|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Selasa, 31 Maret 2015

8 Mitos Tidur

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk beristirahat, setelah lelah beraktifitas sepanjang hari. Namun, berapa banyak yang Anda ketahui tentang cara tidur , sehingga mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Mengutip dari care2.com, ada beberapa mitos tentang tidur.

1.Suhu dingin mempermudah Anda tidur

 
Hal ini dapat membuat Anda lebih mudah tertidur, tetapi juga dapat menyebabkan tidur malam yang kurang tenang, sehingga selalu bangun di tengah malam.

Bagi kebanyakan orang, suhu terbaik untuk kamar tidur adalah sekitar 18- 22 derajat, yakni suhu yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

2. Tidak peduli jam berapa Anda pergi tidur

 
Setiap orang mempunyai siklus dan waktu tidur yang berbeda- beda. Hal ini sebagian disebabkan oleh kegiatan sehari-hari masing-masing orang dan juga karena genetika atau keturunan.

Tapi ada satu hal yang tidak dapat Anda rubah yakni : ritme sirkadian (jam biologis manusia) yang alami dari tubuh Anda.

Tidur yang terjadi dalam siklus tidur yang paling penting, yang disebut Rapid Eye Movement (REM), yakni siklus yang terjadi pada waktu yang sama setiap malam , tidak peduli jam berapa Anda pergi tidur dan beristirahat.

Umumnya , waktu terbaik untuk pergi tidur adalah diantara pukul : 08:00-12:00 malam.

3. Beberapa orang dapat tidur hanya 4 Jam sehari

 
Penelitian menunjukkan ada beberapa orang yang hanya membutuhkan 4 jam sehari untuk tidur dan beristirahat. Hal ini karena adanya mutasi genetik yang ditemukan sekitar 1-3 persen dari populasi , sehingga mendorong tubuh orang tersebut dapat bekerja sepenuhnya dan memilki waktu tidur yang singkat.

Walaupun memiliki mutasi genetik ini, Anda juga tidak perlu mengurangi waktu tidur Anda.

Orang-orang yang mengaku sepenuhnya hanya tidur 4 jam sehari, mungkin mengalami waktu tidur yang kronis dan mereka tidak menyadarinya.

4. Berolahraga dapat meringankan insomnia

 
Meskipun ide ini telah lama dianggap benar, ada sangat sedikit penelitian yang mendukung ide ini, bahwa olahraga dapat mengurangi insomnia. Namun, berolahraga yang berat dan cepat sebelum tidur , dapat membuat Anda lebih sulit untuk tertidur.

Dari data penelitian ditemukan bahwa, olahraga yang teratur dalam jangka panjang bermanfaat bagi penderita insomnia. Pastikan Anda melakukan kegiatan olahraga pada tingkat yang aman dan setidaknya beberapa jam sebelum Anda beranjak tidur.

5. Waktu tidur yang panjang, tidak lebih baik

Anda mungkin bermimpi berbaring di tempat tidur selama 12 jam setiap malam, tapi tidur yang berlebihan adalah tidak baik untuk kesehatan Anda. Harus fokus pada kualitas tidur Anda, dan bukan pada kuantitas atau lamanya waktu tidur Anda.

Terlalu banyak tidur, bisa membuat kepala Anda pusing sepanjang hari. Dan beberapa penelitian telah menemukan bahwa tidur yang melebihi 9 jam dalam sehari , dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes, obesitas dan gangguan kesehatan serius lainnya.

6. Menguap berarti Anda lelah


Menguap bukanlah pertanda Anda kurang tidur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, menguap adalah cara dari otak Anda mendinginkan atau mengistirahatkan dirinya sendiri .

Hal ini telah menjadi metode komunikasi sejak dari zaman prasejarah, yang dapat membantu menjelaskan mengapa kegiatan menguap atau melihat orang lain menguap , dapat mendorong keinginan Anda untuk ikut menguap juga.

7. Tidur siang membuat sulitan tidur di malam hari
 

Tidur berlebihan pada siang hari dapat menghambat ketenangan istirahat Anda dimalam hari. Namun, tidur siang yang singkat di siang hari, dapat membantu Anda mengejar kekurangan tidur di malam hari.

Pastikan Anda mendapatkan tidur siang yang singkat, untuk menghindari gangguan tidur di malam harinya.

8. Insomnia diartikan Anda tertekan (depresi )
Insomnia merupakan salah satu dari tanda-tanda depresi, tetapi insomnia tidak selalu disebabkan oleh depresi, kecemasan, atau gangguan mental lainnya.

Insomnia dapat menjadi faktor dari seluruh masalah medis dan penyakit kanker yang kronis. Hal ini dapat terjadi karena obat yang Anda konsumsi, alkohol, tembakau yang Anda gunakan. Juga karena perubahan dalam rutinitas harian atau karena faktor usia Anda. Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar