|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Selasa, 03 Maret 2015

Kurangnya Pendidikan Keluarga Dalam Masyarakat Modern

 


KEBAJIKAN ( De 德 )Pepatah lama mengatakan : “Sebagai orangtua memang tidak mudah dalam membesarkan atau merawat anak-anaknya”, pepatah ini memang tepat, dan bagi mereka yang belum pernah membesarkan atau merawat anak-anak sendiri memang sangat sulit merasakannya secara mendalam. Sementara pepatah lain yang berbunyi “Tidak ada orangtua yang tidak baik di dunia, segala sesuatu yang dilakukannya selalu benar (baik) untuk anak-anaknya”.

Dua pepatah di atas patut di renungkan, karena ada banyak orangtua yang sedikit banyak merasakan penyesalannya, selalu ingin anak-anaknya mendapatkan yang terbaik, tetapi tidak tahu bagaimana cara mendidik anak-anaknya secara layak dan tepat, seperti dilansir dari efochtimes. 

Ada orangtua yang terkesan baik (penerapan pendidikan) pada titik awal, namun pada akhirnya membuat hubungan orangtua – anak atau ayah/ibu-anak justru menjadi semakin runyam.
 
Sehingga yang selalu disalahkan adalah pihak sekolah, sebab anak-anak setiap saat berada di sekolah. Setiap kegagalan murid-muridnya, selalu guru yang dituding dan dianggap tidak mampu dalam mendidik murid-muridnya. Padahal yang kurang pada anak-anak era sekarang adalah pendidikan dalam keluarga, bukan pendidikan di sekolah. 

Jika anak-anak kurang mendapatkan pendidikan keluarga, tentu saja adalah kesalahan orangtua, tidak ada hubungannya dengan para pendidik di sekolah. Tapi apa itu “pendidikan keluarga” ? 

Pendidikan keluarga adalah pendidikan tradisional yang waktunya tidak dirampas oleh pendidikan sekolah modern, namun yang sering dilupakan oleh keluarga kecil. Sehingga waktu pendidikan keluarga yang berharga itu pun berlalu begitu saja dari tahun ke tahun. Walaupun, diantaranya itu mungkin pernah mendapatkan pendidikan keluarga tradisional. 

Pendidikan tradisional itu lebih penting bagi anak-anak putri. Meskipun banyak orang tidak mengerti dampak dari hilangnya kearifan pendidikan tradisonal ribuan tahun itu terhadap individual. 

Namun, seiring dengan semakin uzurnya generasi dahulu, dan pola pendidikan yang semakin kompleks pada masyarakat modern, lalu dari mana mencari kembali pendidikan keluarga yang sesungguhnya ? Mungkin dari buku-buku kuno dapat ditemukan kembali pelajaran-pelajaran dasar apa saja yang kurang bagi anak-anak putri zaman sekarang. Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar