|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Sabtu, 02 Mei 2015

Bagaimana Kamu Sepantasnya Melakukannya---Tata Tertib Kader (你該怎麼做─人才守 則)

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  前人就是你們的前輩,他能堅忍一切,你們為什麼不能?能為道忘軀才是一個真正的修道人,徒兒們是修道人嗎?但曾幾何時為道忘軀呢?人總是在失去的時候,才知道珍惜。上天賦予你們一個完整的身,可否有好好利用,珍惜。

Sesepuh merupakan pendahulu kalian, bisa gigih bersabar atas segalanya, mengapa kalian tidak bisa? Dapat demi Tao telah melupakan akan badannya barulah merupakan seorang pembina Tao yang sesungguhnya, apakah murid-murid sekalian adalah pembina Tao? Tetapi kapan bisa demi Tao telah melupakan akan badannya? Orang selalu sewaktu kehilangan barulah tahu untuk menyayanginya. Langit mengaruniakan pada kalian sebuah badan yang lengkap, apakah mau untuk baik-baik menggunakannya, menyayanginya.
 
趁現在有健全的身心,好好修辦道,多為道盡點心以立功德,好嗎?
 
Manfaatkan sekarang ini yang mana badan dan hati masih sehat walafiat, baik-baiklah membina dan melaksanakan Tao, perbanyak demi Tao menegakkan jasa pahala, baikkah?
 
當前人,點傳師對你說一句較重的話,不要有怨心,那是因為前人,點傳師看重你,這是你的福氣。玉不琢,不成器,老師在世時,對左右手特別嚴格,只因為「愛之深,責之切」,這是「恨鐵不成鋼」。如三教聖人在多少人中,才煉出十大弟子。

Sewaktu sesepuh, pandita mengatakan sepatah kata yang berat pada kamu, jangan membenci, karena sesepuh, pandita memandang berat pada kamu, ini merupakan rezeki kamu. Giok tidak diasah, tidak akan menjadi batu giok, sewaktu guru masih hidup di dunia, terhadap pendamping yang membantu di sisi guru sangatlah keras sekali, hanya karena [cinta yang mendalam, barulah sering memarahi], ini adalah [membenci besi tidak bisa menjadi baja]. Seperti tiga agama yang sedemikian banyak murid, baru tergembleng sebanyak sepuluh murid yang handal saja.

點傳師的作風,如果不合你的心意,可以私下與他溝通或藉著第三者導正協調,只就事論事,不論其是非。論是非者,即是是非人。

Tindak-tanduk dari pandita, kalaulah tidak sesuai dengan kehendak hati kamu, boleh secara pribadi bertukar pikiran dengan pandita atau memimjam orang ketiga sebagai penengah, asalkan sebatas membahas permasalahan, bukan bergosip. Orang yang memperbincangkan gosip merupakan orang suka bergosip.

人能宏道,要多方成全,多方渡化,點傳師不是只有點道而已,辦道之餘要照顧後學,多多勸化有緣之人。

Orang dapat mengembangkan Tao, harus lebih banyak seng cuan, lebih banyak melintasi orang, pandita bukan hanya Cuma melaksanakan pendiksaan saja, harus meluangkan waktu untuk menjaga para pemula, banyak-banyaklah menasihati orang yang berjodoh.
 
「壇主」要怎麼做呢?所謂主者乃眾人之目標,目標不正,雖然失之毫釐,但謬之於千里。師觀今之壇主,容易猜忌,不能容忍,而沒有辦法真正的腳踏實地。看到別人站得比他高就自暴自棄,不跟人合作,冷凍自己,因此呢?他就會動搖根基,他會想到要脫離,他會想用社會的風俗來彌補自己心裏的空虛。自然你此方的道務就不能夠發展得很得體,這是壇主的遺害。
 
[pengurus vihara] harus bagaimana melakukannya? Yang dimaksud dengan [cu adalah bertujuan demi untuk umat, tujuan tidak lurus, walaupun beda sedikit saja, tetapi jauhnya sudah hampir ribuan mil. Guru mengamati pengurus vihara pada dewasa ini, gampang curiga, tidak dapat berlapang hati, dan tidak sanggup untuk betul-betul berbuat setahap demi setahap. Melihat orang lain berdiri lebih tinggi dibandingkan dengan dirinya, akan marah sendiri dan menelantarkan diri sendiri, tidak mau bekerja sama dengan orang lain, mempeti-eskan diri sendiri, karenanya dia akan tergoyahkan akarnya, dia merasakan akan meninggalkannya, dia akan menggunakan cara-cara dari masyarakat untuk menutupi kekosongan hatinya. Dengan sendirinya wadah KeTuhanan kamu jadi tidak dapat berkembang, ini merupakan bahaya dari seorang pengurus vihara.

那你應當如何將壇主的責任表現得圓滿無遺?首先施愛心,再者,互相提攜,犧牲各人的利益,要慎終追遠,不要怕沒有人知道我,也莫失自己的才能,應該為天地立仁立德立義,行不朽之真功德,解苦海之眠民,徹始徹終,立天地之極真性德,堪稱為濟公之賢徒弟。

Lalu bagaimana kamu menjadikan tanggung jawab pengurus vihara dilaksanakan dengan sangat sempurna tanpa kekurangan apapun? Terlebih harus membiarkan hati yang penuh kasih sayang, kembali saling mendorong, berkorban atas keuntungan, masing-masing haruslah berawal akhir, tidak takut orang lain tidak tahu saja, juga jangan kehilangan akan kemampuan diri sendiri, sepantasnya demi langit bumi menegakkan belas-kasih, moral dan loyalitas, menjalankan jasa pahala sejati yang abadi, membebaskan penderitaan umat, sampai akhir hayat, menegakkan moral sejati dari langit bumi, barulah layak disebut sebagai murid-murid dari Buddha CHI KUNG.

當壇主的,自己的壇務要擔當起來,佛堂要打掃乾淨,初一,十五,佛堂更須要注意。接待道親要誠懇,和藹可親,不要扳著一付臉,讓人覺得神聖不可侵犯,一付望之儼然的感覺,那就不太好了。但是在和藹之中,必須有著規矩的態度,這是「柔中之剛」。

Sebagai seorang pengurus vihara, urusan-urusan altar harus diri sendiri yang memikulnya, vihara harus dibersihkan, sampai bersih sekali, penangalan satu dan limabelas, vihara semakin harus diperhatikan. Menyambut saudara sedharma haruslah penuh dengan kesungguhan, ramah-tamah, jangan memasang muka masem/kecut. membuat orang beranggapan segan untuk mendekatinya, bagaikan sebuah perasaan yang mengambang, itu tidak baik. Tetapi di dalam kerukunan, pasti ada semacam peraturan, itu yang disebut dengan [di antara kelembutan ada terdapat keteguhan].

做講師的,不可以懈怠,不可以推拖,不可以放鬆,平常心中要存著道念,不要胡思亂想,這樣子,對自己的身體不太好;要聽師調遣,前人有命你到,這樣才是盡到做講師的職務。

Menjadi juru kotbah, tidak boleh bertindak lamban, tidak boleh tarik mundur, tidak boleh longgar, di dalam hati setiap hari haruslah memiliki niatan Tao, jangan sembarangan berpikir, dengan demikian, terhadap badan sendiri akan kurang baik, hendaklah mendengarkan instruksi dari guru, sesepuh ada titah segera sampai, dengan demikian barulah telah menuntaskan kewajiban sebagai seorang juru kotbah.
 
