|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Senin, 20 Oktober 2014

Bersikap Sopan Pada Orang Tua

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Pada masa pemerintahan Han Gao Zu (汉高祖), hiduplah seorang pelayan istana yang bernama Shi Fen (石). Karena sikapnya yang cermat dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, Han Gao Zu sangat menyayanginya. 

Ketika Han Jing Di (汉景帝) naik tahta, beliau mengangkat Shi Fen menjadi seorang pejabat kerajaan dengan gelar Jiu Qing (九卿). Keempat orang putra Shi Fen, juga dipercaya oleh Han Jing Di untuk menjadi pejabat kerajaan. Beberapa cucu Shi Fen juga ada yang menjadi pejabat di luar ibu kota.

Suatu hari, saat Shi Fen telah pensiun, salah seorang cucunya datang untuk menjenguk. Shi Fen segera mengenakan pakaian resmi, dengan penuh hormat menyambut kedatangan sang cucu. 


Saat bercakap-cakap, Shi Fen memanggil nama sang cucu dengan nama panggilan untuk seorang pejabat, tidak menggunakan nama panggilan saat sang cucu masih kecil. Tanpa sengaja, sang cucu berbuat kurang sopan. 

Shi Fen tidak terlalu mempedulikan dan tiada mencelanya. Diam-diam Shi Fen tidak berkata apa-apa, juga tidak makan-minum. Setelah tersadar jika telah berbuat salah, sang cucu segera berlutut untuk meminta maaf.

Dalam kitab Di Zi Gui tertulis, "Zun zhang qian, sheng yao di, Di bu wen, que fei yi, Jin bu qu, tui bi chi, Wen qi dui, shi wu yi (尊长前,声要低, 低不闻,却非宜, 进必 趋,退 必迟, 问起对,视勿 移)."

Saat kita berbicara dihadapan orang yang lebih tua, sedapat mungkin suara dan volume harus rendah. Meskipun demikian, jangan sampai suara dan volume kita terlalu kecil sehingga tidak terdengar. Ketika menghadap ke senior, langkah kaki kita harus cepat. 


Sebaliknya, sewaktu pamit dari hadapan beliau harus mundur dengan perlahan-lahan. Saat orang tua bertanya, kita harus berdiri untuk menjawab, pandangan mata tidak boleh kesana-kemari. Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar