|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Jumat, 07 Maret 2014

Dorong Anak Agar Suka Membaca

 

 
Kebajikan ( De 德 ) -  Jika Anda, sebagai orangtua, pernah bertanya, "Apa yang bisa saya lakukan dalam kehidupan keluarga sehari-hari untuk membantu anak saya dalam bidang pendidikan?"

Anda mungkin bertemu dengan banyak sekali pilihan yang membingungkan. Anda ingin mempergunakan waktu Anda sebaik mungkin, dan sangat sulit untuk menentukan ide yang mana yang paling produktif. Di sini, kami menawarkan solusi yang telah terbukti efektif melalui penelitian, dan ini mudah untuk dilaksanakan: Buatlah anak Anda membaca banyak buku.

Dalam bukunya, "How to Get Your Child to Love Reading" (Bagaimana Membuat Anak Anda Senang Membaca), seorang guru sekaligus pustakawan Esmé Raji Codell mengungkapkan bahwa ada banyak penelitian pemerintah dan pembelajaran independen yang menunjukkan bahwa membaca membantu meningkatkan proses belajar dan menaikkan nilai tes standar.

Situs Departemen Pendidikan di Amerika menekankan pernyataan dari Presiden Obama untuk mendorong para orangtua menyisakan waktu setiap hari dengan membaca bersama anak mereka. Beliau menyatakan bahwa ini adalah satu langkah penting untuk membantu anak Anda meraih prestasi.

Dan kami mengamati satu aspek mengenai membaca: semakin sering anak membaca, semakin baik anak memahami isi bacaan, dan semakin anak menikmatinya — ini adalah bentuk usaha mandiri yang berkesinambungan. Semakin baik keterampilan anak membaca, semakin sukses pula mereka mampu menyelesaikan pekerjaan di sekolah, dan hal ini membuat mereka berkemampuan untuk mencapai tingkat prestasi dalam hidup yang lebih tinggi.

Pada saat tibanya waktu liburan, hari-hari yang santai adalah saat yang tepat untuk memupuk para pembaca kecil yang penuh rasa ingin tahu. Tanpa adanya tekanan pekerjaan sekolah, anak-anak akan menyadari bahwa mereka bisa membaca sekedar untuk mendapatkan kesenangan. 
 
Sementara itu, pembaca tingkat lanjut yang sudah cukup baik dalam hal kesusastraan bisa didukung lebih jauh atas kecintaan mereka akan sastra dengan membaca beberapa topik menyenangkan.

Membaca Sebagai Aktivitas Keluarga

Ide yang hebat! Tetapi bagaimana kita melakukannya? Dalam bukunya "The Read-Aloud Handbook" (Panduan Membaca Lantang), Jim Trelease mengatakan, "Penelitian yang menyeluruh telah membuktikan bahwa membaca dengan suara lantang untuk seorang anak adalah satu faktor yang paling penting dalam mencetak seorang pembaca buku."

Mulailah dengan membangun kebiasaan membaca lantang bagi anak-anak Anda. Untuk anak yang masih berusia di bawah dua tahun dan pra TK, temani mereka membaca buku untuk waktu yang pendek sebanyak dua atau tiga kali sehari dan biarkan minat akan membaca tumbuh sendiri. Sebelum tidur siang dan malam hari adalah waktu yang paling baik.

Pastikan anak-anak yang lebih tua yang sudah bisa membaca sendiri untuk ikut berperan serta bersama Anda — mereka juga dapat menikmati dan mendapatkan manfaat dari waktu membaca bersama keluarga. Mereka mungkin ingin bergiliran membaca lantang dengan Anda.

Leo Babauta, pendiri blog Zen Habits mengenai kehidupan produktif dan sederhana, menulis dalam blognya yang berjudul, "How to Instill the Love of Reading — in Your Child, or Yourself" (Bagaimana Menanamkan Kecintaan Membaca — Dalam Diri Anak Anda, atau Anda Sendiri), bahwa suasana penuh cinta dan kasih sayang yang Anda tunjukkan dalam semangat Anda belajar dan berbagi dengan anak Anda adalah cara terbaik untuk membantu anak Anda menggapai prestasinya.

Berikut ini adalah beberapa tip dari Babauta untuk mempersiapkan lingkungan membaca yang baik :
  • Bacalah buku-buku yang menyenangkan, menegangkan dan penuh petualangan.
  • Jadikan membaca menyenangkan. Jadikanlah membaca sebagai saat untuk membentuk ikatan di antara Anda dan anak Anda. Jadikan saat membaca adalah saat yang paling ditunggu-tunggu untuk dilakukan anak Anda setiap hari.
  • Buatlah aktivitas membaca sebagai kegiatan yang rutin — lakukan pada waktu yang sama setiap harinya, di tempat yang sama, seperti malam hari di tempat tidur atau pagi hari di kursi atau sofa kesayangan — karena anak-anak beranggapan hal-hal yang rutin adalah bentuk kenyamanan.
  • Sediakan berbagai macam materi bacaan untuk anak Anda, mengenai semua topik yang menarik bagi anak Anda.
  • Dan jadilah panutan bacalah untuk diri Anda sendiri. Lakukan itu setiap hari, dan biarkan anak Anda melihat sendiri sejauh mana Anda mencintai membaca.
Lebih lanjut mengenai sarannya, jika Anda seorang yang gemar membaca buku, jangan tunggu waktu membaca Anda setelah anak-anak tidur. Pergunakan waktu Anda pada sore hari dan akhir minggu untuk kenikmatan membaca Anda sendiri, sehingga anak-anak Anda dapat melihat Anda menikmati buku-buku bagus.

Jika Anda bertanya kepada teman-teman dan rekan kerja penggemar buku bagaimana mereka memulai hobi mereka, banyak di antaranya akan mengatakan karena ayah atau ibu mereka gemar membaca, jadi mereka hanya sekedar mengikuti kebiasaan tersebut.

Anda bisa berbicara mengenai banyak buku dengan teman-teman dan anggota keluarga lainnya sehingga anak Anda mendengar apa yang orang lain katakan mengenai kegiatan membaca mereka; berbagilah dengan mereka buku-buku Anda, dan ciptakan suatu budaya pencinta buku.

Jika Anda bukanlah seorang yang keranjingan membaca buku, jangan biarkan hal tersebut menghentikan Anda dan mengesampingkan manfaat dari membaca bagi anak Anda. Ceritakan kepada anak Anda satu topik yang Anda sukai, dan pergilah ke perpustakaan untuk mencari tahu mengernai topik tersebut.

Bawalah buku-buku tersebut pulang dan bacalah semuanya bersama-sama. Akan sangat mudah memupuk semangat membaca anak Anda akan buku jika Anda juga membaca buku-buku yang menarik bagi Anda sendiri. Juga bentuklah komunitas anggota keluarga dan teman-teman yang gemar membaca bagi anak Anda agar mereka dapat turut andil dalam berbicara mengenai apa yang sedang dia baca.

Membaca itu Menyenangkan!

Dukunglah aktivitas membaca dengan membiarkan anak memilih bahan bacaan yang dia senangi. Jangan membatasi lingkungan membacanya dengan ancaman atau hukuman, atau tekanan agar anak Anda membaca buku-buku klasik yang Anda inginkan — cukup dengan mendukung anak Anda membaca.

Kami tegaskan sekali lagi: biarkan aktivitas membaca tumbuh dengan sendirinya. Semakin banyak anak membaca, semakin tinggi ketrampilan anak membaca. Jika seorang anak menemukan buku atau majalah yang menarik untuknya, dia akan mencari bahan bacaan yang lain juga untuk dibaca.

Untuk memulainya, Anda tidak harus pergi keluar dan membeli banyak buku baru sekaligus. Pergilah ke perpustakaan umum dan bertanyalah kepada pustakawan di sana untuk memberi Anda saran mengenai buku-buku yang sesuai untuk anak Anda. Pustakawan dapat memberi Anda beberapa judul dan pengarang yang sesuai dengan usia pembacanya, dan bahkan daftar bacaannya sekaligus.

Pustakawan juga dapat menunjukkan kepada Anda bagian yang sesuai untuk Anda sehingga Anda bisa menelusuri sendiri semua rak-rak buku yang mungkin menarik bagi anak Anda.

Jika anak masih belum menemukan topik atau jenis buku tertentu yang memicu kegemarannya membaca, perkenalkan anak Anda dengan sebuah buku atau cerita pendek mengenai hobinya atau warna kesukaannya, dan biarkan anak Anda menelusurinya sendiri secara menyeluruh.

Jika anak ragu-ragu untuk memulai membacanya, katakan padanya apa yang Anda sukai mengenai buku yang Anda pilih, atau mengapa Anda pikir anak Anda akan menyukainya.

Ketika berbicara mengenai membaca, sering kali yang pertama kali kita pikirkan adalah fiksi — cerita yang dikarang orang. Tapi Anda seharusnya juga perlu bertanya di mana Anda bisa menemukan buku-buku non fiksi untuk kelompok usia anak Anda.

Salah satu alasan beberapa anak muda tidak menyukai membaca adalah karena mungkin mereka lebih memilih membaca mengenai fakta yang benar-benar terjadi, bukan cerita pribadi mengenai karakter yang dibuat-buat. Anak-anak ini mungkin akan sangat menikmati buku-buku mengenai ilmu alam atau sejarah.

Teruslah menyediakan berbagai macam pilihan yang menarik untuk pembaca Anda. "The Book Whisperer" (Bisikan Buku) yang ditulis oleh Donalynn Miller adalah satu sumber buku berguna untuk membantu Anda menemukan buku-buku yang tepat bagi anak Anda. 
 
Ketika Anda menemukan jenis buku-buku yang anak sukai, Anda bisa mendukung kebiasaan membacanya dengan memberikan hadiah berupa jenis buku-buku tersebut sebagai hadiah ulang tahun dan di saat-saat spesial. Salam kebajikan (Sumber)

Tidak ada komentar:
Write komentar