當講師最不容易,明明你是很公平,但是還是有人不服氣,這是什麼道理?因為你不能圓滑自己,雖然你有勇氣,有仁德有智慧,知道要宣揚道理,也因為你站得高,所以有很多人奉承你,無形當中就產生了危險。萬一你生了驕傲心,小小的得意,那你就離深淵不遠,那你如何去提防呢?你要刻刻反求諸己,要能夠照顧大體,而自己要受委屈,苟如此才不會有禍患跟著你。
 
Menjadi juru kotbah paling tidak gampang, nyata-nyata kamu adalah adil, tetapi masih saja ada yang tidak senang,aturan apa pula itu? Karena kamu tidak dapat menyempurnakan diri sendiri, walaupun kamu ada keberanian, ada belas-kasih ada kearifan,tahu untuk membabarkan Dharma, juga karena kamu sendiri terlalu tinggi, makanya begitu banyak orang yang mengangkat-angkat kamu, tanpa sadar telah mengakibatkan bahaya. 

Kalaulah kamu timbul niatan yang sombong, sedikit hal yang menuruti kehendak hati, lalu kamu tidak jauh lagi dengan jurang yang curam, lalu bagaimana kamu untuk mengantisipasinya? Kamu hendaklah setiap saat selalu mengoreksi terhadap diri sendiri, hendaknya bisa menjaga kalangan yang besar, melainkan diri sendiri mendapatkan cemoohan, dengan demikian barulah tidak bisa bencana mengikuti kamu?

講師平常品格要正,時時保持身心愉快,否則上台誤人。上台時,講得頭頭是道,挖掘別人的缺點來講,下台時脾氣毛病,是是非非,閒言閒語一大堆,叫別人看不慣,因而誤解道,這不是考人嗎?
 
Di dalam kepribadian keseharian dari juru kotbah hendaklah tegak, setiap saat mempertahankan hati dan badan, tetap bergembira selalu, kalau tidak naik ke mimbar hanya akan menelantarkan orang saja. Sewaktu naik ke podium, berceramah sambil memperbincangkan kekurangan orang lain, turun dari podium tabiat/sifat jelek, gosip, banyak mengatakan yang tidak-tidak, orang lain melihatnya begitu tidak tahan, karenanya membuat dia jadi salah paham pada Tao, bukanlah ini termasuk lagi menguji jatuh orang lain?
 
黑白不分,是非不辨擿埴索塗會墜落,不要盲目而從,不要逞口舌之快。尤其講師講員不要言人是非,對後學的自尊心要顧好。

Hitam putih tidak dibedakan, betul salah tidak bisa dibedakan, sembarangan saja bisa terjerumus, jangan mengikuti secara membabi buta, jangan kecepatan omong. Apalagi sebagai juru kotbah, calon juru kotbah, jangan memperbincangkan gosip, terhadap harga diri dari para pemula hendaklah dijaga dengan baik.
 
道就在自身,因此,身為講師不僅要時時精進,更要動靜合宜,從站起來開始就要注意,鞠躬,上台,講話等等都是道,金剛經第一篇中佛陀只講身行,由自己做起,道理即在於此。一個人的修持到達什麼境界,觀其心﹝理﹞,意﹝氣﹞,身﹝象﹞是否一體即可知曉。三界諸佛,士方一切,十二部經藏,在自性中本自俱足,但是又不含一「法」,不可因法執而束縛了自己,變得不敢講話,要動靜合宜,該開口時就要開口。
 
Tao ada dalam badan kita, oleh sebab itu, sebagai seorang juru kotbah bukan saja setiap saat harus selalu bergiat menambah wawasan, semakin harus serasikan antara gerak dan diam. Dari sikap berdiri saja sudah harus diperhatikan, memberikan hormat, naik ke podium, berbicara dan lain-lain, semuanya adalah Tao, kitab sutra intan bab satu: Buddha Sakyamuni hanya mengatakan tentang pelaksanan/pengamalan, dimulai dari diri sendiri yang melaksanakannya, hakekat kebenaran adalah dimulai dari ini dalam melaksanakannya. 

Pembinaan seseorang sampai pada tahap yang bagaimana, mengamati dari dalam hati [li], pemikirannya [chi/hawa], badan [siang/rupa], bukankah telah menjadi satu kesatuan sudah bisa ketahuan. Segenap Buddha dalam tiga alam, segala yang ada di sepuluh penjuru, 12 buku kitab suci, semuanya sudah terlengkapi di dalam sifat semula, tetapi juga tidak termasuk satu [dharma], tidak boleh lantaran melaksanakan Dharma lalu mengekang diri sendiri, berubah menjadi tidak berani berbicara, hendak serasikan gerak dan diam, sepantasnya berbicara haruslah membuka mulut.

你們講師、講員有一個通病,前人,點傳師來了,奉奉承承,道親置於一旁而不顧,是不是有這樣?固然前人,點傳師要恭敬,但是道親也不可忽略,層次要明白,而分工合作,不要爭功奪果。
 
Kalian sebagai, juru kotbah, calon juru kotbah ada mempunyai penyakit yang sama, sesepuh, pandita datang, melayani dengan hormat, saudara sedharma tidak diacuhkan sama sekali, bukankah ada demikian? Walaupun sesepuh dan pandita hendak dihormati, tetapi saudara sedharma jangan tidak dihiraukan, tingkatan harus dipahami, bagi tugas, jangan merebut jasa pahala.

一旦名為講師、講員,不能充實自己,經典講不清,訓也說不明,那你天天跑班,跑什麼班?辦道還要挑點傳師!修久了老油條,欺壓到點傳師頭上,你以為你是誰,這個點傳師不對,那個點傳師偏心,把後學纏成一群,結成一黨,來反抗,這個點傳師不夠資格,你們夠格嗎?半桶水才會搖掘,整桶水會不會搖?能講幾句道理就呱呱叫,不得了,驕恃才能,就不能合道,離道愈遠,障礙愈深,苦,辣,酸,澀,當自己承當。虛負一個講師名,儀容端莊嗎?脾氣暴燥得不得了,毛病多得數不清,日積月累,何日方能修成?一念嘆恨起,百萬障門開啊!

Menjadi seorang juru kotbah, calon juru kotbah, tidak dapat menambah wawasan pada diri sendiri, kitab suci tidak jelas membacanya, wejangan juga tidak mampu dijelaskannya, kamu setiap hari selalu mengejar dari kelas ke kelas, lagi mengejar kelas apa? Melaksanakan Tao masih harus memilih pandita! Lama membina Tao jadi agak membandel, menindas sampai ke kepala pandita, kamu anggap kamu ini siapa, pandita ini tidak betul, pandita itu berlaku tidak adil, mengajak para pemula menjadi satu kelompok untuk melawan, pandita ini tidak bermutu, apakah kalian cukup bermutu! Setengah drum air barulah bisa bergoyang-goyang, penuh satu drum air bisakah bergoyang? 

Dapat berceramahkan sedikit Dharma lalu sudah berkoak-koak, merasa hebat, bangga akan kemampuannya, akan tidak sesuai dengan Tao, meninggalkan Tao semakin menjauh, hambatan semakin mendalam, menderita, pedas, asam, sepat, diri sendiri harus menanggungnya. Mengapa menjadi seorang juru kotbah, apakah penampilan terlihat anggun? Sifat/tabiatnya meledak-ledak, tabiatnya begitu banyak sampai tidak jelas untuk menghitungnya, hari ke hari, dari bulan ke bulan, kapan baru bisa berhasil membina? Satu niat kebencian muncul, laksaan pintu hambatan akan terbukakan!

何謂講員?講者宣揚也。所以當你有心勸化眾生的時候,第一認識自己;第二除掉脾氣;第三親近賢人;第四讀善書莫為文字所著,從小善做起,莫因為小功德即隨便放棄,也不能爭上下而意氣用事,更不要為了人情而講道理,如果能如此,辦事才有毅力.
 
