|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Sabtu, 21 Mei 2011

Yan Zhitui ( 顏之推) Hidup Cendekiawan Yang Tercatat Dalam Periode Kekacauan

 

Yan Zhitui 顏之推 (531-591) adalah seorang sarjana Cina, kaligrafi, pelukis, musisi, dan pejabat pemerintah yang melayani empat negara Cina yang berbeda pada akhir Selatan dan Utara Dinasti : Dinasti Liang di Cina selatan, Qi Utara dan Dinasti Zhou Utara dari utara China, dan negara penerus mereka bahwa Cina bersatu, Dinasti Sui.

Yan Zhitui adalah pendukung agama Buddha di Cina meski banyak kritik oleh rekan-rekannya Konfusianisme-mengajar.
Yan juga orang pertama dalam sejarah untuk menyebutkan penggunaan kertas toilet.

Latar belakang keluarga
 
Nenek moyang Zhitui's Yan awalnya dari Linyi di Propinsi Shandong modern. Setelah jatuhnya ibukota Dinasti Jin dari Chang'an, keluarga Yan bermigrasi ke selatan di bawah Sungai Yangtze pada tahun 317. Di ibukota baru Jin Timur tentang Jiankang (Nanjing modern-hari) keluarga Yan menjadi terkemuka di antara keluarga elit. Keluarga Yan diberikan banyak pejabat yang melayani pemerintah dari Dinasti Jin Timur dan Liang berhasil Dinasti di Cina selatan.

Ada satu pembangkang dari keluarga Yan, meskipun, pada saat transisi dari Qi Selatan untuk rezim Liang pada tahun 502, kakek Yan Zhitui menolak untuk melayani keluar Liang pengadilan terus kesetiaan kepada Qi Selatan. Ketika Kaisar Wu dari Liang diasumsikan takhta dan kontrol atas Cina bagian selatan, kakek Zhitui's dirinya kelaparan sampai mati dalam tindakan kesalehan terhadap dinasti ia pernah menjabat. Meskipun tindakan pengabdian dari kakeknya, ayah Zhitui memutuskan untuk melayani Kaisar Wu dan Dinasti Liang baru.
 
Kehidupan
 
ayah Yan Zhitui meninggal ketika dia hanya sembilan tahun. Tanpa figur ayah untuk memandu atau mendukung dia, Zhitui dibesarkan terutama oleh upaya kakaknya. Dalam masa remajanya, Zhitui menjabat sebagai petugas pengadilan rendah di ibukota selatan di Jiankang. Namun ketika ia berusia delapanbelas tahun, militer terkenal umum Hou Jing berkuasa di China selatan pada pemberontakan melawan Dinasti Liang. Zhitui dan seorang pangeran kerajaan lolos dari eksekusi setelah mereka dibuat tawanan Hou Jing.
 
Pada tahun 552 Yan Zhitui Jiangling melarikan diri ke dalam apa yang sekarang ini Hubei modern, yang menyertai pangeran Liang yang menjabat sebelum pemberontakan Hou Jing. Ini pangeran Liang mendirikan pengadilan saingan, namun ia hancur ketika Barat menyerang Wei dari utara dan ditangkap Jiangling pada tahun 554. Pada usia dua puluh empat, Yan Zhitui sekarang telah menjadi tawanan perang diperbudak, mengangkut off dengan 100.000 orang lain ke ibukota Wei Barat Chang'an.
 
Dalam 556 keluarganya berhasil melarikan diri Chang'an, dan siap untuk bergerak ke timur dengan harapan kembali ke Dinasti Liang atas Cina selatan. Namun, Dinasti Chen telah sejak menggulingkan Dinasti Liang di selatan dengan kenaikan Kaisar Wu dari Chen. Sama seperti kakeknya yang menolak untuk melayani Liang setelah merebut kontrol dari negara Qi Selatan, Yan Zhitui memutuskan untuk tidak melayani rezim Chen baru. Sebaliknya, Yan Zhitui diterima di posisi beberapa pengadilan melayani Dinasti Qi Utara di Cina timur laut.

Namun sudah ditakdirkan bahwa Yan akan dipaksa untuk pindah lagi, kali ini setelah mengalahkan Zhou Utara Qi Utara pada tahun 577, menggantikan sebagai dinasti yang berkuasa atas Cina utara. Pada usia empat puluh enam, Yan Zhitui pindah kembali ke Chang'an tempat ia pernah menghabiskan waktu di penangkaran. Selama beberapa tahun berikutnya ia tidak ditunjuk untuk tulisan pemerintah, dan menderita untuk waktu yang singkat dalam keadaan kemiskinan. Ketika Dinasti Sui yang dipimpin oleh Kaisar Wen dari Sui merebut kendali di utara dari Dinasti Zhou Utara, Yan Zhitui sekali lagi diberikan pengakuan dan diangkat ke posting ilmiah dan beberapa menteri.

Tidak ada komentar:
Write komentar