|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Sabtu, 23 Juli 2011

Sun Simiao ( 孙思邈 ) Raja Obat

 

Sun Simiao, seorang dokter terkenal dari Dinasti Tang yang memiliki keterampilan medis yang luar biasa. Karena ia seorang yang tegak, jujur, dan mulia juga  menyembuhkan banyak orang, dengan demikian orang memberinya gelar Raja Obat. Menurut legenda, Sun Simiao menjalani kehidupan yang tenang tanpa keinginan duniawi. Dia tinggal dalam pengasingan di Gunung Taibai, diam-diam budidaya Tao. Suatu hari, saat ia santai berjalan-jalan di hutan dan di sepanjang danau, ia melihat seorang anak gembala mencambuk ular putih kecil. Menyaksikan penderitaan ular itu, ia tidak bisa lagi berdiri dan menonton, jadi ia menawarkan gembala dan pakaian yang berharga dalam pertukaran untuk ular putih kecil. Dia kemudian membawa pulang ular putih itu dan mengobati luka ular itu dengan penuh perhatian.

Setelah Ular putih kecil itu sembuh maka Sun Simiao pun melepaskannya ke pegunungan. Tidak lama setelah itu, seorang pria muda dengan pakaian putih datang menemuinya. Dia memberi hormat ke Sun Simiao dan mengundangnya ke sebuah istana. Ternyata, ular putih kecil itu adalah anak dari Raja Naga Jing Yang Istana Air. Dalam rangka untuk membalas kebaikan Sun Simiao, para Raja Naga menawarkan harta langka dan berharga dari istana, tetapi Sun Simiao menolaknya.
 
Sun Simiao memberitahu Raja Naga, "Aku seorang Tao, saya tidak menggunakan barang-barang materi, silahkan simpan kembali." Raja Naga ingin membalas budinya dan tahu bahwa Sun Simiao suka membaca dan mempelajari buku-buku tentang kedokteran. Jadi ia meminta menterinya untuk mengambil beberapa buku pengobatan kuno yang diwariskan dari generasi dan memberikan bulu itu kepada Sun Simiao. Sun Simiao dengan senang hati menerima buku itu. Kemudian, ia dengan rajin mempelajari buku itu dan menerapkan penelitian dalam praktek medisnya. Ini semua dicatat dalam bukunya, A Thousand Metode Emas.
 
Karena Kaisar Tang Taizong mengagumi reputasi besar Sun Simiao, ia memanggilnya ke istana kekaisaran. Sang kaisar melihat bahwa Sun Simiao memiliki penampilan yang berwibawa dan ketenangan ilahi. Kaisar berkata kepada Sun Simiao, "Setelah pertemuan hari ini, saya sekarang percaya bahwa ada obat untuk tetap awet muda, tolong berikan dengan saya.."
 
Sun Simiao menjawab, "Orang-orang mengejar keilahian dan alkimia dengan tujuan dan mereka ingin memperpanjang hidup mereka baik untuk mereka atau untuk mencari keuntungan. Saya tidak berpikir mereka akan mendapatkan apa yang mereka inginkan.. Bagaimana bisa orang biasa seperti saya menginginkan untuk keabadian ? Saya belajar kedokteran dan praktek Tao untuk menyembuhkan dan menyelamatkan lebih banyak orang. Obat yang saya buat hanya untuk menyembuhkan penyakit dan tidak dapat memperpanjang hidup seseorang, aku minta maaf karena tidak bisa memenuhi keinginan Yang Mulia.. Perkenankan saya untuk pergi kembali ke pegunungan. "
 
Kaisar berusaha membujuknya untuk tinggal, tetapi Sun Simiao akhirnya meninggalkan.

Tidak ada komentar:
Write komentar