Apakah sifat manusia itu baik atau buruk telah menjadi salah satu masalah yang paling kontroversial dalam filsafat Cina. Mencius berpendapat bahwa sifat manusia adalah baik, tetapi ia tidak berarti bahwa setiap orang lahir bijak.
Dia mengakui, untuk memastikan, bahwa ada juga unsur-unsur lain, yang tidak baik atau buruk dalam diri mereka sendiri, tetapi yang, jika tidak sepatutnya dikendalikan, dapat menyebabkan kejahatan.
Menurut Mencius, bagaimanapun, ini adalah elemen yang sahamnya orang yang sama dengan makhluk hidup lainnya.
Mereka mewakili "hewan" aspek hidup manusia, dan karena itu, tegasnya, tidak boleh dianggap sebagai bagian dari alam "manusia".
Mencius mengatakan, "Perasaan menyesal adalah awal dari hati manusia Rasa malu dan tidak suka adalah awal dari kebenaran Rasa kesopanan dan menghasilkan adalah awal kesopanan Rasa benar dan salah adalah awal dari... kebijaksanaan. "
Semua orang di alam asli mereka memiliki ini "empat awal", yang jika berkembang penuh, menjadi empat "kebajikan konstan", sehingga sangat ditekankan dalam Konfusianisme. Keempat awal membedakan manusia dari binatang. Mereka harus mengembangkan, oleh karena itu, karena hanya melalui pembangunan mereka bahwa manusia adalah benar-benar "manusia".
Dia mengakui, untuk memastikan, bahwa ada juga unsur-unsur lain, yang tidak baik atau buruk dalam diri mereka sendiri, tetapi yang, jika tidak sepatutnya dikendalikan, dapat menyebabkan kejahatan.
Menurut Mencius, bagaimanapun, ini adalah elemen yang sahamnya orang yang sama dengan makhluk hidup lainnya.
Mereka mewakili "hewan" aspek hidup manusia, dan karena itu, tegasnya, tidak boleh dianggap sebagai bagian dari alam "manusia".
Mencius mengatakan, "Perasaan menyesal adalah awal dari hati manusia Rasa malu dan tidak suka adalah awal dari kebenaran Rasa kesopanan dan menghasilkan adalah awal kesopanan Rasa benar dan salah adalah awal dari... kebijaksanaan. "
Semua orang di alam asli mereka memiliki ini "empat awal", yang jika berkembang penuh, menjadi empat "kebajikan konstan", sehingga sangat ditekankan dalam Konfusianisme. Keempat awal membedakan manusia dari binatang. Mereka harus mengembangkan, oleh karena itu, karena hanya melalui pembangunan mereka bahwa manusia adalah benar-benar "manusia".
Tidak ada komentar:
Write komentar