|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Senin, 28 Januari 2013

Keuntungan Rubah dari Kekuatan Harimau

 

Zhao Xixu adalah seorang jenderal yang berpangkat tinggi di Negara Chu selama waktu Negara Perang di Cina kuno

Raja Negara Chu, Chu Xuanwang bertanya pada para pejabat di istana kekaisaran, "Saya mendengar bahwa semua bangsawan dari Utara sangat takut Zhao Xixu.

Apakah itu benar?" Tidak ada yang menjawab pertanyaan kecuali Jiang Yi.  Jiang Yi mengatakan, " Harimau suka menangkap semua jenis hewan untuk mengisi perutnya. Suatu kali, ia menangkap rubah.. Rubah berkata, 'Anda tidak berani makan saya. Kaisar dari Surga menunjuk saya raja binatang. Jika Anda makan saya, maka kau akan mematuhi perintahnya Jika Anda tidak percaya padaku, Anda dapat mengikuti saya dan cari tahu sendiri.. "  

Harimau percaya dengan apa yang dikatakan sang rubah dan mengikutinya berjalan di sekitar hutan. Semua binatang begitu ketakutan dan lari dengan cepat saat melihat harimau. Harimau tidak tahu bahwa binatang itu takut kepadanya dan berpikir binatang bahwa mereka takut dengan rubah. "
 
"Sekarang Yang Mulia memiliki lima ribu mil persegi wilayah dan 100.000 tentara, tapi Anda memberikan Zhao Xixu kekuatan untuk memimpin tentara. Oleh karena itu, kaum bangsawan dari Utara takut pada Zhao Xixu, tapi bukan pada angkatan bersenjata Anda. Sama seperti binatang takut dari harimau ! "
 
Ini adalah sebuah kisah yang dinyatakan dalam Zhan Guo Ce (intrik Negara Berperang). Ada pepatah yang mengatakan bahwa keuntungan rubah dari kekuatan harimau berevolusi dari cerita ini. Ini adalah analogi yang mengacu pada orang-orang yang suka menggertak atau menekan orang lain ketika mereka berhubungan dengan seseorang dalam posisi yang kuat.


Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, maka anda dipersilahkan untuk mencetak dan mengedarkan semua artikel yang dipublikasikan pada Blog Kebajikan ( De 德 ) ini. Mengutip atau mengcopy artikel di Blog ini harus mencantumkan Kebajikan ( De 德 ) sebagai sumber artikel. 

Tidak ada komentar:
Write komentar