|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 20 Oktober 2013

Rahasia Panjang Umur Tiongkok Kuno

 


Sejak dulu orang-orang terus berusaha meraih impian yang sulit dipahami tentang keabadian, dan keinginan ini  mengakibatkan munculnya banyak cara tradisional untuk mendapatkan pan­jang umur yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Berikut ada beberapa tips kesehatan Tiongkok kuno yang murah, sederhana un­tuk dilakukan, dan diyakini sangat berman­faat untuk kesehatan dan memperpanjang umur Anda :

1. Kepala adalah Pusat Kecerdasan : Sisir Tiga Kali Sehari untuk Mencegah Penyakit

Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, 12 meridian tubuh manusia, titik aku­punktur empat puluh plus, dan lebih dari selusin titik akupresur yang unik, semua berkumpul di kepala.

Menggunakan sisir untuk melakukan pijatan mirip akupunktur atau merang­sang pada titik-titik meridian, dapat membersihkan dua belas meridian, me­ningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan metabolisme sel otak, menunda penuaan sel-sel otak, meningkatkan memori, mem­perkuat pendengaran dan penglihatan juga menyegarkan pikiran. Juga dapat menghilangkan kelelahan, insomnia, neu­ralgia trigeminal (nyeri ekstrim di wajah), dan migrain. Bahkan bisa memiliki efek tak terduga pada kecantikan.

Biasanya disarankan untuk menyisir rambut sebanyak tiga kali sehari dengan ru­tin yaitu sekali di pagi hari, sekali setelah makan siang, dan sekali lagi sebelum tidur - setiap kali selama dua menit, menggunakan 60- 100 sisiran, untuk hasil terbaik.

Selama Anda menyisir kulit kepala secara teratur, Anda akan merasa lebih jernih dan energik, tidur lebih baik, rambut putih akan berubah menjadi hitam kembali, dan akan memiliki selera makan yang lebih baik.

2. Kaki Sering Dianggap sebagai Jantung Kedua : Sering Menggosok Kaki dapat Menjaga Kesehatan

Pengobatan tradisional Tiongkok mejelaskan bahwa kaki memiliki 60 lebih ti­tik akupunktur yang terkait erat dengan 12 meridian organ internal. Namun, karena ja­raknya yang besar antara kaki dan jantung, resistensi kaki menjadi rendah dan area tu­buh yang paling lemah, karenanya rentan terhadap dingin dan lembab. Kesehatan kaki diyakini erat kaitannya dengan kesehatan tubuh manusia secara keseluruhan.

Pengobatan kuno mengatakan bahwa cara terbaik untuk menjaga kesehatan kaki yakni menggosok titik akupunktur Yong Quan (pusat lengkungan). Pijat konsisten dari telapak kaki setelah berendam dalam air hangat dapat memiliki berbagai efek menguntungkan pada tendon, sirkulasi da­rah, dan otot-otot kaki, dan bahkan daerah tubuh lainnya. Hal ini dapat meringankan sakit kepala, hernia, nefritis, kejang, in­somnia, hipertensi, penyakit jantung, sakit tenggorokan, kaki pecah-pecah, mati rasa di usia tua, dan berbagai penyakit lainnya.

Karena efek kesehatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan kesehatan kaki, pengobatan Tiongkok mengacu pada titik Yong Quan sebagai “titik kebugaran”.

3. Menelan Air Liur 300 Kali Sehari dapat Hidup Lebih Lama

Dalam Kamus Tiongkok (Ci Hai), mendefinisikan air liur sebagai, cairan sekresi kelenjar ludah dan lendir yang di-sekresikan oleh banyak kelenjar kecil di dinding mulut, yang dicampur dalam mu­lut. Rata-rata orang dewasa mengeluarkan air liur sekitar 1 - 1,5 liter setiap hari.

Pengobatan Tiongkok menyatakan bahwa air liur, dalam hubungannya dengan limpa dan lambung, membasahi lubang dan anggota badan dan organ internal, mengisi ulang energi, melumasi sendi, dan mem­bersihkan pikiran.

Pengobatan modern menyatakan bahwa air liur menghentikan pendarahan, memu­dahkan kontraksi pembuluh darah, melarutkan bakteri, membunuh mikroba, men­jaga kesehatan gigi, virus pertempuran, membantu pencernaan, dan melayani ber­bagai fungsi lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, para il­muwan Amerika telah menemukan bahwa air liur dapat meningkatkan pertumbuhan sel saraf dan epidermis. Institut Riset Masakan Jepang menemukan bahwa “air liur dapat menghilangkan zat yang sangat berbahaya yang ada di udara dan makan­an”, serta memiliki efek yang kuat dalam mencegah kanker.

Studi yang dilakukan oleh para ahli di University of Georgia School of Medi­cine menunjukkan bahwa aflatoksin, yang merupakan salah satu zat yang paling dike­nal karsinogenik, serta benzena dan nitrit, akan hancur dalam 30 detik setelah kon­tak langsung dengan air liur. 

Mereka ber­pendapat bahwa “cara terbaik adalah mengunyah setiap gigitan sebanyak 30 kali.” Studi ini tampaknya mendukung resep kuno untuk menelan air liur 300 kali sehari.
 
4. Gemeretakkan Gigi Anda Setiap Hari untuk Membantu Mencegahnya Tanggal

Gemeretakkan gigi, bermaksud tekan gigi atas dan bawah bersama-sama dengan berirama berulang kali. Su Wen : Shang Zhen Gu Tian Lun, Se­buah teks Tiongkok kuno, menunjukkan bahwa kesehatan tulang manusia tergan­tung pada nutrisi sumsum, dan sumsum tu­lang adalah asal esensi dari tubuh manusia. Jika dasarnya ini berkurang, mungkin tidak cukup untuk mendukung sumsum tulang, dan gigi seseorang akan menjadi kendur atau sakit, atau bahkan tanggal seluruhnya.
 
Obat tradisional Tiongkok juga per­caya bahwa dengan sering menekan-nekan gigi seseorang dapat menyeimbangkan Yin dan Yang, mendorong sirkulasi darah dan aliran energi meridian, mempertahankan dan meningkatkan fungsi keseluruhan otot-otot rahang dan bagian akar gigi, dan menunda berhentinya pertumbuhan.

Selain itu, dengan sering menekan-nekan gigi, secara efektif dapat mening­katkan ketahanan jaringan mukosa, me­ningkatkan pengunyahan, meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan dari mu­lut dan gusi, meningkatkan sekresi air liur, meningkatkan resistensi anti-mikroba gigi, dan karena itu membuat gigi lebih kuat, pu­tih, dan bersinar.

5. Suami Istri yang Saling Memijat Pung­gung dapat Meringankan Kelelahan Fisik dan Mencegah Kanker

Memijat punggung merupakan metode kuno yang memberikan hasil langsung. Memijat punggung akan merangsang puluhan titik akupunktur penting yang dapat membantu merangsang sistem saraf, efektif menjaga keseimbangan sistem saraf pusat. Manfaat utamanya adalah relaksasi otot, mencegah dan mengobati nyeri pung­gung dan ketegangan otot.

Kedua, memijat punggung meningkat­kan sirkulasi yang lebih baik dan pengaturan fungsi saraf. Memijat di siang hari dapat menjernihkan kepala dan memompa semangat, memijat saat malam hari menenangkan pikiran, mencegah insomnia.

Manfaat lain dari pijat adalah mening­katkan kekebalan tubuh serta pencegahan kanker. Ilmuwan Jepang telah lama percaya bahwa sering memijat punggung dapat me­ningkatkan sekresi peptida di otak. Peptida ini memiliki kemampuan anti-virus yang kuat dan dapat menghambat mutasi sel, yang menjadi dasar penciptaan sel kanker.

Biasanya ada dua metode pijat pung­gung, yakni menepuk dan memukul. Menepuk menggunakan telapak tangan kosong, dan memukul menggunakan kepa­lan kosong - kosong dalam hal ini, berarti lembut. Untuk hasil terbaik, pijat secara konsisten sekali sehari, 50-60 tepukan atau pukulan.

6. Meremas Perut Setiap Hari dapat Meningkatkan Sirkulasi Darah dan Ber­manfaat pada Spirit

Meremas perut adalah metode meningkatkan kesehatan dengan menggosok bo­lak-balik antara dada dan panggul dengan menggunakan tangan. Pengobatan tradisional Tiongkok mengatakan bahwa perut adalah “pusat dari organ internal dan sum­ber Yin dan Yang” dalam tubuh.

Obat modern juga mengatakan bahwa memijat perut dapat memperkuat perut, pencernaan dan otot-otot perut, meningkat­kan sirkulasi, dan meningkatkan pencer­naan. Juga dapat membantu mengobati sembelit, maag, insomnia, radang prostat, nefritis, hernia, tekanan darah tinggi, ko­roner dan penyakit jantung, serta diabetes.

Secara khusus, meremas perut dapat me­ningkatkan kontraksi perut dan pengurangan lemak, bahkan dapat membantu penu­runan berat badan.

Untuk meremas perut, pertama-tama gosok perut dengan gerakan memutar searah jarum jam dengan tumit tangan kanan sebanyak 130 kali di atas pusar dan kemudian bergerak di bawah daerah pusar sebanyak 120 kali. Setelah itu, menggosok seluruh daerah perut dengan telapak penuh tangan kiri sebanyak 120 kali. Balik dan ulangi kembali.

7. Peregangan adalah Cara Paling Efek­tif untuk Menurunkan Berat Badan dan Meningkatkan Sirkulasi Darah

Peregangan malas, ini mengacu pada peregangan tanpa sengaja (yang sering disertai dengan menguap) yang melibat­kan gerakan meluruskan leher, mengang­kat lengan, mengambil napas besar untuk memperluas dada, peregangan pinggang, berolahraga sendi, dan melonggarkan tubuh.

Sun Simiao, seorang dokter terkenal dari Dinasti Tang, mengatakan, “Jika darah tidak bersirkulasi, tubuh akan menderita penyakit.”

Menurut kedokteran modern, sirkulasi darah bergantung sepenuhnya pada kon­traksi otot jantung, yang terutama berlaku bagi pembuluh darah yang letaknya jauh dari jantung.  

Ketika melakukan peregangan, tubuh secara alami akan membawa lengan dan rusuk ke atas dan memperluas dada, yang memperkuat diafragma dan membantu dengan pernapasan dalam. Hal ini menye­babkan banyak otot-otot berkontraksi dan mengalirkan darah kembali ke jantung, se­hingga mempercepat sirkulasi darah.

Peregangan malas juga dapat mem­bantu pembuluh darah leher mengangkut darah ke otak dengan efisien, membawa nutrisi, mengurangi kelelahan, dan dengan demikian meningkatkan spirit. 

Ini juga merupakan latihan sistem neuromuskuler, mempromosikan keseimbangan dalam tu­buh, meningkatkan asupan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida, mempro­mosikan metabolisme, dan menghilangkan ketegangan yang berlebihan, mencegah ketegangan otot dan memperbaiki postur, semua ini menjaga tubuh yang sehat.

8. Tekan Titik Akupunktur Hegu, Nei Guan, dan Zu San Li Sekali Sehari untuk Tubuh yang Sehat

Titik Hegu terletak di daerah antara ibu jari dan jari telunjuk. Akupunktur pada ti­tik Hegu membantu menyembuhkan sakit kepala, kelumpuhan wajah, dan penyakit yang melibatkan panca indera.

Titik Nei Guan terletak sekitar 5 cm dari lipatan pergelangan tangan. Akupunk­tur pada titik Nei Guan terutama membantu mengobati jantung berdebar, tekanan darah tinggi, epilepsi, asma, sakit perut, mual, dan muntah.
\
Titik akupunktur Zu San Li berada di sekitar 7,5 – 10 cm di bawah pusat lutut. Ia berfungsi mengatur perut, mengisi energi, meningkatkan sirkulasi melalui meridian, dan mengusir angin dan kelembaban, menurut bahasa pengobatan tradisional Tiongkok.

Penelitian ilmiah modern menegaskan bahwa melakukan akupunktur pada titik Zu San Li merangsang lambung dan usus, serta berbagai pencernaan dan aktivitas enzim. Hal ini dapat meningkatkan nafsu makan seseorang, membantu pencernaan, meningkatkan kemampuan otak, meningkatkan fungsi jantung, meningkatkan produksi sel darah merah dan putih, hemoglobin, kadar hormon endokrin, dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Akupunktur pada titik Zu San Li juga membantu mencegah sakit perut dan nyeri perut, muntah, sembelit, diare, hepatitis, radang kantung empedu, dan tekanan da­rah tinggi. Zu San Li, Hegu, dan Nei Guan, tiga dari titik akupunktur utama yang digunakan oleh dokter kuno dalam perawatan medis.

Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan Tiongkok telah menemukan bah­wa memijat tiga titik akupunktur tersebut menguntungkan saraf tubuh, otot, jaringan, dan organ, efek positifnya melampaui setiap olahraga fisik.

Tekan titik akupunktur Zu San Li, He Gu, dan Nei Guan, masing-masing selama lima menit, dengan menggunakan ibu jari atau jari tengah, tekan titik sebanyak 15 - 20 kali. 



Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, maka anda dipersilahkan untuk mencetak dan mengedarkan semua artikel yang dipublikasikan pada Blog Kebajikan ( De 德 ) ini. Mengutip atau mengcopy artikel di Blog ini harus mencantumkan Kebajikan ( De 德 ) sebagai sumber artikel.

Tidak ada komentar:
Write komentar