|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Selasa, 27 September 2016

Menyalahkan Tidak Pernah Menyelesaikan Masalah

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Saat menanam tomat, kita pasti mengharapkan hasil panen yang baik, tomat yang tidak busuk dan memiliki kulit berwarna merah mengkilap. Tomat tersebut dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah supaya kelihatan lebih kinclong bersinar dan juga sebagai makanan penyehat tubuh yang bergizi tinggi.

Namun, jika pohon tomat itu tidak tumbuh dengan baik, tidak menghasilkan buah tomat yang seperti diharapkan, maka kita tidak pernah menyalahkan pohon maupun buah tomat tersebut.

Kita justru akan mencari penyebab mengapa pohon tomat itu tidak tumbuh dengan baik. Mungkin sedang terserang penyakit atau pupuknya kurang banyak atau barangkali tanahnya kurang mendapat siraman air yang cukup.

Demikian juga dengan hubungan pertemanan atau persaudaraan. Seringkali di saat kita memiliki masalah dengan mereka, secara spontan langsung menyalahkan mereka. Menunjukkan jari telunjuk ke arah mereka dan menuduh mereka adalah penyebab timbulnya konflik.

Padahal, jika mau lebih bijaksana lagi, alangkah baiknya jika kita mencari penyebab mengapa timbul konflik yang dapat merenggangkan hubungan silaturahmi.

Jika kita mengetahui bagaimana memperlakukan mereka dengan baik, tidak semena-mena menyalahkan kekeliruan yang telah mereka lakukan maka tentunya mereka akan berkembang dengan baik, tumbuh menjadi buah yang akan bermanfaat bagi kita, seperti pohon tomat.

Sobatku yang budiman...

Jadilah penanam tomat yang baik. Untuk setiap masalah yang timbul, kita tidak boleh serta merta menyalahkan orang lain. Bukankah kita sendiri tidak pernah menyalahkan tomat yang tidak tumbuh dengan baik?

Menyalahkan sama sekali tidak memiliki dampak yang positif, apapun alasan dan pembenarannya. Untuk menyelesaikan masalah, bukan dengan sikap menyalahkan, bukan juga dengan mencari alasan pembenaran diri dan bukan dengan argumentasi yang hanya memenangkan diri sendiri.

Sebab konflik itu bukanlah sebuah pertandingan yang memerlukan seorang pemenang. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah pengertian. Jika kita mengerti akar permasalahan dan mampu memperlihatkan ketulusan dalam memperbaiki hubungan pertemanan atau persaudaraan, maka situasi "tidak enak" dapat diubah menjadi menyenangkan.

Saat kita sedang berkonflik dengan orang lain, ingatlah bahwa mereka adalah pohon tomat yang memerlukan perhatian dan siraman cinta kasih.  Salam kebajikan #firmanbossini

Tidak ada komentar:
Write komentar