|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 17 April 2016

Legenda dan Khasiat Giok dalam Budaya Tionghoa

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) Batu Giok merupakan salah satu jenis batu perhiasan yang menghiasi perjalanan hidup manusia sejak ribuan tahun silam. Batu Giok yang memiliki ciri khas warna hijau ini lebih dikenal dengan nama Jade, meski sebenarnya batu Giok memiliki beragam jenis dengan aneka warna yang berbeda.

Batu Giok (Yu dalam bahasa mandarin pinyin) mulai dikenal oleh Tionghoa sejak didefinisikan sebagai batu yang indah oleh Xu Zhen (sekitar 58-147) di Shuo Wen Jie Zi.

Jade umumnya diklasifikasikan ke dalam batu giok lunak (nephrite) dan batu giok keras (jadeite). Karena Cina hanya memiliki batu giok jadeite lunak sampai didatangkan dari Burma selama dinasti Qing (1271-1368), batu giok tradisional mengacu pada batu giok yang lunak sehingga juga disebut batu giok tradisional.

Jadeite disebut Feicui dalam bahasa Mandarin. Feicui sekarang lebih populer dan berharga daripada batu giok lunak di Tiongkok.

Sejarah batu giok seumur dengan peradaban Tionghoa. Para arkeolog telah menemukan benda-benda giok dari periode Neolitik awal (sekitar 5000 SM), diwakili oleh budaya Hemudu di Provinsi Zhejian, dan dari periode Neolitik tengah dan akhir, diwakili oleh budaya Hongshan sepanjang Sungai Laos, budaya Longshan sepanjang Kuning sungai, dan budaya Liangzhu di wilayah Danau Tai. Giok semakin populer sampai hari ini.

Orang Tionghoa menyukai Giok bukan hanya karena keindahannya, tetapi juga lebih penting faktor budaya, makna dan kemanusiaan, seperti Konfusius (551 SM - 479 SM) yang mengatakan bahwa ada 11 De (kebajikan) dalam batu giok.:

Orang bijak diibaratkan seperti batu giok. Bagi mereka, polesan dan kecemerlangannya mewakili seluruh kemurnian;

- Kekerasan Giok mewakili kepastian pemikiran;

- Sudut, yang tidak dipotong, meskipun mereka tampak tajam, mewakili keadilan;

- Suara yang indah,ketika seseorang mengetuknya, mewakili musik.

- Warnanya mewakili loyalitas;

- Transparansi Giok melambangkan Kelembutan ,

- Warna-warni indah yang mewakili langit;

- Bahannya yang mengagumkan, yang berasal dari gunung dan air, mewakili bumi.
 
Karena itulah giok berasosiasi dengan kecantikan, kasih karunia dan kemurnian, telah banyak digunakan di Tiongkok untuk idiom atau ungkapan untuk menunjukkan hal-hal yang indah atau orang, seperti Yu Jie Bing Qing (murni dan mulia), Ting Ting Li Yu (adil, ramping dan anggun) dan Yu NV (gadis cantik).

"Ketika saya memikirkan orang bijak, manfaat nya tampak seperti batu giok."
"Emas memiliki nilai; Giok tak Ternilai lagi."

Selain digunakan sebagai hiasan, batu Giok juga dipercaya memiliki khasiat penyembuhan, Rezeki, keselamatan, kewibawaan, kekuatan, semangat bekerja, serta mengeluarkan aura dingin yang baik untuk kesehatan. Giok juga dipercaya sebagai salah satu sumber energi alam yang dipercaya bisa membawa ketenangan bagi pemiliknya.

Khasiat Batu Giok untuk Kesehatan

Batu Giok kerap digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan racun dalam tubuh. Tidak hanya itu, Batu Giok juga diyakini mampu menghilangkan penyakit pinggang dan ginjal. Bahkan salah satu keyakinan atas khasiat Giok adalah, seseorang akan diberikan umur panjang jika merokok menggunakan pipa yang terbuat dari batu Giok, batu giok juga digunakan untuk pijat dan theraphy.

Banyaknya kandungan mineral dalam batu giok seperti kalsium, potasium, magnesium dan besi menjadi suplemen bagi tubuh untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga tubuh terasa lebih segar dan bervitalitas. Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar