|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Rabu, 17 Februari 2016

Keterkaitan yang Mengejutkan Antara Belas Kasih dan Kesuksesan

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Bagi kebanyakan orang, gagasan tentang kepemimpinan yang berbelas kasih akan tampak terlalu lunak dan buruk dalam manajemen. Akan tetapi, ada sebuah penelitian baru yang menunjukkan belas kasih bukannya membuat mereka terlihat lembut, malahan berbuat kebaikan dan memperhatikan kepentingan orang lain (altruisme) justru mengokohkan kepemimpinan dalam kelompok.

Dalam beberapa konteks, dapat diterjemahkan ke dalam keunggulan kompetitif yang serius.

1. Ketika orang baik selesaikan pertama kali

Coba Anda pertimbangkan pilihan ini: terdapat dua orang dengan bakat dan keterampilan yang setara, mana yang akan Anda pilih untuk bekerja sama, mempromosikan, atau mengundangnya ke dalam sebuah proyek? Kemungkinannya akan jatuh pada yang lebih berbelas kasih.

Jika kedengarannya seperti hal yang benar, maka berikut ada beberapa dukungan ilmu pengetahuan dengan beberapa kondisi. Profesor Adam Grant berpendapat bahwa kebaikan dan berbelas kasih akan memberi kita keuntungan yang jauh lebih besar dibanding penyerapan diri sendiri. Orang baik yang akan menyelesaikan pertama kali, jelasnya, selama mereka belajar bagaimana untuk tidak membiarkan orang lain mengambil keuntungan darinya.

Dalam buku larisnya, Give and Take (Memberi dan Mengambil), Adam Grant menjelaskan, memang ada banyak kejadian bahwa pemimpin yang berbelas kasih terkadang kalah. Orang-orang yang peduli terhadap kesejahteraan orang lain serta keselamatan rekan-rekan dan karyawan mereka (kelompok yang disebut Adam sebagai “pemberi”) menduduki bagian bawah tangga kesuksesan, yang telah dilengserkan oleh “pengambil” yang egois.

Tapi temuan di sini malah mengejutkan: Adam juga mengungkapkan bahwa “pemberi” juga menduduki bagian paling atas tangga kesuksesan. Bagaimana itu bisa terjadi?

Ternyata “pemberi” lebih disukai dan dihargai, dan karena itu ia menjadi lebih berpengaruh.

Perbedaan antara “pemberi” yang sukses dan yang tidak sukses sering kali merujuk pada masalah strategi: Ketika “pemberi” mempelajari strategi yang mencegah orang lain untuk mengambil keuntungan darinya, maka kualitas “baik” mereka akan membantu kesuksesannya melampaui orang lain. Mengapa? Sebagian dikarenakan semua orang menyukai bekerja dengannya, serta menghargai atas kebaikan dan pemberian kualitasnya.

2. Bagaimana belas kasih memupuk kepercayaan

Selain menjadi orang yang menyenangkan dan mudah untuk bekerja sama, berbelas kasih membuat Anda dapat dipercaya. Kepercayaan merupakan aspek penting dari kehidupan kita karena membuat kita merasa aman. Mungkin ini dikarenakan para manajer dan pemimpin menentukan pengalaman kerja kita (lingkungan kerja keras dan penuh tekanan, atau menyenangkan dan kondusif) kita sangat sensitif terhadap tanda-tanda kepercayaan terhadap pemimpin kita.

Kita cenderung lebih memilih pemimpin yang hangat dibanding mereka yang menampilkan karakteristik keras.

Salah satu alasannya berkaitan dengan respon stres otak kita. Kereaktifan stres otak kita akan berkurang secara signifikan ketika mengamati perilaku baik. Studi pencitraan otak menunjukkan, ketika hubungan sosial merasa aman, maka respons stres otak dilemahkan.

Pada gilirannya, kepercayaan meningkatkan semangat berinovasi. Adam mengatakan kepada saya, “Ketika Anda merespon dengan cara frustrasi, mungkin akan membuat karyawan menjadi kurang yakin untuk mengambil risiko di masa depan, karena dia khawatir tentang konsekuensi negatif akibat membuat kesalahan. Dengan kata lain, Anda membunuh budaya eksperimen yang penting untuk pembelajaran dan berinovasi.”

Adam merujuk pada penelitian yang dipimpin oleh Fiona Lee dari Universitas Michigan yang menunjukkan bahwa mempromosikan budaya keselamatan, bukannya menakuti dengan konsekuensi negatif, malah akan mendorong semangat eksperimen yang sangat penting dalam kreativitas.

Penelitian lain menunjukkan bahwa, bagi sebagian orang, gagasan untuk membantu orang yang sedang menderita atau membutuhkan, dapat membuat kehilangan semangat. Orang mungkin merasa kewalahan oleh situasi tersebut dan ingin pergi jauh darinya.

Dalam buku-bukunya dan acara TED talk, Brene Brown merangkum pengalaman ini dengan satu istilah: kerentanan. Menghadapi penderitaan orang lain adalah sulit. Menjadi berbelas kasih terhadap orang tersebut mungkin akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Ini akan mengharuskan Anda menampilkan kebenaran yang terdalam, yang kita tidak digunakan untuk melakukannya, tapi itu berharga.

3. Belas kasih dan pembudayaan

Ketika kita melihat seseorang melakukan tindakan belas kasih atau membantu orang lain, kita merasa terinspirasi, perasaan hangat dan haru (Anda bahkan mungkin meneteskan air mata atau menggigil). Psikolog Jonathan Haidt menyebut kondisi ini sebagai “elevasi”.

-  Di tempat kerja, elevasi mengarah pada peningkatan loyalitas

Dalam penelitian mereka terhadap fenomena ini, Jonathan Haidt dan rekan-rekannya menemukan bahwa ketika para pemimpin bersikap sopan, hormat, sensitif, atau bersedia berkorban untuk tim mereka, maka karyawan mereka akan mengalami elevasi. Dan pada gilirannya, akan menyebabkan karyawan merasa lebih loyal dan berkomitmen pada pemimpin mereka.

-  Terlebih lagi, elevasi tampaknya untuk menciptakan budaya ramah di sekitar Anda.

Data Jonathan ini menunjukkan bahwa ketika Anda mengalami elevasi setelah menonton seseorang membantu seseorang keluar, Anda lebih mungkin untuk melakukan sesuatu yang baik bagi orang lain. Di tempat kerja, karyawan dari pemimpin yang berbelas kasih (yang membangkitkan perasaan elevasi pada orang lain) lebih mungkin untuk bertindak dengan cara membantu dan ramah terhadap karyawan lainnya, bahkan sekalipun mereka tidak mendapatkan imbalan.

Studi lain menunjukkan bahwa ketika para pemimpin yang adil, anggota tim mereka menampilkan perilaku yang lebih kolegial dan lebih produktif, baik secara individu maupun sebagai tim. Dengan kata lain, perilaku penuh kasih dapat menciptakan tempat kerja yang lebih kolaboratif.

Para peneliti Nicholas Christakis dan James Fowler telah menunjukkan bahwa jika Anda baik, maka orang-orang di sekitar Anda lebih mungkin untuk bertindak ramah. Singkatnya, perilaku penuh kasih adalah menular: menyebar di sekitar Anda, mengalikan manfaat, termasuk bagi para pemimpin yang membuat poin dalam menanamkannya. Salam kebajikan (Sumber)

Emma Seppala, Ph.D., seorang direktur ilmu dari Pusat Penelitian dan Pendidikan Belas Kasih dan Altruisme di Universitas Stanford. Artikel ini diadaptasi dari bukunya, The Happiness Track (Cara Terapkan Ilmu Kebahagiaan Percepatan Sukses Anda). Copyright © 2016 oleh Emma Seppala, Ph.D. Dicetak ulang dengan izin dari HarperOne, terbitan HarperCollins Publishers. Kutipan ini pertama kali muncul di inFast Company.

Tidak ada komentar:
Write komentar