|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 22 Februari 2015

Lama Duduk Saat Kerja, Waspadai 5 Ancamannya

 


KEBAJIKAN (De 德) -  Anda tahu, duduk lama di tempat kerja juga mengandung risiko kesehatan. Tidak hanya rentan membuat lemak menumpuk, tetapi juga akan menyebabkan nyeri pinggang karena duduk lama, bahkan kemungkinan dapat membahayakan kesehatan jantung. Apa Anda terkejut mendengar semua ini ? Sebagai salah satu komunitas kerah putih (pekerja kantor), Anda harus belajar bagaimana menghindari ancaman terkait karena duduk terlalu lama, seperti dilansir dari Secretchina.

1. Penurunan fungsi jantung

 
Duduk lama dan tidak bergerak dapat membuat sirkulasi darah melambat, lama kelamaan akan menyebabkan fungsi jantung melemah, dan memicu pengecilan atau penyusutan otot jantung. Terutama manula yang menderita arteriosclerosis atau pengerasan pembuluh nadi, mudah menyebabkan terjadinya infark otot jantung dan terbentuknya trombosis serebral.

2. Nyeri pinggang

Duduk lama dengan leher dan punggung terus dalam posisi tetap, dan jika intervertebral disc dan interspinal ligament dalam jangka waktu panjang dalam keadaan tegang, dapat menyebabkan kekakuan dan nyeri pada leher dan punggung, atau sulit menundukkan dan mengangkat kepala. Selain itu, duduk lama juga akan membuat panggul dan sacroiliac menahan beban jangka panjang, yang akan berdampak pada sirkulasi darah pada anggota tubuh bawah dan perut, menyebabkan sembelit, wasir, pada tungkai sirkulasi darah perut dan bawah, sembelit diinduksi, wasir, varises (pembuluh darah balik mekar) dan sebagainya.

3. Lesu tidak bersemangat dan memperpendek usia

 
Duduk lama dan tak bergerak, sirkulasi darah melambat, akan menyebabkan pasokan darah ke otak tidak mencukupi, menjadi lesu dan tidak bersemangat. Jika tiba-tiba berdiri, akan membuat pusing dan mata berkunang-kunang. Mereka yang duduk lama tak bergerak energi Yang nya tidak memadai, tingkat metabolisme rendah, tidak bisa menahan penuaan, bahkan berumur pendek.

4. Membuat gerakan peristaltik lambung dan usus melemah

 
Duduk lama akan melemahkan gerakan peristaltik lambung dan usus, mengurangi sekresi cairan pencernaan, lama kelamaan, akan kehilangan nafsu makan, gangguan pencernaan, perut kembung dan gejala lainnya.

5. Membuat otot kendur

 
Duduk lama tidak bergerak, aliran darah tidak lancar, kurangnya gerak dapat membuat otot kendur, dan menyebabkan edema atau busung air pada anggota tubuh bawah, kelelahan, jika parah dapat menyebabkan kekakuan otot, nyeri dan mati rasa, akibatnya terjadi penyusutan otot.

Berikut beberapa tips yang bisa menjauhkan bahaya akibat duduk lama itu:

1. Siapkan sepasang sepatu kain yang lembut, empuk dan tembus udar, Anda bisa langsung memakai sepatu itu begitu tiba di kantor. Sebaiknya pilih satu nomor lebih besar dari ukuran sepatu yang biasa Anda pakai, hal ini dapat membantu sirkulasi darah.

2. Setiap satu jam, coba lenturkan (gerak-gerakan) pinggang, renggangkan lengan, lenturkan (gerak-gerakkan) leher, goyang-goyangkan kaki, menggosok perlahan (usap) wajah. Atau, Anda bisa ke kamar mandi atau cuci muka, berdiri sejenak dan berjalan-jalan sebentar di sekitar kantor.

3. Cari sebuah tempat yang tidak tertiup AC, misalnya di koridor atau balkon, buka jendela lebar-lebar, dan hirup sejenak udara segar, sekalian menggosok-gosok tangan dan kaki, gerak-gerakkan sejenak tubuh Anda.

4. Anda bisa melakukan pekerjaan ringan (menggerak-gerakkan badan) misalnya, merapikan barang-barang Anda yang berantakan di meja, atau membersihkan debu di kursi atau meja dan sebagainya, intinya, gerak-gerakkan badan sejenak, hindari duduk lama di meja kerja Anda. Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar