|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Rabu, 01 Juni 2011

Seorang Kultivator Buddha, Kebajikan Mr. Wang

 

Suatu waktu di China kuno, ada seorang pria yang bernama Wang. Dia adalah seorang yang baik hati, antusias dalam membantu orang dan setia dalam praktek budidaya Buddha. Dia dikenal sebagai Kebajikan Mr.Wang." Suatu hari, Kebajikan Mr.Wang pergi ke sebuah biara Buddha dan meminta petunjuk dan ramalan untuk mengetahui kapan dia bisa mencapai penyempurnaan. Kemudian seorang bhikkhu berkata kepadanya, "Anda harus memberikan penghormatan Anda pada Buddha setiap hari dengan cara membakar dupa kepada Buddha setiap hari.

Ketika Anda telah mengumpulkan sembilan kuali besar abu dari dupa yang dibakar, barulah Anda dapat membawa abunya ke Barat untuk menjumpai Buddha. Kemudian anda pasti akan mencapai penyempurnaan. "
Setelah ia kembali kerumahnya, Kebajikan Mr.Wang pun mengikuti kata-kata biarawan itu dan dengan tulus membakarkan dupa untuk Buddha setiap hari. Akhirnya, ia mengumpulkan sembilan kuali besar abu setelah beberapa tahun. Lalu ia membeli seekor keledai untuk memulai perjalanan. Keledai itu membawa sebagian besar abu pada bagian belakangnya dan Kebajikan Mr Wang harus membawa sisa abu di punggungnya.

Pada hari pertama, Kebajikan Mr.Wang merasa haus setelah berjalan hari itu. Karena hari sudah mulai gelap, dia pun mulai mencari penginapan untuk menghabiskan malam.  Ketika itu seorang pria tua tiba-tiba muncul di jalan arah ke barat. Orang tua itu pun menghentikannya dan bertanya, "Anda berasal dari mana? Siapa nama Anda? Mengapa keledai dan Anda membawa karung berat pada punggung Anda "Kebajikan Wang menjawab semua pertanyaan nya?. Kemudian pria tua mengatakan kepadanya, "Bagus. Kita bisa bepergian menuju arah yang sama. Kita bertemu karena telah ditakdirkan.

Aku benci untuk memaksakan, tapi saya ingin tahu apakah kau bisa berbaik hati membantu saya ? Kebajikan Mr.Wang kemudian menjawab, apa yang bisa saya lakukan untuk membantu anda". Orang tua itu berkata, "Saya telah berjalan sepanjang hari dan aku tidak bisa teruskan lagi. Bisakah saya minta tolong untuk duduk di punggung keledai Anda ? "Kebajikan Wang ragu-ragu sebentar, tetapi ia berpikir," Aku harus mengakumulasi kebajikan saya dengan melakukan perbuatan amal. Bagaimana saya tidak bisa membantu orang tua "Dia kemudian memindahkan setengah abu dari belakang keledai untuk memberikan ruang bagi orang tua dan membawa sebagian abu di punggungnya sendiri. Maka orang tua itu naik diatas keledai dan mereka berdua mulai bepergian bersama-sama.
 
Setelah berada di punggung keledai, orang tua itu tampaknya merasa lebih baik. Dia bertanya pada Kebajikan Mr.Wang lagi, "Oh, di mana kau bilang tadi kau akan pergi? Aku sudah tua dan pikun. Saya tidak ingat apa-apa, "Kebajikan Wang dengan sabar berkata kepadanya," Aku akan ke Barat untuk memberikan penghormatan saya kepada Sang Buddha Hidup dan menunjukkan ketulusan kultivasi saya dalam Buddhisme!," Oh, kalau begitu sekarang saya mengerti. Setelah hari gelap mereka mencari sebuah penginapan.

Kebajikan Mr.Wang mulai berpikir untuk dirinya sendiri," Sekarang keledai yang membawa seorang pria tua di punggungnya, keledai tidak akan bisa berjalan lebih jauh dan perlahan-lahan akan menjadi cepat lelah. Kapan saya pernah bisa bertemu Buddha ? Ini tidak akan dilakukan. Saya harus cepat bangun dan pergi lebih awal tanpa orang tua tadi. Aku harus menyingkirkan bagasinya. "
 
Kebajikan Mr.Wang dengan tenang pergi bersama keledainya pada waktu fajar. Ketika ia baru sampai di pintu masuk desa, ia sudah melihat pria tua itu menunggunya di sisi jalan. Orang tua itu menghentikan dan memanggilnya, "Hei...! Kebajikan Mr.Wang....! Apa yang terjadi dengan Anda? Aku pikir kau orang baik hati. Kita ditakdirkan untuk melakukan perjalanan bersama-sama. Bagaimana perjalanan Anda bisa meninggalkan pasangan Anda dan pergi tanpa pamit ? Untungnya saya bangun pagi dan bisa bertemu dengan Anda. Ayo.. Ayo.. Biarkan aku naik  ke keledai Anda."Kebajikan Wang pun tidak bisa berbuat apa-apa untuk menolak orang tua itu !, Sehingga ia tidak punya pilihan lain selain untuk memindahkan separuh dari abu dari keledai itu dan membawa separuhnya di punggungnya, sehingga pria tua bisa menaiki keledainya.
 
Di perjalanan orang tua bertanya lagi, "Yah! Saya memang udah tua! Aku lupa semuanya! Aku ingat menanyakan Anda pertanyaan ini kemarin, tapi hari ini saya benar-benar lupa apa yang Anda katakan. Mengapa Anda pergi ke Barat". Kebajikan Mr Wang sepertinya sudah kehabisan kesabarannya. Dia menjawab dengan ketus, "Untuk memenuhi Buddha." Setelah beberapa saat, pria tua bertanya lagi, "Oh, aku ingat kamu adalah Kebajikan Mr Wang, tapi aku tidak bisa mengingat mengapa Anda akan Barat.
Bisakah kau menceritakannya lagi? "Maka amarah Kebajikan Mr Wang hampir meledak, namun ia memutuskan bahwa ia tidak harus mengamuk pada orang tua ini, jadi dia menekan kemarahannya dan menjawab pertanyaan orang tua itu lagi .
 
Selama mereka berjalan dari fajar hingga senja, orang tua itu telah menanyakan seribu kali pertanyaan yang sama pada Kebajikan Mr.Wang. Amarah Kebajikan Mr.Wang sudah siap meledak pada senja hari itu. Akhirnya ia pun bisa menahan amarahnya dan bertahan satu hari. Mereka kemudian menemukan sebuah pondok untuk makan malam dan tempat tidur. Kebajikan Mr.Wang berpikir, "Kali ini saya harus bangun dan pergi lebih awal lagi untuk menyingkirkan orang tua yang cuma membawa masalah saja" Dipersiapkannya keledai dengan jerami dan air. Dia menunggu sampai hampir tengah malam dan kemudian pergi di tengah malam dengan keledainya juga karung besar abunya.
 
Tidak akan pernah ia berharap untuk melihat orang tua itu lagi ketika ia sampai di perbatasan desa. Tapi orang tua itu tetap muncul dan memanggilnya, "Kebajikan Mr.Wang.. ! Kebajikan Wang....! Anda disebut Kebajikan Mr Wang, tapi kenapa kau tidak melakukan perbuatan kebajikan? Anda dan saya bepergian bersama-sama ke Barat. Saya seorang pria tua yang tidak bisa berjalan cepat. Mengapa Anda meninggalkan hati nurani Anda dan pergi tanpa memberitahu aku? Anda melepas sebelumnya dan sebelumnya setiap hari. Bagaimana Anda memiliki hati yang tega untuk meninggalkan aku? "
 
Kebajikan Mr.Wang tidak punya pilihan lain, selain untuk menekan marah dan menurunkan setengah karung abu dari keledai untuk memberikan ruang duduk bagi orang tua. Dalam beberapa menit, pria tua bertanya lagi, "The Kebajikan Mr Wang, Anda telah melakukan perjalanan siang dan malam. Mau kemana Anda akan pergi? Mengapa kau terburu-buru ". Setelah mendengar pertanyaan itu terulang kembali, maka amarah Kebajikan Mr.Wang akhirnya meledak. "Orang tua! Anda tidak tahu apa yang telah saya menderita untuk anda! Saya memberi Anda naik keledai saya, tetapi saya telah berjalan dengan sekarung besar abu di punggung saya! Apakah Anda memiliki sebuah perasaan betapa aku telah menderita karena kamu? Anda tidak menghargai apa yang telah saya lakukan untuk anda! Sebaliknya, Anda terus bertanya kepada saya pertanyaan yang sama lagi dan lagi ! Anda tidak bosan menanyakan hal yang sama, tapi aku lelah untuk mengulangi jawabannya! "Lalu ia mengatakan sesuatu yang benar-benar buruk," Apakah hati nurani Anda telah dimakan anjing ?! "
 
Orang tua itu pun turun dari punggung keledai dengan mudah. Dia menunjuk jarinya pada Kebajikan Mr Wang dan menyatakan, "Pulanglah ke rumah. Tidak perlu bagi Anda untuk pergi ke Barat. Sang Buddha Hidup tidak akan menerima orang seperti anda kultivator 'baik hati' yang membudidayakan 'kebaikan' dengan cara ini "Setelah mengucapkan kata-kata ini., Orang tua itu pun pergi. Dia melonjak ke langit ke arah barat dan kemudian menghilang.
 
Kemudian Kebajikan Mr.Wang baru menyadari bahwa pria tua itu adalah Buddha Hidup! Ia jatuh ke tanah dan mulai memukul dirinya. Dia sangat menyesal karena telah melewatkan kesempatan untuk mencapai penyempurnaan, tapi sudah terlambat.

Tidak ada komentar:
Write komentar