|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Jumat, 17 April 2015

Menjadi Orangtua yang Hebat

 


KEBAJIKAN (De 德) Untuk menjadi orangtua yang baik, bijaksana dan teladan bagi anaknya memang tak semudah untuk diucapkan. Orangtua merupakan sosok yang semestinya menjadi panutan dan dihormati bagi anaknya, bukan menjadi sosok menakutkan dan harus ditakuti.

Orangtua juga manusia biasa yang tak selamanya benar dalam ucapan dan tindakan, ini harus disadari oleh orangtua dan anak. Dan kadang karena keinginan yang tak sejalan dengan anak, selalu  timbul konflik antara orangtua dan anak. Dikutip dari erabaru.net, cara untuk bisa menjadi sosok orangtua yang baik dan dijadikan teladan oleh anak-anaknya yaitu

1. Saling mendengar

Umumnya, setiap orang baik dewasa maupun anak – anak butuh yang namanya perhatian. Dimana mempunyai kebutuhan untuk didengarkan, dan saling berkomunikasi yang baik, erat dan harmonis.

Sebagai orangtua, hendaknya dapat meluangkan waktu sejenak untuk berkumpul dan duduk bersama dengan anak-anak serta saling mendengarkan semua cerita juga isi hati mereka. Haal ini penting, karena ketika Anda duduk dan berkumpul, dapat mempererat hubungan dan ikatan kasih sayang antara anak dengan orangtua.

Dengan demikian, anak–anak juga akan merasa mempunyai hubungan yang dekat, aman dan nyaman ketika bersama orangtuanya.

2. Saling berkomunikasi

Ketika berbicara dengan anak Anda, cobalah menggunakan nada bahasa yang baik, sopan , lembut, yang dapat mengungkapkan perasaan Anda serta berupa sebuah permintaan saja.

Jika Anda mengucapkan kata – kata yang kasar, menuduh atau bersifat menuntut, maka Anda dapat menumbuhkan kebencian di hati mereka juga menutup hati mereka yang masih polos.

Anda dapat belajar untuk memperluas kosakata , emosional dengan cara yang baik pada anak Anda. Dengan demikian, anak Anda juga dapat belajar dari Anda, bagaimana cara menghargai dan mengekspresikan nuansa perasaan mereka juga.

Perlu diingat, bahwa perkataan Anda adalah contoh utama dalam keluarga bagi anak –anak Anda.

3. Makan bersama

Dapat berkumpul dan makan bersama- sama dengan anak- anak adalah point penting juga. Hal ini karena saat berkumpul makan bersama, Anda dapat saling berbicara dan bertukar cerita dengan anak –anak tentang kejadian dan pengalamannya sepanjang hari. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan kesempatan makan bersama ini untuk mempererat hubungan kasih sayang, komunikasi yang baik antara Anda dengan anak – anak Anda.

Dan kesempatan makan bersama ini menjadi waktu yang dinanti- nantikan anak – anak, sehingga mereka tidak akan merasa kesepian, ketika Anda tinggal bekerja diluar rumah sepanjang hari.

4. Melakukan kegiatan bersama

Anda dapat melakukan kegiatan bersama dengan berjalan santai di sekitar pekarangan rumah, naik sepeda atau melakukan perjalanan jauh dengan mobil bersama anak-anak Anda.

Berdendang dan menari bersama anak-anak adalah salah satu cara mudah untuk mengajarkan mereka tersenyum dan saling bekerja sama antara satu dengan lainnnya.

5. Bermain

Tidak ada yang lebih penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, selain dari kegiatan bermain. Hal ini penting, karena anak –anak tumbuh dan berkembang dengan bermain dan menggerakkan tubuhnya dengan imajinasinya sendiri.

Anda dapat ikut bergabung bermain dan berimajinasi dengan anak–anak seperti bermain kuda-kudaan, bermain meniru gerakan atau tingkah laku maupun suara dari boneka atau hewan kesukaannya.

Dengan berpura-pura aktif bermain bersama anak–anak, juga dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan menimbulkan keceriaan di wajah anak – anak Anda.

6. Belajar pernafasan

Bernafas adalah salah satu irama dasar kita. Ketika Anda melakukan kegitan pernafasan bersama anak-anak, dapat mempeoleh rahasia kekuatan dari hubungan yang penuh keakraban dan dapat merefleksikan diri Anda.

Bernafaslah dengan anak Anda di akhir pekan. Hanya membutuhkan waktu beberapa menit, dan itu adalah cara sempurna untuk mendekatkan hubungan Anda berdua..

Ketika menghirup udara bersama dengan anak –anak, dapat menciptakan konteks perdamaian yang memungkinkan Anda untuk menyegarkan diri sendiri setiap harinya. Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar