|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 27 Januari 2013

Dewa Musik, Shi Kuang (师旷)

 

Menurut legenda, Shi Kuang ( 师旷) 572 – 532 SM adalah seorang master musik yang buta. Shi Kuang juga menjadi Dewa musik dan pelindung bagi para peramal buta  pada zaman Kerajaan Jin di Periode Musim Semi dan Gugur (770-476 SM). 

Dia sangat luar biasa dalam bermain Zheng (alat musik yang juga dikenal dengan nama Gu Zheng), sebuah alat musik petik dengan 7 senar, salah satu jenis alat musik Tiongkok dari keluarga kecapi.

Dikatakan bahwa permainan alat musiknya dapat membuat kuda yang sedang merumput berhenti untuk mendengarkan musiknya, dan burung-burung yang menyambar makanan berjatuhan dari paruhnya. Juga, dikatakan Shi Kuang dapat meramalkan nasib baik atau buruk dengan mendengar sebuah lantunan musik.

Shi Kuang yakin bahwa musik dapat memengaruhi timbul atau tenggelamnya sebuah negara. Menurut pendapatnya, musik yang indah sesuai dengan prinsip alam semesta, dimana seorang raja dan rakyatnya dapat terdorong untuk hidup dengan moralitas dan beretika.

Orang-orang harus mengultivasikan De (kebajikan) untuk bisa menyatu dengan musik yang suci. Lalu kedamaian dan kebahagiaan akan tercipta ketika sebuah etika yang baik telah dilaksanakan, sementara musik yang suram dan mengalami dekandensi, akan membuat sebuah negara runtuh.

Raja Jin pernah mendesak Shi Kuang memainkan beberapa lagu suci untuknya, meski telah diperingatkan bahwa musik semacam itu hanya diperuntukkan bagi seorang raja dengan kebajikan besar. Ketika Shi Kuang memainkan lagu pertama dengan rasa enggan, ia menarik perhatian para burung bangau yang cantik. Mereka terbang ke dalam aula tersebut dan menari sesuai iramanya, ini adalah sebuah pertanda baik.

Peristiwa ini membuat kagum semua orang, lalu sang raja memerintahkannya agar memainkan sebuah musik bernada lebih tinggi meski Shi Kuang telah memprotesnya. Tidak lama setelah musik itu dialunkan, awan gelap muncul dan angin topan pun tiba-tiba menerbangkan genteng-genteng di atap.

Sang raja segera menjadi panik. Setelah Shi Kuang selesai memainkan musiknya, cuaca segera menjadi cerah kembali. Sejak itu, orang-orang sering memujinya dan lebih menaruh hormat terhadap musik-musik yang agung.

Sebagai tambahan atas bakat musiknya, Shi Kuang memberikan nasehat bijak dan berani kepada sang raja atas banyak kebijakan yang diambilnya. Pengetahuan mendalam Shi Kuang akan musik, juga tercerminkan dalam pandangan politiknya yang luar biasa.

Ketika sang raja mengekspresikan rasa simpati atas kebutaannya, Shi Kuang menjawab bahwa ada lima macam kebutaan yang lebih buruk daripada penderitaannya.

Yaitu, ketika raja sedang buta akan keadilan, buta akan ketidak-cakapan para pejabatnya, buta terhadap kebenaran, secara membabi buta hanyut dalam peperangan, dan buta akan hal-hal yang baik, maka negaranya akan runtuh atau rakyatnya semakin menderita. Tersentuh oleh katakata Shi Kuang ini, raja pun memutuskan untuk lebih giat dalam urusan negara, dan memerintah negara dengan kebajikan.

Bagaimanapun juga, ketika raja menjadi tua, dia mulai menikmati kembali kehidupannya yang mewah dan menjadi tidak peduli pada penderitaan rakyatnya, dan tidak mau mendengar nasehat yang baik. Shi Kuang pun memutuskan untuk tidak memainkan musik baginya lagi. Shi Kuang bunuh diri dengan alat musiknya sendiri di hadapan raja, dengan harapan bisa membangunkan kesadaran sang raja, tetapi tidak berhasil. Negara itu pun mengalami kemunduran dan akhirnya runtuh.

Meski buta, pencapaian Shi Huang di bidang musik dan visi politiknya yang jelas diyakinkan mempunyai hubungan dekat dengan kultivasinya akan “menjelajahi hubungan di antara alam semesta dan umat manusia, memahami perubahan di masa lalu dan masa kini.”



Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, maka anda dipersilahkan untuk mencetak dan mengedarkan semua artikel yang dipublikasikan pada Blog Kebajikan ( De 德 ) ini. Mengutip atau mengcopy artikel di Blog ini harus mencantumkan Kebajikan ( De 德 ) sebagai sumber artikel. 

5 komentar:
Write komentar
  1. Whoa! Thiѕ blog lοoks ϳuѕt like my оld one!
    It's on a totally different subject but it has pretty much the same layout and design. Great choice of colors!
    Also visit my web-site - http://najilovesnicole.com/guestbook/

    BalasHapus
  2. Hello therе, I found уouг site by the usе of Google аt the
    sаme tіme аs looking for
    a relatеd matteг, youг website сame up,
    іt seems great. I have bookmarkeԁ
    it in my goοglе bοoκmarks.


    Hi theгe, just became alert to your wеblog via
    Google, and found that іt's truly informative. I'm going to wаtch οut for
    brussels. I will be grateful if you happen tο proceеd this in future.
    Lots of fοlks mіght be bеnefitеd
    οut оf yοur ωrіting.
    Сheers!

    my ωeb-site :: 3xr.ru
    My web page > Fullbrainmarketing.com

    BalasHapus
  3. Οne time they turn out tο be mates, thеy will assumе familiarity, but not vеry a grеat deal befoге thеn.
    Sitting down there on your counter, it rarely appеars able of lіκe mіracles, but thе
    initіally timers аnd the seasoned
    cookѕ aliκe will have fun ωith aԁdіng that custοmary flavor
    to their favоreԁ dishеs. The blooԁ of indiviԁuals who reѕiԁе a
    lifеtime of take in, dгink and be mегrу
    iѕ imрοrtant аnԁ theіr respiгatory is unbеlievably quickly.


    Visіt my web-sіte; dexterping94.beeplog.com

    BalasHapus
  4. No drawback - they аlso settle for dish washing, ocean entгance residences, and ԁesk dancing (acсording to the menu,
    ωhісh is total οf witty tidbits.

    Masοnry heaters cοnsist of a smаllish fire box developеԁ tο ratiο with the smoke chаmber hіgheг than.
    In 1915 the woгmwooԁ was takеn out and the liqueur diluted to
    іts active stгength.

    Here is my web ѕіte Pizza Baking stone old stone Oven

    BalasHapus
  5. I do not even know how I stopped up here, however I thought this post was good.
    I don't recognise who you are but definitely you're going to a well-known blogger for those who are not already.
    Cheers!

    Here is my blog post - http://canadianopenair.com

    BalasHapus