak boleh disia-siakan begitu saja, seharusnya permintaan dirinya itu ditingkatkan lebih tinggi dan lebih banyak lagi. Dia lalu berkata lagi kepada sang dewa, Alangkah baiknya jika di dalam labu Anda ini jika diisi pil dewa yang bisa membuat manusia panjang umur. 

Setelah mendengar perkataan manusia biasa itu, sang dewa tertawa sambil membuka tutup labu itu. Manusia biasa mengira sang dewa akan mengeluarkan pil dewa dan memasukkannya ke dalam mulutnya, maka dia menanti dengan membuka mulutnya lebar- lebar. Tidak disangka, sang dewa tidak mengeluarkan apa pun, ia hanya menggoyang-goyangkan labunya itu lalu menghilang tanpa bekas.

Seperti kata pepatah bijak, "Orang yang tamak selalu ingin mendapatkan semuanya, tapi akhirnya akan kehilangan kesemuanya."

Orang yang serakah tak kenal puas dan tidak mengetahui cara untuk mengendalikan keinginannya, selalu mengejar dengan membabi buta, akhirnya pasti akan memperhatikan yang satu tetapi melalaikan yang lainnya.

Orang bijak yang berhati hambar bagai air pasti mengerti prinsip Tanpa memohon, dengan sendirinya akan mendapatkan dengan mudah dan santainya mewujudkan lebih banyak lagi dari yang diharapkannya.

Tidak ada komentar:
Write komentar