Apa yang disebut sebagai calon juru kotbah? Berkotbah berarti menyebarkan. Makanya sewaktu kamu berniat untuk menasihati umat, pertama harus mengenal diri sendiri; kedua, melenyapkan tabiat/sifat jelek; ketiga, mendekati orang budiman; keempat, membaca kitab suci, jangan terperangkap ke dalam kata-katanya, dilakukan dari kebajikan yang kecil-kecil, jangan lantaran jasa pahala yang kecil saja lalu sembarangan mencampakkannya, juga jangan saling memperebutkan dan menggunakan perasaan dalam melaksanakan hal apapun, semakin jangan menggunakan hubungan antar sesama dalam menceramahkan Dharma, kalaulah dapat sedemikian,melaksanakan pekerjaan barulah ada kegigihannya.
 
承恩容易知恩難,知恩容易報恩難。承恩進一步知恩然後報恩,你們報恩了沒?講道只是了你的愿,真正報恩在於時時分憂代勞,時時體貼,無微不至的能使前人眉鎖可為之解開。前人想不到的事,你們也要設法想到,前人做不完整的地方,後學要以德彌補,使父母使前人永遠聖德在躬,永遠使人瞻望,此乃是為後學者時時所應盡的心,這才算是衛道的精神。因為你保護前人維護前人的德性,也就是維護了道場,一人難稱百人意,做後學的要體貼,為師可是觀察得很清楚。

Gampang menerima budi, sukar untuk membalaskan budi, mudah untuk tahu akan budi, sukar untuk membalaskannya. Menerima budi lebih maju selangkah dengan mengetahui budi, kemudian membalaskan budi, apakah kalian telah membalaskan budi atau belum? Berceramah Tao hanya untuk menunaikan ikrar kamu, betul-betul membalaskan budi adalah setiap saat harus ikut membagi susah dan melaksanakannya, setiap saat lebih memahaminya, sedikit banyak bisa membuat beban ikatan sesepuh jadi terbukakan. 

Hal-hal yang tidak terpikirkan oleh sesepuh, kalian juga harus memikirkannya, sesepuh melakukan hal yang kurang sempurna, sebagai junior hendaklah berusaha menambal moralnya, agar orang tua agar sesepuh selamanya bermoral tinggi, selamanya dipuji orang, ini barulah merupakan sebagai pemula harus selalu memiliki hati yang demikian, ini barulah tergolong sebagai semangat untuk melindungi Tao. Karena kamu melindungi sesepuh, menjaga kemoralitasan dari sesepuh,juga telah melindungi wadah KeTuhanan, satu orang sukar untuk menuruti kemauan ratusan orang, sebagai pemula harus bisa memahaminya, guru telah mengamati dengan sangat jelas sekali.
 
身為三才之職,代表仙佛,心身一定要有目標開悟眾生,不要整天嘻嘻哈哈。
 
Sebagai seorang triduta, mewakili Buddha, hati dan badan pasti harus mempunyai suatu tujuan untuk membuka kesadaran umat, jangan setiap hari selalu bergembira saja.
 
所謂辦事者,最重要的要低下心氣,求上達心下學。故在修身方面:要端莊為宜:佛規方面:恭敬做起;在學道過程中:好問好學,求精求明,考察而慎思篤行。以上這幾點做到的話,則可為辦事人員。
 
Yang dimaksud dengan melaksanakan pekerjaan yang paling penting adalah harus merendahkan hatinya, menuntut kemajuan dengan merendahkan hati dalam belajar. Makanya dibilang pembinaan, haruslah wibawa, dibidang peraturan Buddha, dimulai dari menaruh hormat, di dalam proses belajar Tao, banyak bertanya banyak belajar, menuntut kemahiran, menuntut pemahaman yang jelas, mengamati, berkaji diri dengan hati-hati dalam pelaksanaannya.yang tertera di atas kalaulah bisa dilaksanakan,adalah merupakan seorang petugas vihara.
 
辦事人員,佛堂有事就必須要幫忙,任何事情都不要馬虎,最細微的地方,最應該要注意:越看不到的地方,越是要重視,這才叫作「修心煉性」。
 
Seorang petugas vihara, vihara ada urusan haruslah dibantu, segala permasalahan apapun jangan dianggap remeh, tempat yang paling kecil sekali pun, adalah yang paling harus diperhatikan, tempat yang semakin tidak kelihatan, semakin harus dipandang berat, ini baru disebut dengan [membina hati menggembleng rohani.]
 
口頭禪要改一改,你一句「討厭」考掉多少後學,大家要一條心,孤木難撐大廈,辦事人員到佛堂是不是只在侍奉前人點傳師?最主要把新道親整頓好。滿招損,謙受益,當知譭語止於智者。
 
Tutur katamya hendaklah diubah, kamu berkata sepatah kata menyebalkan, telah menguji berapa banyak pemula, semua orang haruslah mempunyai satu hati, kayu yang sendirian tidak bisa menahan bangunan yang besar, petugas vihara bukanlah hanya untuk melayani sesepuh atau pandita? Yang paling utama haruslah menata para umat yang baru. Kesombongan mengundang petaka, kerendahan hati mendapatkan keberuntungan, haruslah tahu fitnahan terhenti pada orang yang arif budiman.
 
辦事人員要做別人不能做的事,責任這麼重,天上 老 的愿,是你們、 自己親口說的,為什麼下去後又迷戀光景!
 
Petugas vihara harus melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain, tanggung jawab sedemikian beratnya, ikrar yang diucapkan pada “LAU MU”, merupakan ucapan yang kalian ucapkan sendiri, mengapa setelah turun ke dunia, terjerumus dan tersesat di dalam dunia.
 
不要遲疑,放下一切,你們怎麼這麼傻,離鄉背景,一點一滴的小事情都要悟清楚。
 
Jangan bimbang dan ragu, letakkan segalanya, mengapa kalian sedemikian bodoh, berkelana ke kampung lain, hal-hal yang secuil, sekecil apapun haruslah direnungi dengan jelas.
 
辦事要用心,要調和,勿愩高我慢。

Melaksanakan pekerjaan haruslah menggunakan hati, haruslah bisa menata diri, jangan bersombong dan lamban.

把你們的誠心發出來,為師只要你們的心,這種心講得出來嗎?想辦法行出來吧!道理明白了卻是很難講得出來。先行端正自己,感化別人。「行」很少有人做出來,真正的德性要行出來才是可貴啊!

Kalian harus keluarkan kesungguhan hati kalian, guru hanya menginginkan hati kalian apakah bisa mengutarakannya? Berpikir satu cara untuk mengamalkannya! Hakekat kebenaran sudah dimengerti tetapi sukar untuk diutarakan keluar. Duluan melaksanakan dan menegakkan diri sendiri, untuk menggugah orang lain. [pelaksanaan] sangat sedikit ada orang yang melakukannya,moralitas yang sejati adalah harus diamalkan keluar barulah sangat berharga sekali!

勉勵所有立定清修的道親:立志清修不怕苦,多作功德多延福,理慾交戰理莫輸,位登上品樂呼呼。
 
Untuk memberikan semangat kepada saudara sedharma yang menegakkan ikrar pembinaan yang jernih [tidak menikah]; menegakkan tekad pembinaan jernih tidak usah takut, perbanyak berbuat pahala, perbanyak menyumbang memperpanjang rezeki, sewaktu hakekat kebenaran dan nafsu berperang,hakekat kebenaran itu janganlah kalah, kelak akan bisa mendapatkan posisi singgasana teratai.
 
清口只是斷往後的殺業因果,而前世的因果還未了,所以要好好修道,多行功了愿。
 
Berikrar vegetarian adalah memutuskan karma pembunuhan di kelak kemudian hari, sedangkan karma penitisan yang lalu masih belum terlunasi, makanya harus baik-baiklah membina Tao, perbanyak beramal untuk menunaikan ikrar.
 
仙佛批訓時,要垂手敬聽,不可在旁交談:在佛堂中,只談聖不談凡。

Sewaktu Buddha lagi menuliskan wejangan, haruslah luruskan tangan dengan hormat dalam mendengarkannya, jangan bercerita di samping, di dalam vihara, hanya boleh berbicara tentang kerohanian, tidak boleh memperbincangkan keduniawian.

在佛堂時,乾坤少交談,以免生出兒女私情。

Sewaktu di dalam vihara, kaum wanita dan pria lebih sedikit bercanda gurau, agar tidak timbul perasaan asmara di antaranya.

有「真」根基,才能穩定道場。

Ada akar yang [asli], barulah dapat memperkokoh wadah KeTuhanan.
 
有「真」智慧,才能突破難關。
 
Ada kearifan yang [asli], barulah dapat menerobos dari kesulitan.
 
有「真」實力,才能獨占鰲頭。
 
Ada kemampuan yang [asli], barulah dapat mandiri.
 
有「真」修為,才能真正超脫。
 
Ada pembinaan yang [asli], barulah dapat benar-benar melampauinya.
 
在這個世界上有黑就有白,有真就有假,徒兒們要分得清,看得清。
 
Di dalam dunia ini ada hitam ada putih, ada asli ada palsu. murid-murid sekalian haruslah membedakan dengan jelas. melihatnya dengan jelas.
 
一個曾遭魔難的人,才能體會真幸福。
 
Seseorang yang pernah mengalami kesulitan dan godaan siluman, barulah dapat meresapi kebahagiaan yang sesungguhnya.
 
一個曾從基層做起的人,才能珍惜自己的崗位。

Seseorang yang berbuat dari dasar, barulah dapat menyayangi akan pekerjaannya sendiri.
 
現在的修道人,有那個從基層做起,每個人都想三級跳,究竟跳到那裏去呀!往上是用飛的,往下才要用跳的,徒兒們,往上好呢?還是向下好呢?那你們就從基層做起吧.
 
Pembina Tao jaman sekarang, manalah yang memulainya dari dasar, setiap orang semuanya berpikir untuk sekali loncat tiga tingkatan, sesungguhnya ingin melompat sampai ke mana? Naik ke atas adalah dengan terbang, menuju ke bawah adalah dengan meloncatnya, murid-murid sekalian, lebih baik ke atas, ataukah lebih baik ke bawah? Maka kalian mulailah dari dasar.

現在你們記住十條,時時懷抱,刻刻謹守實行:
 
Sekarang kalian ingatlah akan sepuluh butir ini, setiap saat memeluknya, setiap saat mengamalkannya:
 
第一條:佛規禮節要守好。
 
Pertama; peraturan Buddha dijaga dengan ketat.
 
第二條:承上啟下要作好。
 
Kedua; cheng shang ci sia harus dilaksanakan dengan baik.
 
第三條:毛病脾氣要改好。
 
Ketiga; sifat/tabiat jelek haruslah diubah.
 
第四條:入孝出悌要作好。
 
Keempat; berbakti dan rukun sesama saudara harus dilakukan dengan baik.
 
第五條:言行相顧要守好。
 
Kelima; perkataan dan perbuatan harus saling dijaga dengan baik.
 
第六條:三教經典究明瞭。
 
Keenam; kitab suci tiga agama harus dipahami.
 
第七條:宣揚聖道愿要了。
 
Ketujuh; harus menunaikan ikrar menyebarkan Tao.
 
第八條:三清四正謹修好。
 
Kelapan; tiga kejernihan dan empat kelurusan harus dibina dengan baik.
 
第九條:始終如一誠心抱。
 
Kesembilan; bersungguh hati dari awal dan akhir.
 
第十條:異苔同岑法舟搖。
 
Kesepuluh; bersama-sama mengayuh Bahtera Dharma. Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar