|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Kamis, 01 Februari 2018

Li Chun (立春) Awal Musim Semi Anjing Tanah (戊戌) 2569 / 2018

 


KEBAJIKAN (De 德) Awal Musim Semi di Tiongkok dikenal sebagai Li Chun (立春), yang merupakan pertama dari 24 bagian dalam kalender matahari Tiongkok. Posisi matahari juga dikenal sebagai Jie Qi (節氣), namun bukanlah hari pertama pada Kalender Lunar Tionghoa dimana kita biasa merayakan Tahun Baru Imlek. 
 
Li Chun setiap tahunnya jatuh pada tanggal 3 atau 4 Februari, yang merupakan hari penting bagi petani Tiongkok, karena merupakan hari pertama kembali ke sawah setelah beristirahat pada Musim Dingin.  

Petani juga akan merayakan awal Li Chun (立春) dengan mengadakan upacara sembahyang agar diberi berkah selama setahun. Secara tradisional, diyakini bahwa hari yang cerah pada Li Chun akan berarti panen yang baik sepanjang tahun, sementara jika hari hujan adalah sebuah tanda untuk para petani agar mereka bisa bekerja lebih giat pada tanaman mereka sepanjang tahun ini.

Berdasarkan Ilmu Astrologi Tiongkok Kuno, yang lebih bisa dipertanggung-jawabkan, Li Chun sangatlah bermanfaat untuk menentukan Shio Lahir Yang Tepat bagi seseorang, terutama bagi perhitungan ramalan nasib, karena selama ini orang hanya menganggap bahwa Shio Lahir seseorang adalah berdasarkan pergantian periode Shio pada Tahun Baru Imlek, padahal pergantian periode Shio dilakukan dengan berpedoman pada siklus Matahari, saat masuk ke periode Li Chun (Awal Musim Semi). 

Pada Tahun 2018 ini, Li Chun (立春) jatuh pada tanggal 04 Februari 2018 pukul 05:28 yang berarti sudah memasuki Tahun Anjing tanah (戊戌). Pada awal tahun bentrokan Tai Sui, sebaiknya Anda menjauhkan diri dari Tai Sui dalam waktu tertentu dan pada hari tertentu. Umumnya, Anda harus menjauhkan diri dari Tai Sui pada pergantian dua tahun lunar pada hari Lichun (Awal Musim Semi), dari pukul 05:28 pagi sampai 06:28, sebaiknya Anda tinggal di kamar Anda untuk menjauhkan diri dari orang lain dan menunggu giliran dua orang Tai Suis dengan tenang. 

Oleh karena itu, bayi yang lahir tanggal 4 Februari 2018 sebelum pukul 05:28, masih termasuk shio Ayam. Sementara bayi yang lahir tanggal 4 Februari 2016 setelah lewat pukul 05:28, sudah termasuk Shio Anjing, walaupun perayaan Tahun Baru Imlek baru dimulai pada tanggal 16 Februari 2018 !!!.

Jadi pergantian Shio bukan terjadi pada saat perayaan Yin Li Xin Nian (陰曆新年) atau Tahun Baru Imlek, melainkan pada saat Li Chun, awal siklus musim semi. Sistem kalender demikian menggunakan sistem penanggalan 夏 Xia yang telah digunakan sejak lebih dari 4.200 (empat ribu dua ratus) tahun yang lalu, tepatnya tahun 2.205 SM. Almanak Xia ini melakukan penyesuaian siklus Bulan dengan sistem Tata Surya/ Matahari terhadap Bumi, sehingga menghasilkan analisa yang lebih akurat. 

Hal ini diyakini bahwa jika ada dua Li Chun yang jatuh dalam tahun yang sama dari kalender lunar, maka tahun itu akan menjadi tahun yang menguntungkan yang dikenal sebagai Shuang Chun Nian (Tahun ganda musim semi), sementara jika tahun tesebut dalam kalender lunar tanpa Li Chun, maka dikenal sebagai Mang Nian atau Gua Fu Nian (Tahun Janda). Setahun lunar tanpa Li Chun dikatakan sebagai pertanda nasib buruk, sehingga banyak orang Tionghoa yang percaya bahwa tahun itu tidak menguntungkan untuk menikah karena Tahun buta.

Untuk mengetahui setahun lunar tanpa Li Chun adalah saat Tahun baru Imlek dimulai setelah Li Chun. Misalnya jika Tahun Baru Imlek jatuh pada Januari atau tanggal 1 dan 2 Februari. Salam kebajikan

Tidak ada komentar:
Write komentar