|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Kamis, 18 Agustus 2011

Membina Moral Seperti Air

 

修道要活潑玲瓏,通權達變,就像水一樣隨方就圓,能利萬物而不爭,任何事情忍耐退讓一下,自然就海闊天空無憂自在了。
Membina Tao haruslah fleksibel bisa menuruti situasi yang berkembang dalam mengambil sikap, bagaikan air yang mengikuti bentuk dari alat yang menampungnya,dapat membawa keuntungan bagi segala makhluk tanpa bersaing, segala hal bersabar dan mengalah, secara alamiah akan seluas lautan selapang langit begitu bebas tanpa hambatan.

誰人願學吾濟公,要裝傻來要裝聾,遇著橫逆頑皮輩,方保無事好過冬。
Barang siapa yang rela belajar seperti saya [CHI KUNG], pura-pura berlagak bodoh dan tuli, bertemu dengan orang yang bandel, barulah tidak ada masalah dalam melewati musim dingin.

在下面的人要常存感恩之心,上面的人常常施予愛心給下面的人,這樣上下才能夠連成一氣,才不會有所磨擦,這樣世界才能圓滿,人與人之間的距離才會愈拉愈近,和樂融融。
Orang yang berada di bawah harus memiliki hati yang bersyukur, orang yang berada di atas sering-sering mencurahkan kasih-sayangnya kepada orang yang berada di bawahnya, dengan demikian atas bawah dapat rukun, barulah tidak terdapat pergesekan, dengan demikian dunia barulah dapat sempurna, jarak di antara sesama manusia barulah semakin dekat, rukun dan sejahtera.

彌勒老祖師所修持的是四從願心,乃累劫修來的慈心三昧,大慈大悲大喜大捨,不論任何事情都為他人設想。所以有時候必須藉著環境來造就每一個人,若非相互折磨,互相牽纏,如何能達到事事圓融,個個無稜無角的境界呢?
Kakek guru MI LEK membina diri dengan berdasarkan pada empat ikrar, adalah merupakan membina diri menghadapi begitu banyak halangan/ujian, berwelas-asih yang maha besar, gembira dalam memberi, tidak peduli masalah apa pun selalu berpikir demi kebaikan orang lain. Maka terkadang harus berdasarkan lingkungan yang ada untuk mensukseskan seseorang, kalaulah bukan saling mengasih, saling membebani, bagaimana bisa mencapai pada tahap segala permasalahan teratasi dengan sempurna, setiap orang tanpa mempunyai tabiat / sifat yang jelek?

學道的人,要低心下氣,愩高騖遠,誰要理你!
Orang yang belajar Tao, haruslah merendahkan hatinya, orang yang tinggi hatinya, siapa pula yang mau mempedulikan kamu.

修道談的是宏量,多少口說難實現,黃中真我末盡善,因為私慾蒙蔽焉,如那電燈層層灰,必掃灰塵光明鮮,何時真我能光耀,識書達禮斯文點。
Membina Tao hanya berbicara tentang kelapangan hati, begitu banyak berkata susah untuk mewujudkannya, aku sejati masih belum sepenuh kebaikan, karena nafsu keinginan telah menutupinya, bagaikan bola lampu yang berlapisan debu, haruslah disapu debunya barulah terang, kapan aku sejati baru memancarkan terangnya, lebih sopan sedikit.

光有滿腔愛心給別人,別人不一定會接受;還要見機而做。譬如這人喜歡吃甜的,就要給甜的,若喜歡鹹的,給他甜的就不是見機而行。
Hanya memberikan cinta kasih kepada orang lain, orang lain belum tentu bisa menerimanya, masih harus melihat perkembangan situasi yang ada untuk melaksanakannya. Seperti orang ini suka makan yang manis, berikan yang manis, atau suka yang asin, memberikan dia yang manis, bukan merupakan orang yang berbuat berdasarkan situasi yang tepat.

為師希望你們要「富而不驕,貧而無諂」。越是站在高處,就趁要想到低處,就好像稻穗,越成熟就越低頭,我們有錢不驕傲,不擺貴氣也不愩高,越是地位高的,就必須越低心,要明白我們積錢不如積德。
Guru berharap kalian harus [kaya tidak sombong, miskin tanpa menjilat], semakin berdiri di tempat yang tinggi, semakin harus melihat ke tempat yang lebih rendah, bagaikan padi, semakin matang semakin merendah, kita kaya jangan sombong, tidak berlagak juga tidak tinggi hati, kedudukannya semakin tinggi, maka hati harus semakin merendah, haruslah dimengerti kita menimbun harta lebih baik menimbun moral.

與人而交,在誠在敬,相見平淡,久而彌永。
Bergaul dengan orang lain, terletak pada kesungguhan dan rasa hormat, saat bertemu wajar-wajar saja, lama-kelamaan akan seperti air yang menutupi keseluruhannya.

你們不管做什麼事情都能夠互相商量,多吸取一些知識,才不會吃虧!尤其現在社會,人與人之間,人心在內,你對他很 坦誠,有時候別人的心卻不一定會對你很坦誠。所以交朋友要謹慎,為師的意思並不是說壞的朋友不要交,現在三曹普渡,本是要化惡為善,若你的能力夠,可以渡 上他!如果能力不夠,你反而會被拖下水,所以要謹慎。
Kalian tidak peduli permasalahan apa pun haruslah saling berkompromi, lebih menyerap sedikit pengetahuan, barulah tidak rugi! Apa lagi masyarakat sekarang ini, hubungan antar manusia, hati manusia ada di dalam, kamu bersungguh-sungguh terhadap dia, terkadang hati orang lain belum tentu sungguh-sungguh terhadap kamu. Maka berteman haruslah berhati-hati, maksud guru bukan berarti kawan yang jahat, jangan berkawan dengannya, sekarang merupakan zaman pelintasan terhadap tiga alam, pada dasarnya harus merubah yang jahat menjadi yang baik, kalaulah kemampuan kamu cukup, boleh melintasi dia! Kalaulah tidak cukup mampu, kamu malahan bisa dibikin susah olehnya, maka harus extra berhati-hati.

說了這麼多「謹慎」,是要怎麼做起呢?就是要多參悟聖賢書,你們才有能力去分辨對待,使用某些圓融技巧,但你的心卻是明白的、自在的,不受到外界所感染,以身力行,才能圓滿!
Berbicara begitu banyak tentang [extra berhati- hati], adalah harus bagaimana melaksanakannya? Adalah perbanyak menelaah buku orang suci, kalian baru ada berkemampuan untuk menganalisa cara mengatasinya, menggunakan sesuatu teknik penyempurnaan, tetapi hati kamu haruslah makin mengerti, makin bebas tidak tergoda oleh godaan dari luar, dengan kekuatan badan dalam mengamalkannya, barulah bisa sempurna.
儒門設教仁為本,行忠恕之道,繼一貫之行。

Kaum Konfusius yang paling diutamakan adalah belas-kasih sebagai pokoknya, melaksanakan azas CONG SU; CONG yang berarti menggunakan hati yang bernafaskan pada Tao [hukum tengah harmonis], yang tidak miring, tepat di tengah, SU yang berarti seperti hati yang semula, pelaksanaannya harus selaras dan melebur dalam keseharian.

事非宜不敢輕諾,茍輕諾進退錯方;見未真不敢輕言,未知的不輕傳揚。
Permasalahan bukan gampang diatasi, janganlah sembarangan menjanjikannya, kalaulah gampang menjanjikannya, maju mundur akan serba salah, melihat yang tidak benar/asli jangan sembarangan mengatakannya, yang belum tahu jangan disebarkan.

人有短勿去揭穿,人有私切莫亂云;道人之善己也善,恩欲報怨須忘光。
Kelemahan orang janganlah dibocorkan, urusan pribadi orang janganlah dikacaukan; orang lain baik diri sendiri juga akan bisa baik, budi haruslah dibalas, perasaan yang tidak senang/ jengkel terhadap orang lain, lupakanlah.

濟世利民遍塵中,裝瘋賣傻誰人懂,公心一片無人我,難事遇我即靈通,活潑玲瓏通權變,隨方就圓適可從,佛在人心豈外往,性欲圓明時守中。
Menolong dunia menguntungkan rakyat tersebar ke segenap penjuru dunia, pura-pura gila dan bodoh siapa yang bisa memahaminya, selembar hati yang adil tanpa adanya orang dan aku, perkara yang rumit bertemu dengan aku langsung bisa teratasi, fleksibel dan tanggap akan situasi yang ada, menuruti situasi yang berkembang langsung bisa menyempurnakannya.

對己則無過中求有過,非獨進德亦且免患。對人則有過中求無過,非獨存厚亦且解怨。宜隨時檢點一切,處處反求諸己。
Terhadap diri sendiri tidak ada kesalahan , mencari adanya kesalahan, bukan sendiri bertambah maju moralnya, malahan agar bisa mengurangi bencana. Terhadap orang lain ada kesalahan mencari yang tidak ada kesalahannya, bukan sendiri memiliki ketebalan/kelapangan hati untuk membebaskan ikatan dendam. Gampang mengikuti waktu mengoreksi segalanya, di setiap tempat menuntut pada diri sendiri.

過在能改,改在能知,而知則在求之於己。所謂以責人之心責己,以恕己之心恕人。
Ada kesalahan bisa diubah, diubah dapat mengetahuinya, malahan mengetahui adalah tuntutan pada diri sendiri. Yang disebut dengan menggunakan hati yang menyalahkan orang untuk menyalahkan diri sendiri, dengan kelapangan hati terhadap diri sendiri untuk berlapang pada orang lain.

夫知人常易,知己常難。己有過易宥,人有過難原。人能見百步之外,難見己身之背。目能察秋毫之微,卻難自數其睫,故常自見己過者與道即相當。
Biasanya mengetahui orang lain adalah sangat gampang, mengetahui diri sendiri sangatlah sulit, diri sendiri ada kesalahan gampang memaafkan. Orang dapat melihat seratus langkah di luar dari dia, sulit melihat punggung diri sendiri. Mata bisa melihat sampai hal-hal yang sekecil apa pun, sulit untuk menghitung bulu matanya, maka sering-seringlah melihat kesalahan diri sendiri, maka akan seiringan dengan Tao.

Tidak ada komentar:
Write komentar